in: News | February 16, 2011 | by: Deliusno

Kal-El: Lima Kali Lebih Kuat dari Tegra 2

Di sela-sela acara Mobile World Congress (MWC) 2011, NVIDIA menunjukkan road map dari prosesor mobile terbarunya. Di tahun 2011 ini, rencananya mereka akan meluncurkan nama sandi Kal-El, sebuah prosesor mobile multi-core. Kemungkinan besar, NVIDIA akan menggunakan nama Tegra 3 untuk rilis akhir produk ini.

Coremark Benchmark test

Kal-El akan hadir dengan menggunakan 4 core (quad-core CPU). Prosesor mobile ini juga didukung dengan 12 core GPU. Nantinya, prosesor ini mampu mendukung resolusi tampilan hingga 2560 x 1600.

Performa prosesor ini jauh meningkat dibandingkan produk sebelumnya. NVIDIA mengklaim kalau prosesor ini memiliki performa 5x lebih baik dibandingkan Tegra 2.

Sehari sebelumnya, Qualcomm sudah mengumumkan prosesor quad-core versi mereka. Sayangnya, sample produk tersebut baru akan hadir di awal 2012. NVIDIA bergerak lebih cepat dari Qualcomm untuk masalah ini. NVIDIA sudah mengirimkan sample dari produk ini ke konsumen mereka. Rencananya, prosesor quad-core ini akan hadir di perangkat tablet mulai bulan Agustus dan perangkat ponsel di akhir tahun 2011. Hal tersebut membuat NVIDIA menjadi yang pertama dalam menghadirkan prosesor mobile quad-core di dunia.

Tidak mau ketinggalan dari Qualcomm, NVIDIA langsung menunjukkan kekuatan dari prosesor tersebut. Saat perangkat yang dipersenjatai Kal-El dihubungkan ke sebuah TV, perangkat tersebut mampu menjalankan video dengan resolusi 2560 x 1600 dengan lancar.

Di road map yang dijelaskan di MWC 2011, rencananya NVIDIA akan meluncurkan beberapa prosesor mobile lagi. Untuk tiga tahun ke depan, NVIDIA akan meluncurkan Wayne, Logan, dan Stark. Apakah semua prosesor baru tersebut mampu memenuhi kebutuhan perangkat mobile yang semakin menggila? Kita tunggu saja!

Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES