in: Direct Release | February 17, 2011 | by: Bimanto

[PR] Kerjasama XL dan TM Malaysia Pembangunan Jaringan Batam-Dumai-Melaka

PT XL Axiata Tbk, Telekom Malaysia Berhad, dan PT Mora Telematika Indonesia menandatangani kerjasama Kontrak Konstruksi dan Pemeliharaan di Kuala Lumpur, Jumat (11/2). Kerjasama ini meliputi pembangunan dan peningkatan bandwidth kabel serat optik bawah laut yang menghubungkan Indonesia dan Malaysia, yang kemudian disebut sebagai “The Batam Dumai Melaka Cable System (BDM). Proyek bernilai sekitar USD 7 Juta ini akan menggunakan teknologi dari Huawei Marine Network (HMN) dan akan dimulai dalam waktu dekat. Penandatanganan dilakukan oleh VP Commerce – NetCo XL, Habib Mustain, Executive Vice President TM Global Telekom Malaysia Berhad, Mohamad Rozaimy Abdul Rahman, dan Director Project, Planning and Develeopment PT Mora Telematika, Robertus Soeratno.

Habib Mustain mengatakan, “Pelanggan XL saat ini bertumbuh dengan cepat, begitu juga permintaan atas layanan akses internet yang cepat dan berkualitas. Kerjasama ini dalam pembangun proyek kabel serat optik bawah laut ini menjadi jaminan bagi pelanggan dan masyarakat Indonesia atas komitmen XL dalam menyediakan layanan internet terbaik di masa depan.”

Habib menambahkan, jaringan BDM ini nanti akan menghubungkan jaringan XL dengan jaringan milik Telekom Malaysia, yang telah terkoneksi dengan jaringan internet internasional ke Eropa, Jepang, Amerika Serikat, dan sejumlah negara Asia dan Afrika. Secara teknis, sistem BDM terdiri dari dua pasang serat yang didesain untuk menyediakan 1.28 Tbps disesuaikan antara lain dengan teknologi Dense Wavelength Division Multiplexing (DWDM) yang mampu meningkatkan kapasitas dan performa transmisi. Proyek BDM akan menghubungkan jarak sepanjang 400km antara tiga lokasi Melaka-Dumai dan Melaka-Batam. Landing station di Melaka akan dikelola oleh Telekom Malaysia, sementara di Batam dan Dumai oleh XL. Proyek ini ditargetkan akan mulai dioperasikan pada triwulan ke-4 2011.


Keberadaan BDM ini akan melengkapi sistem jaringan berkapasitas besar yang sebelumnya sudah ada di kawasan ini. Dengan adanya jaringan baru ini, selain akan menambah ketersediaan kapasitas total transmisi terpasang, juga akan memberikan manfaat lain, yakni terjaminnya koneksi link internasional untuk memperkuat jaringan yang sudah ada saat ini. Sistem jaringan BDM yang memiliki bandwidth yang besar juga mengaplikasikan teknologi transimi yang berkualitas tinggi, tidak hanya akan mampu menopang lonjakan trafik telekomunikasi saat ini dan masa depan, namun juga sekaligus berkontribusi dalam mendorong roda perekonomian juga pembangunan industry serta budaya di antara kedua negara.

Sebelumnya XL juga telah bekerjasama dalam pembangunan dan pengoperasian sistem jaringan Batam Rengit Cable System (BRCS). Saat ini pelanggan internet telah mencapai 27 juta pelanggan.

Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES