in: Movies | January 8, 2011 | by: Lucky Natalia

The American: Pria Misterius dengan Pekerjaan Misterius

Setelah sangat dikenal dengan penampilan primanya sebagai Bruce Wayne (Batman and Robin, 1997), Danny Ocean (Ocean’s Eleven, 2001; Ocean’s Twelve, 2004; Ocean’s Thirthteen 2007), Fred Friendly (Good Night, and Good Luck, 2005), Michael Clayton (Michael Clayton, 2007), dan Ryan Bingham (Up in the Air, 2009), George Clooney kembali dengan menyuguhkan akting di sebuah film adaptasi. The American merupakan film adaptasi dari sebuah novel berjudul A Very Private Gentleman (1990) karangan Martin Booth. Walaupun novel tersebut ditulis oleh seorang berkebangsaan Inggris, film adaptasinya memiliki ciri khas Eropa karena digarap oleh sutradara berkebangsaan Belanda.

Film ini berkisah mengenai seorang pria bernama Jack (George Clooney) yang hidupnya selalu dikejar sekelompok mafia Swedia. Ia pun memutuskan untuk “mengungsi” ke Roma dan bersembunyi di sana dengan bantuan teman lamanya, Pavel (Johan Leysen). Selama bersembunyi, Pavel memberikan Jack pekerjaan sebagai pembuat senjata untuk seorang pembunuh bayaran cantik bernama Clara (Violante Placido). Selama di tempat persembunyian, ia bertemu beberapa orang, salah satunya seorang PSK bernama Ingrid (Irina Björklund) yang mengubah hidupnya. Masa lalu Jack yang kelam membuatnya seakan sulit untuk berhenti dan menghilang dari orang-orang yang mengejarnya. Dapatkah Jack melepaskan semuanya dan memulai sebuah hidup baru?

Film ini memang dikategorikan sebagai film action namun sayangnya adegan action yang disuguhkan sangat sedikit. Melihat judulnya, film ini benar-benar berfokus pada Jack, seorang buronan Amerika yang terpaksa bersembunyi di balik tembok-tembok kuno sebuah kota kecil di Italia. Jika Anda bukan penyuka film Eropa, sebaiknya berpikir ulang untuk menyaksikan film ini. Yep, Anton Corbijn “memoles” film ini layaknya film Eropa kebanyakan, yang beralur lambat dan penuh dengan adegan-adegan singkat tanpa dialog. Klimaks film ini pun sangat lemah, membuat saya nyaris tidak menyadari bahwa film ini (ternyata) memiliki konflik dan klimaks. Tidak banyak yang bisa Anda cari di film ini melainkan keindahan pemandangan alam Italia dan wanita Eropa tanpa busana (salah satu hal yang selalu ada di film Eropa, tanpa perlu mengindahkan penting/tidaknya adegan tersebut). Penjelasan mengenai identitas Jack sendiri juga sangat kabur sehingga membuat penonton sedikit bingung: Jack melarikan diri dari apa, siapa, dan mengapa?

George Clooney sendiri tampil cukup baik di film ini, mengingat perannya tidak memerlukan banyak dialog dan aksi. Berperan sebagai sosok misterius, George Clooney tidak kehilangan pesonanya, apalagi di umurnya yang mendekati 50 tahun. Dia tetap menjadi bintang paling bersinar di antara bintang lainnya ada di film ini.

Tanggal rilis:
7 Januari 2011 (Midnight)
Genre:
action
Durasi:
105 menit
Sutradara:
Anton Corbijn
Pemain:
George Clooney, Grant Heslov, Anne Carey, Fiolante Placido
Studio:
Focus Pictures

Tags:

Share This: