in: Notebook / Laptop | February 6, 2011 | by: Bimanto

The “Real” Sandy Bridge Pada Mobile

Tidak lama setelah Intel meluncurkan platform baru Sandy Bridge, mereka langsung melakukan recall untuk seluruh platform ini bagi desktop dan notebook. Recall ini disebabkan karena adanya cacat pada transistor yang berada dalam controller memory yang mengontrol voltase. Hal ini membuat port SATA menjadi tidak stabil dan menurun kinerjanya dalam jangka waktu pemakaian lama. Bahkan, kemungkinan yang paling parah adalah port tersebut tidak dapat digunakan. Pengumuman recall ini memang sangat mengejutkan, mengingat umur platform Sandy Bridge baru seumur jagung. Namun, keputusan ini diambil Intel untuk menjaga nama baik mereka. Bila Anda ingin mengenal lebih jauh tentang platform Sandy Bridge, Anda dapat membacanya pada “Teknologi Sandy Bridge pada Mobile Computing”

Platform Sandy Bridge yang kami terima dalam notebook Axioo Neon HNM ini datang 4 hari sebelum pengumuman recall dari Intel. Selama pengujian, kami tidak mengalami kendala sama sekali sehingga kami tetap melakukan pengujian. Notebook Axioo Neon HNM ini adalah notebook yang pertama kali datang dengan menggunakan graphics on processor (walaupun sebelumnya kami sudah kedatangan Acer Aspire 5950G, reviewnya dapat Anda baca di sini). Namun, notebook ini menggunakan graphics AMD Radeon dan yang tidak memiliki opsi switchable graphics Intel. Oleh karena itu, kami tidak dapat menguji kinerja sesungguhnya dari graphics Intel HD2000/3000M. Pada dasarnya, kami tidak akan membahas lebih detail mengenai notebook Axioo Neon HNM di sini, tetapi kami akan me-reviewnya untuk Anda dalam waktu dekat.

Berbagai pengujian kami bebankan kepada platform Sandy Bridge ini untuk mengetahui kinerja sesungguhnya dari prosesor dan graphics Intel yang diklaim oleh Intel dapat memainkan game 3D dengan cukup baik. Test terbagi atas test CPU dan GPU serta keseluruhan sistem yang tertanam. Walaupun Intel telah mengakui chipset seri 6 tersebut cacat dan melakukan recall, kami tetap melihat platform Sandy Bridge ini tetap menarik untuk disimak.

Platform Pengujian

Notebook Axioo Neon HNM

Hasil Pengujian

SysMark 2007

Pada pengujian menggunakan SysMark 2007 terlihat bahwa prosesor Intel Core i7 2630 yang terpasang pada notebook Axioo Neon HNM langsung memimpin dan meninggalkan platform Arrandale yang menggunakan prosesor Intel Core i7 740QM. Peningkatan nilai yang didapat sungguh menakjubkan, Sandy Bridge mampu mendongkrak kinerja hingga kurang lebih 20% dibanding platform sebelumnya dengan menggunakan graphics non discrete. Nilai tersebut hanya bisa dilawan dengan prosesor sejenis tetapi dengan menggunakan graphics non discrete yang terpasang pada notebook Acer Aspire 5950G.

MediaShow Expresso 6

MediaShow Espresso 6.0 merupakan versi terbaru dari aplikasi transcoding video populer. Aplikasi ini mampu mengubah dari satu format video ke format video lainnya (seperti video format Blackberry, Apple iPhone, dan lain-lain). Salah satu kelebihan aplikasi ini adalah dukungan terhadap feature AMD (ATI) Stream, NVIDIA CUDA, bahkan pada versi terbaru aplikasi ini mendukung Intel Quick Sync. Hasil pengujian disajikan dalam satuan waktu. Semakin sedikit waktu yang dibutuhkan, semakin baik.

Proses encoding video juga dapat dilalui dengan baik. Pada test pertama kami menemukan kejanggalan, saat proses encoding berlangsung ternyata QuickSync tidak berjalan walaupun kami telah melakukan settingan encoding dengan hardware GPU, ternyata biang keladinya adalah driver yang terpasang masih menggunakan versi lama 2246, lalu kami melakukan upgrade driver graphics dengan versi baru 2266 dan QuickSync langsung berjalan dengan mulusnya.

Hasil yang di dapat sungguh mencengangkan, dengan menggunakan QuickSync proses encoding langsung dapat di selesaikan dengan sangat cepat, Anda dapat melihat perbedaannya diatas dan sangat terlihat sekali pada resolusi 1080P. Kami sarankan Anda melakukan update driver untuk graphics pada webside resmi Intel.

Daftar Isi
Pages: 1 2 3 4
Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES