Piriform Defraggler: Utiliti Defrag yang Lengkap

Reading time:
February 24, 2011
pict 1 R

Kebanyakan dari utiliti defrag hard disk menyediakan fungsi defrag secara keseluruhan saja, tanpa feature khusus. Melihat hal ini, Piriform mempersembahkan sebuah software mini yang berfungsi sebagai utiliti defrag hard disk yang memiliki kemampuan tidak hanya men-defrag hardisk secara universal. Defraggler ini memiliki menu dan desain software yang kecil dan sederhana sehingga dapat dipergunakan dengan mudah.

Feature

Feature yang disediakan Piriform Defragler ini tidak hanya men-defrag hard disk secara keseluruhan saja. Kemampuan lainnya meliputi mendefrag file, folder, analisa hardisk, Quick Defrag, serta Scheduling Defrag. Proses defrag secara keseluruhan dilakukan oleh software ini dengan cukup cepat, walaupun proses defragnya sendiri tergantung dengan banyaknya file dan pemakaian hard disk selama ini.

Dengan menganalisa hard disk yang akan di-defrag terlebih dahulu, proses defraggler dapat dilakukan dengan lebih baik. Proses analisa hard disk akan membuat kemampuan kerja software ini jadi sedikit meningkat. Selain itu, feature Quick Defrag akan sangat berguna bila Anda sedang terburu-buru atau tidak memiliki waktu banyak tetapi hard disk Anda menuntut untuk di-defrag.

pict3 R4

Salah satu feature menarik lainnya adalah pemilihan folder ataupun file yang ingin di-defrag. Hal ini akan mempermudah Anda memilih mana file ataupun folder yang Anda pikir butuh di-defrag dalam waktu dekat ini.

Feature Schedule Defragment memungkinkan Anda mengatur jadwal proses defrag. Apakah defrag akan dilakukan setiap bulan, setiap minggu, ataupun harian. Dengan feature ini, sistem PC Anda sudah dalam keadaan fresh.

Menurut klaim Piriform software Defraggler ini cukup ringan untuk berada pada sistem Anda. Selain itu, software ini menggunakan teknik yang sama yang dipergunakan oleh Windows. Hal tersebut menjadikan software ini cukup aman untuk sistem Anda.

Tidak ketinggalan pula feature Interactive Drive Map. Feature ini akan memberikan informasi blok yang kosong, tidak ter-defrag, atau juga bagian yang harus di-defrag. Software ini sendiri telah mendukung 37 bahasa dunia.

Untuk men-defrag sebuah drive, Anda cukup memilih drive yang Anda inginkan kemudian Anda menekan tombol Analyze dan menunggu beberapa saat. Setelah selesai barulah tekan tombol defrag, proses defrag pun akan berjalan. Software ini juga dapat dipergunakan untuk mendefrag berbagai device portabel seperti flash disk ataupun memory card yang terhubungkan dengan PC Anda.

Support dan Help

Software berjenis freeware ini dapat Anda langsung download dari www.piriform.com atau melalui www.filehippo.com. Untuk support dan Help offline tidak tersedia pada software ini. Anda harus memiliki koneksi internet dan mengunjungi website ini untuk mendapatkan dukungan pada teknis pada sesi FAQ. Software ini sendiri kompatibel dengan Windows XP, Windows Vista, dan Windows 7, baik 32-bit atau 64-bit.

Kesimpulan

Dibandingkan dengan ulititi defrage sejenis, software dari Piriform ini menawarkan sesuatu yang berbeda. Dengan berbagai feature yang ditawarkan, freeware ini harus dimiliki untuk membantu memelihara kesehatan PC Anda. Kinerja yang ditawarkan oleh software ini sendiri tidak dapat diremehkan begitu saja. Software ini pun cukup ringan untuk berada pada desktop Anda.

Load Comments

Gadget

March 5, 2024 - 0

Review vivo V30: Lebih Murah, Lebih Kencang dan Irit dengan Snapdragon + 3 Kamera 50 MP

vivo V30 , smartphone ini juga dibawa vivo hadir resmi…
March 5, 2024 - 0

Review realme 12 Pro+ 5G: Smartphone Berkamera Tele Periscope Paling Murah!

Kalau kalian mencari smartphone mid range dengan kamera telephoto terbaik…
January 26, 2024 - 0

Review vivo Y100 5G: Desain Premium, AMOLED 120 Hz, 5G, Snapdragon BARU!

vivo Y100 5G, ini adalah smartphone terbaru dari jajaran vivo…
December 30, 2023 - 0

Review CMF Watch Pro: Smartwatch dengan Layar 1,96 Inci AMOLED dan Desain Unik

CMF Watch Pro dibanderol dengan harga Rp1.149.000. Dengan harga tersebut…

Laptop

March 7, 2024 - 0

Review MSI Prestige 13 AI EVO A1M: Laptop AI PC Super Tipis, Ringan, Kencang & Irit!

Kali ini kita kedatangan salah satu “AI PC” dari MSI.…
March 6, 2024 - 0

Review Axioo Hype 5 AMD: Laptop 5 Jutaan Sekencang & Selengkap Ini?

Laptop murah yang harganya 5 jutaan ini ternyata kuat juga…
March 5, 2024 - 0

Review ASUS Vivobook Pro 16X OLED K6604: Laptopnya Kreator Profesional!

Laptop ini cocok banget untuk cari duit terlebih bagi kalangan…
February 6, 2024 - 0

Rekomendasi Laptop Premium dari HP – Mulai 10 Jutaan

Di Video rekomendasi kali ini, kami coba pilihkan untuk kalian…

Gaming

March 8, 2024 - 0

Kreator Dragon Ball – Akira Toriyama Meninggal Dunia

Hampir semua anak-anak Indonesia yang sempat tumbuh besar di era…
March 7, 2024 - 0

Bukan CGI, Dragon’s Dogma 2 Gunakan Video Daging Asli untuk Animasi Memasak

Apalah arti sebuah game petualangan yang tidak mampu memberikan Anda…
March 7, 2024 - 0

Frostpunk 2 Rilis Juli 2024

Membangun kota seindah dan seefektif mungkin, menatanya serapi yang Anda…
March 7, 2024 - 0

The First Berserker: Khazan Pamer Gameplay Baru, Rasa Souls

Sulit untuk membantah bahwa teaser perdananya di The Game Awards…