in: News | January 17, 2011 | by: Pladidus Santoso

Square Enix juga Rencanakan Final Fantasy Type-1, Type-2, dan Type-3?

Square Enix mungkin memasuki tahun yang cukup berat. Dengan jumlah pendapatan yang begitu kecil dibandingkan prediksi keuntungan pertahun yang direncanakan perusahaan pada tahun 2010 silam, SQNEX berada di ujung tanduk. Lantas apa yang harus dilakukan oleh perusahaan asal Jepang itu untuk tetap bertahan dan mengejar ketertinggalan di tahun 2011 yang “panas”? Jika melihat rumor yang beredar belakangan ini, solusi yang ditawarkan terdengar sangat mengecewakan. Menjual dan menjual lebih banyak Final Fantasy.

Setelah sempat beredar berita bahwa Square Enix akan mengembangkan Final Fantasy XIII-2 dan sebuah game Final Fantasy baru bernama Type-0, kini mereka hadir dengan berita yang tak kalah mengejutkannya. Eksploitasi terhadap franchise besar ini spertinya tidak akan berhenti begitu saja. Square Enix tercatat telah melakukan pendaftaran merek dagang terhadap tiga judul baru Final Fantasy, dan ketiganya memperlihatkan ciri-ciri yang mirip satu dengan yang lainnya. Sebuah sekuel di masa depan?

Square Enix mendaftarkan merek dagang Final Fantasy Type-1, Type-2, dan Type-3 di Eropa. Namun berbeda dengan Type-0 sebelumnya, SQNEX tidak mendaftarkan ketiga judul terbaru ini untuk sebuah domain baru di dunia maya. Hal ini memunculkan spekulasi bahwa ketiga judul tersebut didaftarkan sebagai sebuah langkah antisipasi jika pada suatu saat Final Fantasy Type-0 akan mendapatkan sekuelnya sendiri. Dengan munculnya ketiga nama tersebut, berarti ikut mengkonfirmasikan bahwa Final Fantasy yang dinamakan Type-0 memang merupakan sebuah game yang sedang dikembangkan.

Yang selalu menjadi pertanyaan adalah mengapa Eropa? Apakah Square Enix ingin mengikuti jejak Capcom yang membiarkan developer Barat melakukan reboot terhadap franchise besar mereka, Devil May Cry? Apakah ini pertanda bahwa kita akan melihat Final Fantasy yang lahir dari ide-ide RPG Barat? Jika benar, sebuah langkah yang memperlihatkan sisi frustrasi Square Enix.

Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES