LOGO

Canon EOS 600D vs 550D vs 60D

Kemarin, Canon meluncurkan dua DSLR entry level, EOS 600D dan EOS 1100D. Yang menarik, Canon menyatakan bahwa EOS 600D tidak diluncurkan untuk menggantikan 550D, melainkan untuk mengisi celah sempit antara kamera tersebut dengan 60D. Ini berarti Canon memiliki 10 tipe EOS yang dipasarkan saat ini! Jumlah ini belum sebanyak lini DSLR Sony, tapi cukup membingungkan calon pembeli karena beda harganya hanya terpaut sedikit. Untuk membantu Anda memutuskan, kami merangkum spesifikasi kamera-kamera tersebut di atas kertas.

VSLR Full HD Sub 9 Juta

Di kelas sub 9 juta rupiah, Canon mendominasi pasar Video SLR (VSLR). Fotografer mendapat beragam pilihan produk dengan rentang harga yang masing-masing hanya berbeda satu juta rupiah. Nikon D3100 mungkin adalah VSLR Full HD paling terjangkau saat ini, namun sayangnya tidak ada lawan untuk Canon di kelas harga 6-9 juta rupiah.

Dari tabel di atas yang disusun berdasarkan harga produk, terlihat bahwa 600D memang merupakan “kombinasi” antara feature 550D dan 60D. Ketiga kamera tersebut menggunakan sensor dan image processor yang sama, sehingga kita harus mengupas lebih dalam untuk menemukan perbedaannya.

Canon EOS 600D vs EOS 550D

Selain perbedaan LCD putar, kedua kamera ini tak memiliki banyak perbedaan fisik. Dimensi dan tombol pengendalian dapat dikatakan sama, kecuali beberapa perbedaan kecil. Secara garis besar, 600D hanya unggul di layar putar dan feature-feature software seperti Intelligent Auto, Creative Filter, dan kemampuan pengendalian Off-Shoe Flash.

Rekomendasi: Jika Anda adalah pengguna pemula yang jarang menggunakan video, 500D mungkin lebih cocok untuk Anda. EOS 500D memiliki feature yang luar biasa dengan harga yang sangat terjangkau. Jika Anda ingin mencoba bereksperimen dengan video tanpa menggunakan alat yang besar, lupakan 550D dan langsung incar 600D. Selisih harganya mungkin terlihat besar, tetapi layar putar akan sangat membantu di banyak kondisi. 600D juga dilengkapi dengan lebih banyak feature bagus untuk pemula dibandingkan 550D, seperti Basic+ Mode dan Creative Filter.

Canon EOS 600D vs EOS 60D

Dibandingkan 60D, EOS 600D jelas lebih kecil dan lebih ringan. Namun, kelebihannya hanya itu saja. 60D memiliki lebih banyak tombol pengaturan yang dirancang untuk mempermudah pengguna mengubah parameter pemotretan. Selain itu, 60D juga dilengkapi dengan layar kedua (di bagian atas) serta scroll dial kedua (di belakang). Kedua feature ini mempercepat pengoperasian sehingga Anda tak kehilangan momen.

Melirik ke bagian dalam kamera, kedua EOS sangat serupa. Namun, EOS 60D masih unggul pada beberapa faeture kunci. Modul AF 60D sama-sama memiliki 9 titik AF, tetapi pada 60D semuanya adalah tipe cross yang 2x lebih sensitif. Dipadukan dengan frame rate yang lebih tinggi, maka sudah jelas bahwa 60D pasti jauh lebih cepat.

Rekomendasi: Jika Anda adalah pengguna berpengalaman tetapi dana Anda belum mencukupi untuk 60D, sebaiknya bersabar menabung dan jangan tergoda dengan 600D. Perbedaan feature keduanya cukup signifikan dengan beda harga yang hanya satu juta rupiah. Untuk pengguna pemula, kedua kamera sama mudahnya untuk digunakan sehingga pilih saja yang sesuai dengan dana.

Comments

  1. roberrt says:

    Thanks buat list nya…membantu banget utk saya pertimbangkan lagi..camera mana yg perlu saya beli :) salam kenal.
    thanks

  2. Claudius says:

    Hallo….
    Saya pemula yg membutuhkan kamera DLSR, selain mempunyai kemampuan merekam video yg baik, juga diperlukan optical zoom yang optimal.
    Mohon dibantu, tks.

  3. Bhisma Sidarto says:

    @claudius :
    karena jawabannya kemungkinan cukup panjang, akan lebih baik kalo bertanya nya di forum aja ;) http://forum.jagatreview.com/forumdisplay.php?49-Camera

  4. Ifoenk SeLL says:

    Thanks e’a atas infonya..
    Sukses buat kita semua.

    Salam manis buat anda semua.
    “Ifoenk & Habibah”.
    Kunciran Indah – Tangerang

  5. yumant says:

    thank reviewnya

  6. Cungkring says:

    Thanks but infonya, ini sang at membantu Salam memilih, baik buat pemuala atau professional…

  7. joseph says:

    wahh….pas banget sy lagi compare 2 camera seri itu…
    tadinya ane uda hampir pindah hati ke 600d…soal nya ane secara awam liat klo 600d sma 60d beda dikit…ternyta beda banget..hehe
    thankss..

Random Articles
Back to Top