in: Tutorial | January 24, 2011 | by: Deliusno

[Tips] Jika Yahoo! Messenger untuk BlackBerry Tidak Mau Mengenal ID Anda

Beberapa waktu lalu, saya menemukan sedikit keanehan di aplikasi Yahoo! Messenger (YM) yang ada di BlackBerry milik saya. Saat saya berusaha untuk login, aplikasi tersebut menolak untuk online. Seperti biasanya, saya memasukkan ID dan juga password ke kotak yang telah disediakan di aplikasi tersebut.  Walau saya sudah yakin data yang dimasukkan sudah benar, keluar sebuah kotak peringatan yang memberitahukan kalau  saya salah memasukkan ID dan juga password. Saya mengulangnya proses tersebut untuk memastikan kebenaran data yang saya masukkan, tetapi kotak peringatan tersebut tetap menghantui saya.

Saya meminta seorang teman untuk online melalui YM yang ada di BlackBerry saya. Anehnya, teman saya tersebut berhasil untuk online. Kemudian, saya kembali mencoba untuk online menggunakan ID saya. Mungkin saya salah memasukkan ID dan password, pikir saya. Namun, kotak peringatan tersebut kembali muncul.

Kemudia saya mencoba login melalui Yahoo! Mail melalui BlackBerry. Hasilnya sama, saya tidak dapat masuk ke akun saya. Sistem memperingatkan saya kalau kemungkinan saya salah memasukkan ID atau password. Namun, saya cukup yakin kalau data yang saya masukkan sudah benar. Apakah akun Yahoo! saya sudah dihack?

Untuk meyakinkan diri, saya kembali mencoba login melalui YM yang ada di PC. Di sinilah letak keanehan terjadi, saya bisa online! Dengan kata lain, akun saya tidak di hack. Masalah ada di perangkat BlackBerry saya.

Langkah perbaikan dimulai. Saya melakukan restart perangkat. Namun, hasilnya tetap sama, gagal. Kemudian saya melakukan restart kedua, yaitu mencabut baterai. Hasilnya pun sama. Cara ketiga yang saya lakukan, reinstall aplikasi. Hasilnya? Tetap gagal. Apa yang salah?

Ternyata masalah tersebut pernah menghampiri banyak orang di dunia. Belum pernah ada penjelasan resmi dari Yahoo! atau RIM mengenai masalah ini sehingga membuat banyak pengguna harus mencari sendiri jalan keluarnya. Kebanyakan memilih untuk membuat ID baru. Namun, benarkah tidak ada cara lain?

Ada sebuah cara yang dianjurkan oleh para ahli BlackBerry. Setelah saya mencoba cara tersebut, YM di BlackBerry saya bisa kembali online! Sepertinya masalah tersebut terjadi karena masih ada bug di aplikasi tersebut. Jika Anda mengalami hal yang sama dengan saya, inilah cara untuk memperbaikinya.

1.       Masuklah ke akun Yahoo! Mail Anda melalui PC.

2.       Pilihlah Account Info, kemungkinan besar Anda akan kembali diminta password.

3.       Pilihlah Manage Apps and Website Connections. Letaknya ada di tab Sign-In and Security.

4.       Temukan “Yahoo! Messenger for RIM/BlackBerry” dan klik tombol Remove. Hal ini membuat Anda harus melakukan setting ulang e-mail Yahoo! Anda di perangkat BlackBerry karena langkah ini membuat settingan yang ada di perangkat tersebut secara otomatis terhapus.

Setelah mencoba langkah ke-4, akhirnya YM untuk BlackBerry saya akhirnya bisa kembali online.

Pernah mengalami hal yang sama? Silahkan coba tips di atas!

Tags:

COMMENTS

comments!

RANDOM ARTICLES