Test Drive Unlimited 2: Kebebasan Berkendara Yang Luar Biasa!

Author
David Novan
Reading time:
February 24, 2011

Game balapan merupakan genre yang jarang terlihat di dunia game belakangan ini. Lebih jarang lagi bila Anda mencari game balapan dengan kualitas yang tinggi. Bahkan, Anda bisa menghitung dengan jari jumlah game penuh adrenalin tersebut pada tahun 2010. Beberapa contoh yang cukup menarik pada tahun lalu adalah Gran Turismo 5 dan Need for Speed Hot Pursuit. Oleh karena itu, kehadiran game balap Test Drive Unlimited 2 merupakan angin yang segar untuk para gamer yang lapar kecepatan dan mobil keren.

test drive unlimited 2 001

Game ini sebenarnya tidak hanya menawarkan balapan seru saja. Siapapun yang pernah memainkan Test Drive Unlimited sebelumnya pasti akan ingat satu ciri khas yang membedakannya dengan game balapan lain. Anda bebas menjelajahi dunia dalam game! Bahkan, game ini bisa disebut sebagai open world racing, seperti Grand Theft Auto yang merupakan open world action game. Batasannya adalah kemauan Anda untuk menjelajah.

Hal lain yang menjadi kelebihan dari game ini adalah diterapkannya sistem role playing untuk memperlihatkan perkembangan Anda. Jadi, Anda tidak hanya balapan untuk meneruskan cerita seperti yang biasanya ditemukan pada game balapan lain. Apakah sistem ini memberikan perubahan yang signifikan terhadap kenikmatan bermain? Temukan jawabannya pada review ini!

Turnamen Solar Crown

Permulaan game ini sangat mirip dengan game role playing; Anda akan diminta untuk memilih karakter yang akan digunakan di dalam permainan. Untuk apa memilih karakter dalam sebuah game balap? Ternyata, karakter tersebut akan menjadi avatar yang mewakili diri Anda dalam dunia game. Karena game ini pada dasarnya dirancang untuk bermain multiplayer online, maka karakter Anda akan mengalami perubahan dan peningkatan dalam status.

Sebelum kami membahas lebih dalam mengenai kustomisasi karakter, ada baiknya membahas terlebih dahulu bentuk balapan yang akan Anda temui nantinya. Lagipula, Test Drive Unlimited 2 adalah game balap, bukan? Nah, untuk itu Anda harus mengetahui terlebih dahulu tujuan utama dari game ini. Anda adalah pembalap yang terlibat dalam sebuah turnamen bergengsi bernama Solar Crown. Turnamen ini dipertandingkan pada tiga jenis balapan, yaitu balapan mobil klasik, mobil offroad, dan mobil sport.

test drive unlimited 2 002
Pilih karakter Anda!

Sebelum Anda dapat memulai setiap jenis balapan tersebut, Anda harus memiliki dua hal terlebih dahulu; mobil yang sesuai dan SIM untuk bertanding. Untuk mendapatkan mobil, Anda cukup mencari dealer mobil dengan jenis yang sesuai. Dealer tersebut tersebar di berbagai pelosok peta permainan yang sangat luas dan Anda harus mencarinya! Untungnya, Anda seringkali dapat menemukan dealer tersebut ketika balapan. Biasanya, pedagang mobil tersebut terbagi berdasarkan negara pabrikan mobil yang dijualnya. Misalnya, Anda dapat menemukan dealer mobil Jepang yang menjual Nissan dan mobil Dodge pada pedagang Amerika.

Klasifikasi negara tersebut bukan hanya terbatas pada penjualan mobil saja. Untuk meng-upgrade mobil yang sedang digunakan, Anda harus mencari bengkel yang sesuai pula. Jadi, ada kalanya mobil yang Anda miliki tidak dapat ditingkatkan kemampuannya bila tidak berhasil menemukan bengkel tersebut. Namun, bila Anda rajin mengikuti balapan, Anda pasti dapat menemukannya. Sama seperti ketika Anda menemukan penjual mobil.

test drive unlimited 2 012
Upgrade mobil yang tersedia tergantung level Discovery Anda

Lalu, bagaimana dengan SIM? Ketika bermain, Anda biasanya akan dihubungi untuk mengerjakan sebuah tugas. Tugas ini bisa dianggap sama seperti Quest ketika memainkan role playing game. Bila Anda mengikuti semua quest awal, maka Anda akan menemukan semua lokasi ujian SIM. Untuk mendapatkan SIM tersebut, Anda akan diberikan ujian yang sesuai dengan mobil yang akan dipakai. Walaupun tidak terlalu sulit, ujian tersebut tidak dapat dianggap remeh! Ujian ini mengajarkan dasar-dasar balapan yang akan meningkatkan kemampuan berkendara Anda. Setelah Anda mendapatkan SIM, kejuaraan yang berhubungan akan muncul di peta. Misalnya, ketika Anda mendapatkan SIM mobil klasik, kejuaraan mobil klasik akan muncul dan dapat Anda ikuti.

test drive unlimited 2 003
Home Sweet Home

Setiap kejuaraan dipecah menjadi beberapa balapan yang menggunakan sistem pengumpulan poin. Bentuk balapannya juga beraneka ragam, seperti melawan pembalap lain, time trial, dan mengukur kecepatan ketika melalui poin tertentu (speed trap). Setiap kali Anda memenangkan sebuah pertandingan, Anda akan diberikan nilai sesuai dengan posisi ketika melewati garis finish. Poin tertinggi dalam kejuaraan tentu saja akan menjadi pemenangnya.

Balapan akan diselenggarakan di jalan raya yang biasanya dipadati lalu lintas. Untuk membuat balapan lebih teratur, Anda akan diminta untuk melewati checkpoint. Jadi, Anda bisa saja memotong jalan untuk mendapatkan keunggulan terhadap lawan, tetapi Anda harus melewati checkpoint tersebut. Bila Anda tidak melewatinya dengan berurutan, maka Anda tidak dapat memenangkan pertandingan.

test drive unlimited 2 011
Status Anda memengaruhi kepopuleran di mode online

Hal lain yang tidak kalah pentingnya adalah kenyamanan ketika balapan. Pengendalian mobil dibagi menjadi tiga metode, yaitu Full Assistance, Sport, dan Hardcore. Full Assistance merupakan metode berkendara paling nyaman, ia memberikan paling banyak bantuan untuk pemain. Anda tidak perlu khawatir ban mobil akan tergelincir ketika melalui tikungan yang tajam atau bila gas yang berlebihan akan membuat mobil berputar di tempat. Sport memberikan sedikit bantuan terhadap pemain, tetapi pada saat bersamaan membutuhkan keahlian berkendara dan pengaturan gas untuk dapat mengendalikan mobil dengan baik. Sedangkan Hardcore bisa dikatakan sebagai mode simulasi. Semua aspek bantuan dimatikan dan keahlian Anda yang akan menjamin kemenangan di mode ini.

test drive unlimited 2 004
Hati-hati! Jalanan becek itu licin!

Kesan yang kami rasakan ketika balapan di game ini adalah adanya pengendalian total terhadap mobil yang digunakan. Karakteristik mobil yang berbeda benar-benar terasa dan ia menentukan gaya bermain yang kami gunakan. Bahkan, pada satu titik membuat kami lebih memilih pabrikan mobil tertentu dibandingkan mobil lain. Pada kasus ini, kami sangat menyukai Nissan dan Ferarri. Kedua pabrikan itu sangat klop dengan gaya bermain yang kami gunakan!

Load Comments

Gadget

March 5, 2024 - 0

Review vivo V30: Lebih Murah, Lebih Kencang dan Irit dengan Snapdragon + 3 Kamera 50 MP

vivo V30 , smartphone ini juga dibawa vivo hadir resmi…
March 5, 2024 - 0

Review realme 12 Pro+ 5G: Smartphone Berkamera Tele Periscope Paling Murah!

Kalau kalian mencari smartphone mid range dengan kamera telephoto terbaik…
January 26, 2024 - 0

Review vivo Y100 5G: Desain Premium, AMOLED 120 Hz, 5G, Snapdragon BARU!

vivo Y100 5G, ini adalah smartphone terbaru dari jajaran vivo…
December 30, 2023 - 0

Review CMF Watch Pro: Smartwatch dengan Layar 1,96 Inci AMOLED dan Desain Unik

CMF Watch Pro dibanderol dengan harga Rp1.149.000. Dengan harga tersebut…

Laptop

March 7, 2024 - 0

Review MSI Prestige 13 AI EVO A1M: Laptop AI PC Super Tipis, Ringan, Kencang & Irit!

Kali ini kita kedatangan salah satu “AI PC” dari MSI.…
March 6, 2024 - 0

Review Axioo Hype 5 AMD: Laptop 5 Jutaan Sekencang & Selengkap Ini?

Laptop murah yang harganya 5 jutaan ini ternyata kuat juga…
March 5, 2024 - 0

Review ASUS Vivobook Pro 16X OLED K6604: Laptopnya Kreator Profesional!

Laptop ini cocok banget untuk cari duit terlebih bagi kalangan…
February 6, 2024 - 0

Rekomendasi Laptop Premium dari HP – Mulai 10 Jutaan

Di Video rekomendasi kali ini, kami coba pilihkan untuk kalian…

Gaming

March 7, 2024 - 0

Bukan CGI, Dragon’s Dogma 2 Gunakan Video Daging Asli untuk Animasi Memasak

Apalah arti sebuah game petualangan yang tidak mampu memberikan Anda…
March 7, 2024 - 0

Frostpunk 2 Rilis Juli 2024

Membangun kota seindah dan seefektif mungkin, menatanya serapi yang Anda…
March 7, 2024 - 0

The First Berserker: Khazan Pamer Gameplay Baru, Rasa Souls

Sulit untuk membantah bahwa teaser perdananya di The Game Awards…
March 7, 2024 - 0

Persona 3 Reload Dapat “The Answer”, Rilis Berbayar di September 2024

Apa yang berhasil dilakukan oleh ATLUS dan tim Persona dengan…