in: Games | February 26, 2011 | by: Pladidus Santoso

Playstation 3, Jailbreak atau Tidak?

Artikel ini tidak ditulis sebagai bentuk dukungan terhadap proses Jailbreak untuk Playstation 3. Proses tersebut dikategorikan sebagai tindakan ilegal dan melanggar hukum. Tulisan ini semata-mata hanya berupa pendapat dan pertimbangan mengenai hal tersebut.


Sony mungkin sedang pusing memikirkan nasib konsol kesayangan mereka, Playstation 3, yang terus-menerus mendapatkan serangan dari hacker seluruh dunia. Sejak sistem keamanan mereka berhasil dibobol, proses pembajakan terus terjadi di konsol bertenaga besar tersebut. Sayangnya, banyak gamer yang menyambut Jailbreak ini sebagai sebuah angin segar setelah penantian yang cukup lama. Bersiaplah, sebentar lagi kita akan memasuki era dimana Playstation 3 berkembang menjadi konsol sejuta umat.

Seiring dengan harganya yang terus menurun, kini cukup banyak gamer yang sudah mampu membeli Playstation 3. Apalagi dengan hadirnya kemampuan untuk melakukan jailbreak dan kesempatan untuk menikmati game berkualitas tinggi dengan harga murah kian menjadi poin plus bagi para gamer yang berkantong terbatas. Tetapi apakah Jailbreak memang menjadi penyelamat yang mumpuni? Apakah Anda harus melakukan proses ini?

Tidak jarang kita menemui para gamer yang baru saja membeli Playstation 3 dan kemudian bingung untuk memilih, apakah harus bertahan dengan sistem yang original atau melakukan proses Jailbreak ke dalamnya. Pertanyaan yang  sulit jika Anda tidak memahami konsekuensi dari setiap tindakan tersebut. Oleh karena itu, saya akan memberikan sedikit gambaran supaya Anda memahami proses ini serta keuntungan dan kerugian yang mungkin ditimbulkannya.

APA ITU JAILBREAK?

Proses ini dimulai dari hadirnya sebuah perangkat mirip USB, PSJailbreak, buatan GeoHot yang berisi kode-kode untuk membobol sistem keamanan Playstation 3. Perangkat yang biasanya disebut juga sebagai dongle ini membuat hacker dapat masuk ke dalam development mode konsol dan memasukkan berbagai aplikasi ke dalamnya. Celah tersebut kemudian dimanfaatkan untuk melakukan back-up game-game PS3 yang ada, membentuk disc bayangan layaknya .iso, dan membuat PS3 dapat memainkan game tersebut tanpa hadirnya kepingan blu-ray disc yang asli.

Setelah Jailbreak, kini hadir modifikasi baru bernama CUSTOM FIRMWARE. Fungsi yang dihadirkan hampir sama dengan Jailbreak, namun Custom Firmware lebih fokus pada usaha untuk memodifikasi firmware original yang dibawa Sony. Modifikasi ini membuat Playstation 3 mampu menghadirkan fungsi serupa dengan jailbreak tanpa menggunakan dongle sama sekali.

APA KEUNTUNGAN DARI PROSES JAILBREAK?

Tidak ada penawaran tanpa permintaan dan tidak akan ada permintaan tanpa manfaat yang didapat. Fungsi ekonomi tersebut juga berlaku untuk Playstation 3 dan proses Jailbreak di dalamnya. Salah satu keuntungan yang paling terasa dari proses Jailbreak adalah harga game yang jauh lebih murah. Jika Anda harus mengeluarkan uang kurang lebih 400 – 700 ribu Rupiah untuk sebuah blu-ray game PS3, dengan proses Jailbreak, Anda hanya perlu mengeluarkan kurang lebih 1/10 dari harga tersebut. Belum lagi, sudah mulai banyak penawaran kompilasi game dalam bentuk hard disk eksternal dengan harga yang jauh lebih murah. Jika itu masih cukup mahal, Anda bahkan dapat mengunjungi situs tertentu di internet dan mengunduh game-game tersebut secara gratis.

Keuntungan yang lain tentu saja ketahanan lensa Playstation 3 karena semua proses bermain game diambil langsung dari harddisk. Sebenarnya efek “menjaga” lensa ini sendiri tidak terlalu signfikan sifatnya karena pada dasarnya blu-ray yang beredar sekarang ini semuanya adalah disc original dan tidak berpotensi merusak lensa dengan cepat. Namun jika dibandingkan dengan menggunakan disc atau jailbreak harddisk, tentu saja jailbreak akan membuat lensa lebih tahan lama.

Proses Jailbreak juga berarti memungkinkan para hacker untuk memasukkan begitu banyak program ke dalam firmware Playstation 3. Salah satunya adalah Emulator. Anda dapat memainkan berbagai game konsol yang berbeda, dari SNES hingga Dreamcast, menggunakan konsol kotak hitam Anda tersebut.

Untuk Custom Firmware (bukan Jailbreak) sendiri, Anda memiliki kemungkinan untuk masih dapat memainkan game Playstation 3 secara online dan multiplayer dengan trik-trik tertentu yang tidak mungkin dapat saya jelaskan di sini.

Daftar Isi
Pages: 1 2
Tags:

COMMENTS

comments!

RANDOM ARTICLES
News | January 29, 2015 | Comments

YouTube Buang Flash Player, Adopsi HTML 5

Kabar terbaru dari layanan streaming video terbesar di dunia, YouTube, yang telah mengganti platformnya. Seperti yang disebutkan dari TheVerge.com, setelah lama berkutat menggunakan Adobe Flash akhirnya YouTube memilih menggunakan platform
Read More »
News | January 2, 2015 | Comments

Alcatel Dikabarkan Beli Palm dari HP

Palm, nama yang sempat menjadi yang terdepan di dunia gadget di era tahun 2000-an, dikabarkan lepas dari tangan perusahaan yang memilikinya selama beberapa tahun terakhir ini, HP. Kabar itu dihembuskan
Read More »