LOGO

Playstation 3, Jailbreak atau Tidak?

Part: 1 2

Artikel ini tidak ditulis sebagai bentuk dukungan terhadap proses Jailbreak untuk Playstation 3. Proses tersebut dikategorikan sebagai tindakan ilegal dan melanggar hukum. Tulisan ini semata-mata hanya berupa pendapat dan pertimbangan mengenai hal tersebut.


Sony mungkin sedang pusing memikirkan nasib konsol kesayangan mereka, Playstation 3, yang terus-menerus mendapatkan serangan dari hacker seluruh dunia. Sejak sistem keamanan mereka berhasil dibobol, proses pembajakan terus terjadi di konsol bertenaga besar tersebut. Sayangnya, banyak gamer yang menyambut Jailbreak ini sebagai sebuah angin segar setelah penantian yang cukup lama. Bersiaplah, sebentar lagi kita akan memasuki era dimana Playstation 3 berkembang menjadi konsol sejuta umat.

Seiring dengan harganya yang terus menurun, kini cukup banyak gamer yang sudah mampu membeli Playstation 3. Apalagi dengan hadirnya kemampuan untuk melakukan jailbreak dan kesempatan untuk menikmati game berkualitas tinggi dengan harga murah kian menjadi poin plus bagi para gamer yang berkantong terbatas. Tetapi apakah Jailbreak memang menjadi penyelamat yang mumpuni? Apakah Anda harus melakukan proses ini?

Tidak jarang kita menemui para gamer yang baru saja membeli Playstation 3 dan kemudian bingung untuk memilih, apakah harus bertahan dengan sistem yang original atau melakukan proses Jailbreak ke dalamnya. Pertanyaan yang  sulit jika Anda tidak memahami konsekuensi dari setiap tindakan tersebut. Oleh karena itu, saya akan memberikan sedikit gambaran supaya Anda memahami proses ini serta keuntungan dan kerugian yang mungkin ditimbulkannya.

APA ITU JAILBREAK?

Proses ini dimulai dari hadirnya sebuah perangkat mirip USB, PSJailbreak, buatan GeoHot yang berisi kode-kode untuk membobol sistem keamanan Playstation 3. Perangkat yang biasanya disebut juga sebagai dongle ini membuat hacker dapat masuk ke dalam development mode konsol dan memasukkan berbagai aplikasi ke dalamnya. Celah tersebut kemudian dimanfaatkan untuk melakukan back-up game-game PS3 yang ada, membentuk disc bayangan layaknya .iso, dan membuat PS3 dapat memainkan game tersebut tanpa hadirnya kepingan blu-ray disc yang asli.

Setelah Jailbreak, kini hadir modifikasi baru bernama CUSTOM FIRMWARE. Fungsi yang dihadirkan hampir sama dengan Jailbreak, namun Custom Firmware lebih fokus pada usaha untuk memodifikasi firmware original yang dibawa Sony. Modifikasi ini membuat Playstation 3 mampu menghadirkan fungsi serupa dengan jailbreak tanpa menggunakan dongle sama sekali.

APA KEUNTUNGAN DARI PROSES JAILBREAK?

Tidak ada penawaran tanpa permintaan dan tidak akan ada permintaan tanpa manfaat yang didapat. Fungsi ekonomi tersebut juga berlaku untuk Playstation 3 dan proses Jailbreak di dalamnya. Salah satu keuntungan yang paling terasa dari proses Jailbreak adalah harga game yang jauh lebih murah. Jika Anda harus mengeluarkan uang kurang lebih 400 – 700 ribu Rupiah untuk sebuah blu-ray game PS3, dengan proses Jailbreak, Anda hanya perlu mengeluarkan kurang lebih 1/10 dari harga tersebut. Belum lagi, sudah mulai banyak penawaran kompilasi game dalam bentuk hard disk eksternal dengan harga yang jauh lebih murah. Jika itu masih cukup mahal, Anda bahkan dapat mengunjungi situs tertentu di internet dan mengunduh game-game tersebut secara gratis.

Keuntungan yang lain tentu saja ketahanan lensa Playstation 3 karena semua proses bermain game diambil langsung dari harddisk. Sebenarnya efek “menjaga” lensa ini sendiri tidak terlalu signfikan sifatnya karena pada dasarnya blu-ray yang beredar sekarang ini semuanya adalah disc original dan tidak berpotensi merusak lensa dengan cepat. Namun jika dibandingkan dengan menggunakan disc atau jailbreak harddisk, tentu saja jailbreak akan membuat lensa lebih tahan lama.

Proses Jailbreak juga berarti memungkinkan para hacker untuk memasukkan begitu banyak program ke dalam firmware Playstation 3. Salah satunya adalah Emulator. Anda dapat memainkan berbagai game konsol yang berbeda, dari SNES hingga Dreamcast, menggunakan konsol kotak hitam Anda tersebut.

Untuk Custom Firmware (bukan Jailbreak) sendiri, Anda memiliki kemungkinan untuk masih dapat memainkan game Playstation 3 secara online dan multiplayer dengan trik-trik tertentu yang tidak mungkin dapat saya jelaskan di sini.

Part: 1 2

Comments

  1. TyranT says:

    Tidak.. :-D
    Toh saya masih mampu beli game orisinal..

  2. David Novan says:

    Game PS3 original all the way. Terlalu banyak fitur online yang bagus buat PS3 dan ga mau ngorbanin itu semua dgn jailbreak. Dan seperti kata TyranT; masih mampu beli game asli koq hehe. Gaming is an expensive hobby :p

  3. Alva Jonathan says:

    Ori all the way donk, kan biar bisa main GT5 online, heheheheheheh (^_^)b

  4. Pladidus Santoso says:

    @tryrant : good.. :D

    @david novan : Gaming emang butuh budget yang besar.. Cuman karena orang Indonesia memang udah ketagihan bajakan = sepertinya cukup sulit untuk mempertahankan orisinalitas

    @alva : Go Gran Turismo 5!!

  5. vitar says:

    gw hobby game dan tinggal di Indonesia bagian timur, yang jadi masalah internetnya lemot, so pasti manfaat dari BD ori sangat gak mungkin bisa gw rasakan, selain cuman gengsi doang

  6. Pladidus Santoso says:

    @vitar : Jadi, pilihannya adalah jailbreak? :D

  7. andi says:

    Mungkin klo di negeri ini broadband telah merakyat dan murah, pasti deh beralih ke BD ori, so sementara ini nikmati saja dulu yg terjangkau sambil menunggu perubahan tsb.

  8. alex says:

    wah kalo kelas gw tetep mengedepankan jailbreak aja,,,murah,hemat,kualitas sama,merawat dan tdk merusak

  9. leon says:

    Saya sih tetep setia beli BD ori, kl beli ori saya mainnya sampai tamat, mengumpulin trophi-nya. Jadi satu BD bisa dimaenin sampai lama.

    BD mahal? Yup, harga BD emang mahal. Bagi saya sih ga gt masalah, coz saya beli BD cuma tiap 1-2 bulan sekali, itupun ga harus tiap ada judul baru kudu beli.
    Belinya jg ga asal beli, liat review, nyoba demo dulu sebelum mutusin beli. Toh ga semua game harus dimaenin kan? Paling yg cuma kita senengin aja.

    Pengalaman waktu jaman kuliah dulu main xbox360 dan PS2, tiap ada game baru kluar pasti beli ga peduli bagus apa ga asal sikat (namanya aja ba**kan, relatif murah). Tapi yg dimainkan (apalagi ditamatkan) paling cuma sebagian kecil aja. Nah di PS3 ini, tiap game yg saya beli pasti akan coba saya tamatkan (secara harganya mahal ^^)

  10. Pladidus Santoso says:

    @andi : hubungannya dengan broadband?

    @alex : Pilihan yang jauh lebih ekonomis bukan?

    @leon : Saya sendiri punya pemikiran yang sama, karena saya yakin beberapa game memang pantas untuk dibeli versi originalnya, apalagi yang eksklusif.
    Sedangkan untuk game yang rilis multiplatform, gua lebih seneng di XBOX 360.

  11. Rhea says:

    Wah…saya berniat buka rental PS3. maklum di tasikmalaya ps3 masih sangat jarang. setau saya cuma da 3 rental selain di plaza2. tp pengetahuan saya tentang ps3 sangat minim. karna saya kenal ps3 juga tergolong baru, setelah sempat vakum lama terakhir kali main ps2 setahun yg lalu. terima kasih arigato buat kang Pladius Santoso dah share pengetahuannya.
    tp ane jg masih bngung, hrus beli yg jb atau blue ray asli?kalo buat rental cocok yang mana kang?

  12. Pladidus Santoso says:

    Salah satu kelemahan yang paling krusial di jailbreak PS 3 adalah dia enggak bisa mainin game-game baru yang keluar akhir-akhir ini. Firmware bajakannya berhenti di 3.55, sementara PS 3 sekarang udah firmware 4.00. Akibatnya semua game baru yang butuh firmware di atas 3.55 otomatis enggak bisa dimainin. Memang ada yang bilang solusinya pakai alat baru yang namanya Jailbreak 2,namun pas digali lebih dalam, ini alat juga enggak banyak bantu. Cuman beberapa game khusus aja yang bisa dijalanin. Karena itu, blu-ray asli jadi syarat utama kalau memang mau nyediaiin game-game baru.

    Alternatif lain adalah ngelirik XBOX 360 yang bajakannya lebih sederhana, tapi dengan kualitas yang enggak beda sama Playstation 3. Semoga membantu.

  13. Rhea says:

    Terima kasih kang solusinya…karna penjelasaannya sangat mudah dipahami…terus terang pemahaman saya tentang ps3 tergolong sangat baru… teng u…

Random Articles
Back to Top