in: News | January 16, 2011 | by: Deliusno

VGA Card Baru KFA2 Mampu Menghubungkan PC Ke Monitor Secara Nirkabel

Untuk menghubungkan CPU ke monitor, biasanya Anda harus menggunakan kabel VGA atau HDMI. Intel juga sudah menyediakan sebuah teknologi untuk menyelesaikan masalah ini. Teknologi tersebut disebut Wireless Display (WiDi). Sayangnya, teknologi tersebut belum berkembang karena perangkat adapter yang dibutuhkan untuk menghubungkan PC ke monitor masih belum banyak tersedia.

KFA2, salah satu anak perusahaan Galaxy yang berpusat di Eropa, baru-baru ini mengumumkan kehadiran GeForce GTX460 WHDI yang dapat membantu Anda melupakan masalah kabel. Produk graphics card ini mampu menghubungkan CPU ke monitor secara nirkabel!

Graphics card ini memiliki 5 buah antena. Dari antena tersebutlah, KFA2 GeForce GTX460 WHDI mampu mengirimkan video dengan resolusi 1080p ke monitor. Hebatnya lagi, video tersebut tidak dikompres.

Untuk menangkap signal dari graphics card ini, Anda memerlukan TV yang telah dilengkapi dengan WHDI. WHDI sendiri adalah teknologi dari AMIMON. Signal yang dikirmkan dari KFA2 GeForce GTX460 ini akan dikirim melalui channel 40MHz dalam frekuensi 5GHz. Tidak memiliki TV atau monitor dengan teknologi WHDI? Tenang saja karena KFA2 sudah memasukkan sebuah adapter WHDI di paket penjualan graphics card ini.

Adapter atau TV yang mendukung teknologi WHDI dapat menangkap signal dengan jarak hingga 30m atau sekitar 100 feet.

Spesifikasi yang dibutuhkan sebuah motherboard agar dapat mendukung graphics card ini pun masih terbilang standar. Anda hanya membutuhkan motherboard yang dilengkapi PCI Express atau PCI Express 2.0 dengan satu slot dual-width x16, dua buah 6-pin PCI Express, dan minimum power supply berkapasitas 450W.

Sayangnya, KFA2 GeForce460 WHDI baru akan diluncurkan di benua Eropa saja. Kita hanya bisa berharap kalau Galaxy akan meluncurkan produk ini di wilayah Asia sesegera mungkin.

Tags: