in: News | February 1, 2011 | by: Bimanto

AMD Siapkan Ontario Dual Core Untuk Perangkat Tablet PC

Tahun ini adalah tahunnya produk tablet! Bagaimana tidak, pasaran sudah dipenuhi dengan perangkat tablet PC dari berbagai macam merek. Tidak hanya itu, sistem operasi yang digunakan pun beragam, ada yang menggunakan Android, Windows 7, hingga iOS. Produk-produk tersebut pun laku keras bak kacang goreng.

Meningkatnya popularitas dari produk tablet PC ini membuat AMD ikut tergoda untuk membuat prosesor bagi perangkat ini. Akan seperti apakah prosesor buatan AMD ini nantinya?

Peluncuran AMD Fusion awal tahun ini merupakan babak baru bagi perangkat mobile. AMD Ontario Dual Core yang semestinya mengisi kelas netbook dengan TDP 9Watt diturunkan menjadi 5Watt. Hal tersebut dilakukan dengan cara menurunkan memory controller dan membuang beberapa bagian yang tidak penting bagi perangkat tersebut, seperti controller port yang hanya bisa menjalankan satu port saja.

AMD Ontario Dual Core dengan TDP 5Watt ini sepertinya akan menjadi sumber tenaga baru bagi perangkat tablet yang sebelumnya dikuasai oleh ARM dan NVIDIA Tegra. Prosesor ini juga sudah dipilih oleh beberapa produsen untuk menemani perangkat tablet mereka. Acer, contohnya. Tablet 10″  Acer telah mengadopsi AMD Ontario.

Prosesor Ontario ini tentunya membawa angin segar bagi tablet-tablet yang menggunakan Windows 7 dengan arsitektur X86 yang sebelumnya dikuasai oleh ARM.

Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES