in: News | January 3, 2011 | by: Deliusno

Upaya Lenovo Dalam Memajukan UKM di Indonesia

Salah satu seri ThinkPad, X120e

Lenovo Indonesia sangat serius dalam memasarkan produk khusus untuk kelas UKM. Faktanya, mereka memiliki sebuah divisi khusus UKM yang dinamakan Home and Small-Medium Business Lenovo Indonesia. Divisi tersebut dipimpin oleh Irene Santosa.

Untuk lebih mendalami strategi yang dijalani Lenovo Indonesia dalam “berperang” dalam kelas UKM, kami mengadakan wawancara singkat dengan Irene Santosa yang menjabat sebagai Country Manager, Home and Small-Medium Business, Lenovo Indonesia.

Di awal perbincangan, kami menanyakan spesifikasi notebook apa yang paling sesuai dengan UKM di Indonesia. Untuk menjawab pertanyaan tersebut Irene Santosa menjawab mengenai kebutuhan notebook seperti apa yang diidam-idamkan oleh UKM di Indonesia. “UKM Indonesia menginginkan teknologi yang andal, hemat biaya dan bebas gangguan,” katanya. Untuk itu, Irene Santosa langsung mengacu kepada seri produk ThinkPad Edge yang memang ditujukkan untuk kalangan UKM. “ThinkPad Edge menghadirkan desain unik yang progresif, warna-warna baru namun tetap mempertahankan keunggulan-keunggulan inti ThinkPad yakni keandalan, inovasi yang bermanfaat dan biaya total kepemilikan terendah. Laptop ThinkPad Edge series tersedia dengan layar berukuran 11-inci, 13-inci, 14-inci dan 15-inci,” lanjutnya. Spesifikasi ThinkPad Edge 11 inci adalah Prosesor Intel ULV Core™, sistem operasi hingga Windows® 7 Professional 32, layar LED 11.6″ HD, hard drive hingga 250GB, memori hingga 2GB, grafik Intel® Integrated, dan baterai hingga 6-cell untuk daya tahan selama 7 jam.

Seri ThinkPad terkenal cukup mahal di pasaran. Seri-seri produk ini rata-rata dijual dengan harga Rp10 juta ke atas. Namun, beberapa seri terbaru ThinkPad Edge dijual dengan harga yang terjangkau, yaitu sekitar USD549. Untuk memperkenalkan harga baru ini, Lenovo Indonesia punya beberapa cara, yaitu melalui saluran pemasaran seperti iklan, roadshow dan promosi di IT mall di Jakarta dan beberapa kota utama di luar Jakarta seperti Bandung, Surabaya dan Medan.

Di saat kami menyinggung strategi khusus untuk menjadikan Lenovo Indonesia sebagai pemimpin pasar di bidang notebook UKM, Irene Santosa menjawab, “Strategi kunci untuk UKM di Indonesia antara lain terus memperkenalkan produk-produk dengan rancangan luar biasa untuk para pelanggan di Indnesia, termasuk UKM, seperti ThinkPad Edge 11-inci, 13-inci, 14-inci dan 15-inci dan juga berinvestasi untuk memperbaiki cakupan layanan garansi dan dukungan melalui pusat layanan yang lebih banyak dan pusat suku cadang”. “Lenovo juga akan berekspansi ke luar Jakarta untuk menjangkau pelanggan UKM yang lebih luas di kota-kota besar seperti Bandung, Yogyakarta, Medan dan Makassar,” lanjutnya.

Untuk membedakannya dengan produk dari kompetitor, Lenovo Indonesia memberikan beberapa layanan. Di antaranya adalah ThinkPad Protection untuk melindungi dari biaya perbaikan yang tidak diharapkan seperti kecelakaan dan terkena tumpahan, Priority Support untuk dukungan teknis kapan saja selama 24 jam, Hard Disk Drive Retention yang memungkinkan pelanggan gagal menyimpan di hard drive atau rusak agar data tetap aman di tangan mereka. Selain itu, produk ThinkPad Series memiliki tool software pengelolaan dan produktivitas yang disebut ThinkVantage Technologies. Software ini dapat membantu UKM, mulai dari back up dan data recovery hingga menyederhanakan koneksi Internet.

Kita baru saja menapaki tahun 2011. Oleh karena itu, kami meminta sedikit bocoran mengenai produk apa yang akan mereka luncurkan di tahun ini. “Kami tidak dapat memberi ‘bocoran’ dan akan memberi informasi terbaru jika produk bersangkutan telah tersedia,” jawabnya. “Kami memiliki penawaran produk UKM yang paling lengkap mulai dari ThinkPad Edge 11-inci hingga 14-inci dan 15-inci. Kami akan terus menciptakan produk-produk yang memenuhi kebutuhan para pelanggan kami, yang dalam hal ini adalah kalangan UKM,” tutup Irene Santosa di wawancara singkat ini.

Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES