in: Memory - RAM | January 29, 2011 | by: Alva "Lucky_n00b" Jonathan

Preview : G.Skill RipJaws X F3-12800CL7D-4GBXM

Tidak lama setelah prosesor Intel Sandy Bridge diluncurkan, para produsen RAM pun mulai merilis modul-modul RAM yang memang dioptimalkan untuk platform tersebut. Tapi tentunya Anda masih ingat, bahwa platform Sandy Bridge memiliki karakteristik ‘unik’, yang berhubungan dengan limitasi pengaturan frekuensi memori (lihat informasi selengkapnya disini). Yang menarik untuk disimak adalah bagaimana cara berbagai produsen RAM untuk mengoptimalkan modul-modul RAM-nya untuk tetap menghasilkan performa yang maksimal.

G.Skill, salah satu vendor memori terkemuka, kali ini mengirimkan sebuah sampel RAM-kit, yang berkode G.Skill F3-12800CL7D-4GBXM. Mari kita lihat lebih dekat.

Terlihat pada gambar diatas, G.Skill menggunakan kemasan blister pack yang biasa mereka gunakan. Hal ini memberikan kesan “sederhana” dan “low profile”.

Berikut adalah modul memori saat dikeluarkan dari blister pack. Terlihat jelas heatspreader berwarna biru, dengan bentuk agak sedikit berbeda dengan seri G.Skill RipJaws yang sebelumnya.

Seperti terlihat pada labelnya, G.Skill me-rating RAM ini untuk bisa berjalan pada DDR3-1600Mhz, dengan timing CL7-8-7-24, pada voltage RAM(VDimm) 1.5V .

Warna biru pada heat spreader Ripjaws X ini membuatnya sangat serasi dengan motherboard yang kami gunakan untuk testbed memori, MSI P67A-GD65.

Tanpa menunggu lama, kami pun segera menyalakan sistem testbed kami, masuk ke BIOS, mengatur pilihan XMP(Xtreme Memory Profile) ke enabled, dan voila! RAM ini pun berjalan tanpa masalah pada DDR3-1600 CL7-8-7-24 dengan VDimm 1.5V.

Berikut ini hasil uji singkat kami menggunakan software benchmark populer: SuperPi 32M, dengan CPU berjalan pada 4.8Ghz(48×100), dan DRAM berjalan di profile XMP(1600Mhz, 7-8-7-24).

*klik untuk memperbesar*

Bagaimana? Performa RAM ini tampak menjanjikan bukan? Tunggu review lengkap RAM ini, hanya di Jagat Review!

Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES