in: Overclocking - Processors | January 8, 2011 | by: Alva "Lucky_n00b" Jonathan

Sandy Bridge Complete Overclocking Guide

Stability & Performance Testing

Overclocking sudah dilakukan, saatnya menguji stabilitasnya menggunakan software Intel Burn Test v2.5 .

Cara mengujinya pun cukup simpel, jalankan program ini, setting Threads ke 8, lalu pilih jumlah run yang Anda inginkan. Kami menyarankan Anda untuk menjalankan setidaknya  25 sampai 30 iterasi. Settingnya nanti akan terlihat seperti ini :

Jika setelah beberapa saat, sistem Anda mendapat notifikasi seperti ini :

Maka Selamat! Sistem Anda sudah dinyatakan stabil oleh Intel Burn Test!

Kurang stabil?

Jika anda mengalami hang/crash/freeze/BSOD saat melakukan Intel Burn Test, berarti sistem Anda kurang stabil. Hal ini bisa disebabkan CPU anda overheat, atau ada setting yang kurang tepat. Beberapa hal dibawah ini bisa dilakukan untuk mendapat sistem yang lebih stabil :

  • Menurunkan DRAM Frequency ke satu step lebih rendah atau melonggarkan timing DRAM Anda.
  • Menjaga Suhu CPU tetap rendah dengan menggunakan HSF yang berkualitas.
  • Meningkatkan Voltage secara bertahap. CPU VCore adalah satu voltage yang cukup berpengaruh dalam pencapaian CPU Clock, sedangkan CPU IO adalah voltage yang perlu ditingkatkan apabila Anda menggunakan DRAM Clock yang tinggi. Apabila Anda menggunakan Multi-GPU Config(SLI/CF), sebaiknya Anda juga meningkatkan System Agent Voltage.

Ingin naik lagi?

Kami yakin kalau Anda sudah mendapat satu konfigurasi overclocking yang stabil, mungkin Anda mulai berpikir untuk mencoba meningkatkan CPUnya lebih jauh lagi bukan? Nah, jika ini yang Anda inginkan, ikuti langkah ini :

  • Naikkan CPU Multiplier Anda satu demi satu, uji setiap kenaikan dengan Intel Burn Test, sampai Anda mendapat limit CPU Anda.
  • Setelah CPU anda menemui limitnya, naikkan DRAM Frequency step demi step, uji setiap kenaikan dengan Intel Burn Test, sampai Anda mendapat frekuensi maksimal

Bagi Anda yang menginginkan performa yang semaksimal mungkin, setelah mencapai limit CPU dan DRAM Anda, Anda masih bisa mendapat ekstra 4-5% performa dengan meningkatkan BCLK and mengoptimalkan DRAM Timing. Tapi sekali lagi kami ingatkan, meningkatkan BCLK adalah cara termudah untuk mendapat ketidakstabilan, sehingga kami tidak menyarankan Anda meningkatkan BCLK untuk penggunaan harian. Kami juga tidak akan melakukan pengubahan RAM timing disini, karena kami akan mengkhususkan pembahasan lengkap mengenai RAM pada sistem Sandy Bridge di artikel kami yang berikutnya.

Daftar Isi
Pages: 1 2 3 4 5 6
Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES