Upaya Lenovo Dalam Memajukan UKM di Indonesia

Author
Deliusno
Reading time:
January 3, 2011
lenovo thinkpad
Salah satu seri ThinkPad, X120e

Lenovo Indonesia sangat serius dalam memasarkan produk khusus untuk kelas UKM. Faktanya, mereka memiliki sebuah divisi khusus UKM yang dinamakan Home and Small-Medium Business Lenovo Indonesia. Divisi tersebut dipimpin oleh Irene Santosa.

Untuk lebih mendalami strategi yang dijalani Lenovo Indonesia dalam “berperang” dalam kelas UKM, kami mengadakan wawancara singkat dengan Irene Santosa yang menjabat sebagai Country Manager, Home and Small-Medium Business, Lenovo Indonesia.

Di awal perbincangan, kami menanyakan spesifikasi notebook apa yang paling sesuai dengan UKM di Indonesia. Untuk menjawab pertanyaan tersebut Irene Santosa menjawab mengenai kebutuhan notebook seperti apa yang diidam-idamkan oleh UKM di Indonesia. “UKM Indonesia menginginkan teknologi yang andal, hemat biaya dan bebas gangguan,” katanya. Untuk itu, Irene Santosa langsung mengacu kepada seri produk ThinkPad Edge yang memang ditujukkan untuk kalangan UKM. “ThinkPad Edge menghadirkan desain unik yang progresif, warna-warna baru namun tetap mempertahankan keunggulan-keunggulan inti ThinkPad yakni keandalan, inovasi yang bermanfaat dan biaya total kepemilikan terendah. Laptop ThinkPad Edge series tersedia dengan layar berukuran 11-inci, 13-inci, 14-inci dan 15-inci,” lanjutnya. Spesifikasi ThinkPad Edge 11 inci adalah Prosesor Intel ULV Core™, sistem operasi hingga Windows® 7 Professional 32, layar LED 11.6″ HD, hard drive hingga 250GB, memori hingga 2GB, grafik Intel® Integrated, dan baterai hingga 6-cell untuk daya tahan selama 7 jam.

Seri ThinkPad terkenal cukup mahal di pasaran. Seri-seri produk ini rata-rata dijual dengan harga Rp10 juta ke atas. Namun, beberapa seri terbaru ThinkPad Edge dijual dengan harga yang terjangkau, yaitu sekitar USD549. Untuk memperkenalkan harga baru ini, Lenovo Indonesia punya beberapa cara, yaitu melalui saluran pemasaran seperti iklan, roadshow dan promosi di IT mall di Jakarta dan beberapa kota utama di luar Jakarta seperti Bandung, Surabaya dan Medan.

Di saat kami menyinggung strategi khusus untuk menjadikan Lenovo Indonesia sebagai pemimpin pasar di bidang notebook UKM, Irene Santosa menjawab, “Strategi kunci untuk UKM di Indonesia antara lain terus memperkenalkan produk-produk dengan rancangan luar biasa untuk para pelanggan di Indnesia, termasuk UKM, seperti ThinkPad Edge 11-inci, 13-inci, 14-inci dan 15-inci dan juga berinvestasi untuk memperbaiki cakupan layanan garansi dan dukungan melalui pusat layanan yang lebih banyak dan pusat suku cadang”. “Lenovo juga akan berekspansi ke luar Jakarta untuk menjangkau pelanggan UKM yang lebih luas di kota-kota besar seperti Bandung, Yogyakarta, Medan dan Makassar,” lanjutnya.

Untuk membedakannya dengan produk dari kompetitor, Lenovo Indonesia memberikan beberapa layanan. Di antaranya adalah ThinkPad Protection untuk melindungi dari biaya perbaikan yang tidak diharapkan seperti kecelakaan dan terkena tumpahan, Priority Support untuk dukungan teknis kapan saja selama 24 jam, Hard Disk Drive Retention yang memungkinkan pelanggan gagal menyimpan di hard drive atau rusak agar data tetap aman di tangan mereka. Selain itu, produk ThinkPad Series memiliki tool software pengelolaan dan produktivitas yang disebut ThinkVantage Technologies. Software ini dapat membantu UKM, mulai dari back up dan data recovery hingga menyederhanakan koneksi Internet.

Kita baru saja menapaki tahun 2011. Oleh karena itu, kami meminta sedikit bocoran mengenai produk apa yang akan mereka luncurkan di tahun ini. “Kami tidak dapat memberi ‘bocoran’ dan akan memberi informasi terbaru jika produk bersangkutan telah tersedia,” jawabnya. “Kami memiliki penawaran produk UKM yang paling lengkap mulai dari ThinkPad Edge 11-inci hingga 14-inci dan 15-inci. Kami akan terus menciptakan produk-produk yang memenuhi kebutuhan para pelanggan kami, yang dalam hal ini adalah kalangan UKM,” tutup Irene Santosa di wawancara singkat ini.

Load Comments

Gadget

March 5, 2024 - 0

Review vivo V30: Lebih Murah, Lebih Kencang dan Irit dengan Snapdragon + 3 Kamera 50 MP

vivo V30 , smartphone ini juga dibawa vivo hadir resmi…
March 5, 2024 - 0

Review realme 12 Pro+ 5G: Smartphone Berkamera Tele Periscope Paling Murah!

Kalau kalian mencari smartphone mid range dengan kamera telephoto terbaik…
January 26, 2024 - 0

Review vivo Y100 5G: Desain Premium, AMOLED 120 Hz, 5G, Snapdragon BARU!

vivo Y100 5G, ini adalah smartphone terbaru dari jajaran vivo…
December 30, 2023 - 0

Review CMF Watch Pro: Smartwatch dengan Layar 1,96 Inci AMOLED dan Desain Unik

CMF Watch Pro dibanderol dengan harga Rp1.149.000. Dengan harga tersebut…

Laptop

March 27, 2024 - 0

Review Acer Predator Helios Neo 16 2024: Helios Neo Naik Kelas?

Laptop yang satu ini bukan cuma kenceng buat gaming, tapi…
March 19, 2024 - 0

Review ASUS Zenbook 14 OLED (UX3405): Laptop Ringan Idaman!

Laptop Intel Core Ultra akhirnya mulai dijual di Indonesia. Salah…
March 18, 2024 - 0

Review Huawei MateBook D 14 (2024): Bodi Metal, Kencang dan Terjangkau!

Laptop yang satu ini harusnya sudah tidak terlalu asing lagi…
March 15, 2024 - 0

Review Lenovo Yoga Slim 7i (14IMH9): Daya Tahan Baterai Laptop 2024 Harusnya Begini!

Laptop layar OLED yang satu ini ternyata baterainya irit banget…

Gaming

March 28, 2024 - 0

Ryu Ga Gotoku Punya Pengumuman Besar di Hari April Mop

Berbeda dengan sebagian besar belahan dunia yang lain, April Mop…
March 28, 2024 - 0

Relic Entertainment Pisah dari SEGA, Kembali Indie

Sebagian besar dari kita mungkin seringkali salah menyimpulkan bahwa SEGA…
March 28, 2024 - 0

Spesifikasi PC untuk Marvel Rivals

Di atas kertas, ini adalah konsep yang seharusnya bisa menuai…
March 28, 2024 - 0

Embracer Jual Dev. Borderlands ke Take-Two Interactive

Anda yang cukup mengikuti berita game dengan intens sepertinya tidak…