LOGO

[PR] Visit Makassar 2011 XL Dukung Kelurahan Lakkang Menuju Desa Wisata di Makassar

Teknologi informasi dan komunikasi sangat bermanfaat untuk mendorong pembangunan masyarakat desa. Dipadukan dengan pelestarian lingkungan dan pengetahuan yang memadai dari warga masyarakatnya, suatu desa akan mampu membangun lingkungannya menjadi desa yang bukan saja layak huni namun juga meningkatkan kualitas hidup warganya. Karena itu, PT XL Axiata Tbk (XL) mendukung sepenuhnya usaha masyarakat dan aparat pemerintahan Kelurahan Lakkang, Kecamatan Tallo, Kota Makassar dalam mengembangkan desanya sebagai desa wisata. VP XL North Region, Nuruddin Al Fithroh menyerahkan sejumlah donasi dan program bantuan sebagai bentuk tanggung jawab sosial perusahaan (Corporate Social Responsibility) kepada warga Kampung Lakkang, Sabtu (12/2).

Nuruddin mengatakan, “Sebagai bagian dari masyarakat Makassar, kami merasa memiliki kewajiban untuk ikut mendukung pembangunan di daerah ini sesuai dengan kompetensi yang kami miliki di bidang teknologi informasi dan komunikasi (ICT). Kami akan memadukannya dengan 4 pilar program tanggung jawab sosial perusahaan (CSR) XL, yaitu pendidikan, lingkungan, budaya, dan sosial kemasyarakatan. Kami berharap, dukungan dan dorongan dari XL ini akan mampu mewujudkan Lakkang Berprestasi yang sekaligus akan memberikan kontribusi pada kemajuan dunia pariwisata Makassar.”

Nuruddin menambahkan, donasi XL untuk Kelurahan Lakkang akan meliputi 4 bidang. Pada bidang pendidikan, XL akan mendonasikan sejumlah komputer dan internet kepada warga desa, SD Negeri Lakkang, juga kantor kelurahan setempat. Bidang budaya, XL akan mendukung restorasi/pelestarian dan pemeliharaan situs-situs peninggalan bersejarah di kampung Lakkang. Terdapat sejumlah situs bersejarah antara lain bunker perlindungan peninggalan masa lalu. Bidang pelestarian lingkungan, XL akan memfasilitasi pendidikan lingkungan bagi warga. Terakhir, bidang social kemasyarakatan, XL akan memfasilitasi pengembangan UKM, antara lain ternak bebek dan perikanan tambak bandeng. Pada kesempatan ini, XL menyerahan 3000 bibit bandeng.

Selain itu, XL juga menyerahkan 1 unit perahu Katingting atau perahu penyeberangan kepada warga Desa Lakkang. Perahu yang dilengkapi mesin motor dan memiliki kapasitas 15 penumpang sekali angkut ini menjadi sarana yang vital mengingat Desa Lakkang hanya bisa diakses melalui sungai. XL juga akan melengkapi sarana telekomunikasi warga dengan 1 unit Telepon Umum Gratis (TUG). Dukungan pada program pariwisata di desa ini juga bekerja sama dengan lembaga masyarakat Lingkar Pemerhati Pariwisata.

Desa Lakkang merupakan daerah konservasi yang tetap dipelihara kelestarian lingkungannya meski berada di daerah Kota Makassar. Desa yang didiami sekitar 300 KK ini cukup unik karena tidak akses jalan atau jembatan untuk menuju ke sana. Siapa saja yang hendak masuk atau keluar desa ini musti menyeberangi Sunagi Tallo yang memisahkannya dengan daerah lain. Pemerintah Daerah Kota Makassar kini mengembangkan Kelurahan Lakkang untuk menjadi desa wisata sekaligus kawasan konservasi lingkungan di kota tersebut. Sejauh ini, wisatawan domestik dan manca negara mulai mengenalnya, terutama para peneliti dan pecinta lingkungan. Secara khusus, XL telah mengikat kerjasama dengan Pemerintah Daerah Kota Makassar untuk mendukung program Visit Makassar 2011. Selain ikut secara aktif mempromosikan program kepariwisataan ini ke masyarakat luas, XL juga berkomitmen menyediakan layanan telekomunikasi seluler yang berkualitas di seluruh kota ini.

Random Articles
Back to Top