in: News | January 3, 2011 | by: Pladidus Santoso

Jutaan E-mail Konsumen Honda dan Acura Dicuri

Menggunakan teknologi informasi terkini sebagai salah satu sarana untuk menyediakan kualitas pelayanan yang lebih baik memang bukan sesuatu yang baru. Berbagai manufaktur besar produk yang kita kenal menggunakan alamat e-mail para konsumennya sebagai sarana yang paling mumpuni untuk membangun komunikasi dua arah atau sekedar memberikan informasi terkini tentang produk terbaru yang mereka hasilkan. Dan perusahaan bertanggung jawab atas salah satu elemen krusial bagi manusia modern itu, dan tidak jarang mereka menunjuk perusahaan ketiga untuk mengelolanya.

Namun bagaimana jika informasi sepenting alamat e-mail dan mungkin informasi pribadi yang menyertainya kemudian bocor ke pihak ketiga?  Hal ini lah yang terjadi pada Honda dan Acura. Sebuah kesalahan yang mengawali pergantian tahun 2011 ini.

Honda memberikan peringatan melalui situs resminya dan mengirimkan e-mail kepada kurang lebih 2,2 juta konsumennya tentang masalah yang krusial ini. Honda mengaku bahwa database mereka yang berisi alamat e-mail para konsumen berhasil dibobol oleh para peretas dan kemungkinan besar sudah dicuri. Tidak hanya itu, brand Acura, jajaran kendaraan mewah yang dipasarkan Honda di luar wilayah Jepang juga mengalami hal yang sama. Kurang lebih 2,7 juta alamat email pengguna Acura juga berhasil dicuri oleh para peretas. Dengan demikian, ada kurang lebih 5 juta e-mail yang berada di tangan pihak ketiga dan berpotensi untuk disalahgunakan.

Apakah ini sepenuhnya salah Honda sebagai manufaktur? Tidak secara langsung, karena Honda sebenarnya sudah menyerahkan semua masalah pengelolaan e-mail ini kepada perusahaan ketiga, Silverpop Systems, Inc. Kelemahan sistem keamanan pada Silverpop lah yang kemudian membuat semua data ini berhasil dicuri. Dan ternyata Honda bukan satu-satunya, karena McDonalds – salah satu franchise makanan terbesar di dunia yang juga bekerja sama dengan Silverpop, mengalami masalah pencurian data yang sama.

Jadi, jika Anda termasuk yang mendapatkan peringatan secara langsung dari Honda soal masalah pencurian e-mail ini, saya sarankan Anda untuk segera mengubah password akun Anda. Apalagi banyak orang yang cenderung untuk menggunakan password akun dan password email yang sama. Belum jelas apakah Silverpop akan mendapatkan sanksi dari pihak yang terkait atau tidak, namun yang pasti Honda mengawali tahun 2011 dengan sedikit rasa “tidak aman”.

Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES