in: Notebook / Laptop | January 25, 2011 | by: Bimanto

Sekilas tentang AMD Fusion

Berita tentang AMD Fusion sudah cukup lama menjadi bahan pembicaraan di internet. Beruntungnya, Jagat Review menjadi salah satu media yang berkesempatan melihat langsung prosesor AMD Fusion menyala. Anda dapat membaca langsungnya pada artikel “Live Demo AMD Fusion Zacate”.

Project AMD Fusion sendiri merupakan penggabungan antara CPU (dual core atau lebih) dengan sebuah GPU dalam satu die. Penggabungan ini dimaksudkan untuk mendapatkan sebuah prosesor yang lengkap dengan TDP yang rendah. Anda dapat melihat pada gambar di atas, dalam sebuah prosesor yang ramping dengan TDP 18 Watt, AMD dapat menggabungkan CPU dengan GPU seri 6 dalam satu die yang dilengkapi dengan controllernya.

Dengan penggabungan tersebut, pabrikan notebook akan dapat membuat sebuah notebook/netbook dengan dimensi yang lebih ramping. Hal ini dikarenakan dimensi GPU menjadi kecil dan semuanya menyatu di dalam satu die yang mengakibatkan desain motherboard menjadi lebih kecil. TDP sebesar 18watt juga memberikan keuntungan tersendiri, TDP rendah akan membuat sebuah GPU menjadi lebih dingin. Untuk pendinginannya sendiri juga tidak memerlukan heatsink yang besar. Tenaga kipas yang rendah pun akan membantu.

AMD Fusion Zacate yang sempat berfoto bareng dengan kartu nama jagatreview

Pada acara CES2011 di Las Vegas, project AMD Fusion mulai diperkenalkan dan mulai diadopsi ke dalam beberapa perangkat mobile. Bila Anda masih bingung dengan penamaan seri-seri yang ada pada AMD, maka kami akan sedikit menjelaskan kepada Anda.

  • AMD Fusion merupakan project penggabungan CPU dengan GPU dalam satu die.
  • AMD Brazos merupakan platform (sebuah sistem beserta kelengkapannya).
  • AMD Zacate merupakan sebuah prosesor ( seri E ), dan diperuntukkan bagi notebook.
  • AMD Ontario adalah prosesor ( Seri C ) yang diperuntukkan untuk Netbook.

Jadi bila Anda berencana untuk membeli sebuah perangkat mobile berbasis AMD, maka pastikan Anda mendapatkan sebuah perangkat mobile dengan sebuah platform AMD Fusion terbaru.

Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES