Hidup Bersama iPad

Reading time:
February 9, 2011

Apple iPad: Saat Bekerja

Oke, sejauh ini saya bisa menyimpulkan beberapa hal. Pertama, iPad tidak cocok untuk digunakan dalam perjalanan karena bentuknya yang relatif besar dan menarik perhatian. Kedua, iPad merupakan gadget yang asyik dipakai di waktu santai seperti ketika berada di café maupun kamar tidur. Lalu, apakah iPad juga bisa diajak bekerja serius?

Di internet, Anda dapat menemukan aplikasi-aplikasi produktivitas yang khusus didesain untuk iPad, seperti Documents to Go, misalnya. Aplikasi multi-platform yang juga tersedia di iPad ini menawarkan memampuan untuk meng-edit dokumen-dokumen word, spreadsheet excel, maupun presentasi powerpoint.

iPad docs
Aplikasi Documents to Go untuk iPad

Aplikasi-aplikasi tersebut dapat diakses dan di download melalui Apple iTunes, software manajemen Apple yang harus terpasang di komputer untuk memodifikasi file dan aplikasi yang terdapat di iPad Anda. Saya menemukan satu kelemahan lagi di sini. Sama dengan saudara-saudaranya sesama produk Apple (iPhone dan iPod), iPad menyimpan data library pengguna pada satu komputer.

Saat iPad ditancapkan di komputer yang bersangkutan, ia akan melakukan sinkronisasi data dengan server iTunes untuk melakukan verifikasi data library yang tersimpan dalam komputer. Data library ini memuat daftar file dan aplikasi yang terdapat dalam iPad Anda. Saat Anda mengakses iPad dari komputer lain yang tidak memiliki data library tersebut, data pada iPad Anda akan dianggap tidak ada. Lalu, jika Anda tetap ingin memasukkan data atau program, perangkat ini akan melakukan reset lalu menghapus file serta program yang sebelumnya terdapat di dalamnya sebelum mengkopi data atau program baru tersebut(!). Terdengar cukup mengerikan? Persoalan sinkronisasi ini membuat iPad menjadi tidak praktis karena mau tidak mau penggunanya hanya bisa memodifikasi file serta aplikasi yang terdapat di dalamnya melalui satu komputer saja, tidak bisa dari komputer lain.

iPad itunes
iPad itunes2
Software iTunes “mensinkronisasikan” data mengenai software serta file (seperti file musik, e-book/ magazine, dan lain-lain) yang terdapat di iPad Anda dengan informasi yang terdapat di server iTunes. Library data disimpan dalam komputer pengguna

Untuk urusan produktivitas, iPad bisa digunakan untuk mengetik dengan satu atau dua tangan. Saat menggunakan dua tangan, Anda harus meletakkan iPad di atas meja atau permukaan lain yang stabil. Setelah terbiasa, ternyata saya bisa mengetik lumayan cepat di keyboard virtual yang ditampilkan di layar iPad. Hanya saja, karena bukan berupa keyboard fisik, saya tidak dapat merasakan bentuk maupun feedback dari tombol sehingga harus senantiasa melihat ke layar agar tidak salah ketik.

iPad typing1
iPad typing2
Mengetik di iPad dapat dilakukan menggunakan dua tangan dengan meletakkannya di meja. Agar lebih nyaman, Anda dapat membeli casing khusus iPad yang dapat menyangganya sehingga menjadi sedikit miring

Sayang, Anda tidak dapat langsung menyalurkan display dari iPad ke perangkat monitor atau proyektor eksternal. Untuk keperluan itu Anda harus membeli aksesoris tambahan lain yang tersedia di Apple store berupa sebuah konverter VGA yang ditancapkan ke sisi bawah iPad, di konektor yang sama yang digunakan untuk men-charge iPad dengan kabel USB-nya. Tersedia pula beberapa aksesoris lain yang dapat menunjang produktivitas, seperti casing yang dapat menahan iPad Anda dalam posisi berdiri serta keyboard bluetooth. Tetapi… Menurut pendapat saya, daripada menggunakan iPad dengan keyboard tambahan, lebih baik saya sekalian menggunakan notebook yang lebih powerful saja karena toh segala macam aksesori tambahan tersebut mengurangi nilai portabilitas iPad secara keseluruhan.

Load Comments

Gadget

March 5, 2024 - 0

Review vivo V30: Lebih Murah, Lebih Kencang dan Irit dengan Snapdragon + 3 Kamera 50 MP

vivo V30 , smartphone ini juga dibawa vivo hadir resmi…
March 5, 2024 - 0

Review realme 12 Pro+ 5G: Smartphone Berkamera Tele Periscope Paling Murah!

Kalau kalian mencari smartphone mid range dengan kamera telephoto terbaik…
January 26, 2024 - 0

Review vivo Y100 5G: Desain Premium, AMOLED 120 Hz, 5G, Snapdragon BARU!

vivo Y100 5G, ini adalah smartphone terbaru dari jajaran vivo…
December 30, 2023 - 0

Review CMF Watch Pro: Smartwatch dengan Layar 1,96 Inci AMOLED dan Desain Unik

CMF Watch Pro dibanderol dengan harga Rp1.149.000. Dengan harga tersebut…

Laptop

March 7, 2024 - 0

Review MSI Prestige 13 AI EVO A1M: Laptop AI PC Super Tipis, Ringan, Kencang & Irit!

Bodi MSI Prestige 13 AI EVO A1M Form Factor Clamshell…
March 6, 2024 - 0

Review Axioo Hype 5 AMD: Laptop 5 Jutaan Sekencang & Selengkap Ini?

Bodi Form Factor Clamshell Material Polycarbonate Warna Blue Terlihat kalau…
March 5, 2024 - 0

Review ASUS Vivobook Pro 16X OLED K6604: Laptopnya Kreator Profesional!

Bodi dan Desain Form Factor Clamshell Material Aluminium untuk punggung…
February 6, 2024 - 0

Rekomendasi Laptop Premium dari HP – Mulai 10 Jutaan

Di Video rekomendasi kali ini, kami coba pilihkan untuk kalian…

Gaming

March 8, 2024 - 0

Game Fighting Hunter x Hunter Dipastikan 2D!

Gamer mana yang tidak bergembira mendengar bahwa akhirnya, anime /…
March 8, 2024 - 0

Command & Conquer: Generals Kini Tersedia di Steam!

Sepertinya sulit untuk membicarakan game RTS dengan elemen militer kental…
March 8, 2024 - 0

Overwatch 2 Kolaborasi dengan Cowboy Bebop, Hadirkan Trailer Keren!

Kolaborasi antara dua buah franchise yang hadir di media yang…
March 8, 2024 - 0

Kreator Dragon Ball – Akira Toriyama Meninggal Dunia

Hampir semua anak-anak Indonesia yang sempat tumbuh besar di era…