in: Notebook / Laptop | February 22, 2011 | by: Bimanto

Keuntungan Upgrade Hard Disk Notebook

Pada umummya, alasan orang meng-upgrade storage adalah untuk menggantinya ke kapasitas yang lebih besar. Ada juga yang menginginkan kinerja yang lebih tinggi sehingga berbagai aplikasi dapat berjalan lebih cepat ketika digunakan. Lain cerita dengan perangkat mobile, pengguna notebook jarang sekali melakukan upgrade storage. Mereka biasanya lebih suka membeli storage eksternal dibandingkan dengan mengganti storage dengan kapasitas yang lebih besar.

Kali ini kami ingin membuka mata para pengguna mobil bahwa penggantian storage bukan semata-mata untuk mencari kapasitas yang lebih besar. Penggantian storage dalam notebook dapat juga meningkatkan kinerja notebook Anda.

Pada artikel ini kami menggunakan tiga storage yang berbeda, Hard disk WD 320GB 5400RPM, WD 750GB 7200RPM dan SSD Kingston V+ 64GB. Ketiga storage ini kami rasa cukup mewakilkan elemen yang akan kami bahas pada artikel ini, karena:

  • WD 320GB 5400RPM merupakan produk storage biasa di temukan di dalam notebook dan netbook. Kecepatan putar 5400RPM pun sudah umum digunakan pada notebook/netbook.
  • WD 750GB 7200RPM. Produk WD ini tergolong baru, jarang sekali ditemukan notebook dengan kapasitas besar sebesar ini. Sedangkan, kecepatan putaran 7200RPM juga jarang di gunakan pada notebook.
  • Kingston V+ 64GB merupakan generasi penerus storage yang tahan guncangan. Kecepatan baca dan tulisnya di-klaim lebih cepat dari hard disk. Sampai saat ini, jarang sekali kami temukan notebook yang menggunakan SSD. Klaupun ada, harga jual notebook tersebut terbilang tinggi.

Ketiga storage ini kami tes menggunakan notebook kelas gaming MSI GE600 dengan menggunakan sistem operasi dan konfigurasi power management yang sama sehingga kami akan mendapatkan nilai yang dapat dibandingkan. Untuk spesifikasi notebook MSI GE600 ini, dapat Anda lihat di bawah :

Bentuk bagian bawah MSI GE600 ketika kami buka, bagian block hitam merupakan tempat penyimpanan storage
Daftar Isi
Pages: 1 2
Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES