in: News | February 1, 2011 | by: Ridwan Fariz

Intel Menemukan Cacat di Desain Chipset Motherboard Sandy Bridge

Pada 31 Januari 2011 kemarin, Intel mengumumkan ada masalah yang menimpa hardware terbaru mereka. Terdapat masalah desain pada motherboard yang menggunakan chipset Intel 6-Series untuk platform Sandy Bridge, yaitu P67 dan H67. Di beberapa kasus, kecepatan pada port Serial-ATA (SATA) yang ada pada motherboard ini terus menurun, dan masalah ini berdampak pada performa dan fungsionalitas dari perangkat yang menggunakan port SATA seperti hard disk, optical drive, dan juga SSD.

Pihak Intel sendiri sudah menghentikan pengiriman chipset yang dinyatakan cacat ini. Mereka sudah memperbaiki masalah desain chipset ini dan mulai memproduksi versi terbaru dari platform Sandy Bridge ini yang tentunya sudah terbebas dari masalah controller SATA. Selain masalah pada SATA, Intel juga memastikan bahwa hal ini tidak akan berpengaruh pada prosesor Sandy Bridge yang ditancapkan pada motherboard ini.

Bagi pengguna yang sudah terlanjur menggunakan platform Sandy Bridge ini, Intel meminta mereka untuk tidak panik dan tetap menggunakan PC-nya. Mereka disarankan untuk segera menghubungi vendor atau distributor tempat membeli produk ini untuk perbaikan atau replacement unit secepatnya. Intel menjanjikan chipset yang sudah diperbaiki ini sudah dapat dikirimkan kepada konsumen pada akhir Februari ini. Diperkirakan kerugian yang diderita Intel akibat masalah ini mencapai hingga USD1 miliar , dengan rincian USD300 juta dari kehilangan pendapatan untuk penjualan dan USD700 juta untuk biaya perbaikan dan penggantian motherboard.

Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES