in: Movies | February 17, 2011 | by: Lucky Natalia

True Grit: Ketika Keberanian Mengalahkan Segalanya

Kehilangan orang tersayang menjadi sebuah duka mendalam yang akan membekas selamanya. Ini yang dialami Mattie Ross yang kehilangan ayahnya karena dibunuh. Mattie pun bertekad menemukan pembunuh ayahnya, hidup atau mati.

Itu adalah sedikit dari adegan di film koboi terbaru di 2011, True Grit. Film ini menggandeng Jeff Bridges—aktor yang baru-baru ini bersinar kembali berkat penampilannya di Tron Legacy (2010), Matt Damon, dan aktris muda pendatang baru, Hailee Steinfeld. Film bergaya western ini disutradarai oleh Coen bersaudara, Ethan dan Joel Coen. Jika Anda merasa bahwa pernah mendengar judul ini sebelumnya, tebakan Anda tidak salah. Ini adalah remake dari film berjudul sama yang disutradarai oleh Henry Hathaway (1969) yang diangkat dari novel yang juga berjudul sama karya Charles Portis tahun 1968.

Film ini mengangkat perjuangan Mattie Ross (Hailee Steinfeld), seorang gadis berumur 14 tahun, yang kehilangan ayahnya yang menjadi korban pembunuhan oleh pegawainya sendiri, Tom Chaney (Josh Brolin). Ia pun mengurus pemakaman ayahnya dan memutuskan untuk menyewa seorang marshall untuk menangkap Caney dan membawa penjahat tersebut ke hadapannya untuk diadili. Pilihannya jatuh kepada Rooster Cogburn (Jeff Bridges). Ia pun memutuskan untuk ikut dalam petualangan Cogburn dalam mengejar buronannya. Ia dan Cogburn bersaing dengan seorang Texas Ranger, Labeouf (Matt Damon), yang memiliki tujuan yang sama demi mendapatkan imbalan besar. Rentetan petualangan seru yang dialami Ross saat itu akan selalu membekas di benaknya, hingga ia beranjak dewasa.

Karakter kuat Mattie Ross dengan gemilang diperankan oleh pemain muda, Hailee Steinfeld. Setelah berhasil menyingkirkan sekitar 15 ribu pesaing, Hailee memenangi peran sebagai Mattie Ross dan membawakannya dengan sangat jenius. Saat pertama kali menyaksikan akting Hailee di menit-menit pertama film ini, saya langsung menggumamkan kekaguman. Gadis ini memiliki talenta yang luar biasa! Jika pada awalnya saya berharap film ini akan dikuatkan oleh dua aktor yang telah memiliki nama yang lebih besar, ternyata sepanjang film perhatian saya justru terpusat pada Hailee. Ia dapat “memasukkan” ruh Mattie Ross ke dalam dirinya dan membawakannya dengan sangat baik. Standing applause untuk Hailee. Sedikit informasi, atas penampilan primanya di film ini, gadis berumur 14 tahun tersebut mendapatkan nominasi di 23 ajang penghargaan untuk kategori Best Actress, Best Supporting Actress, Best Young Performer, Most Promising Performer, Actress of the Year, dan Outstanding Performance by a Female in a Supporting Role.

Untuk kualitas film ini sendiri, saya cukup menikmati plotnya walaupun kadangkala terdapat beberapa adegan yang kurang penting dan dialog berkepanjangan yang menimbulkan rasa bosan. Dari segi cerita, tidak ada hal yang sangat istimewa yang menjadikan film ini masuk kategori outstanding. Namun, satu hal yang saya sukai dari film ini adalah penyelesaian yang “tidak biasa” atau mungkin lebih tepatnya tidak sesuai dengan prediksi saya. Selama 100 menit lebih saya mengikuti alur datar film ini dan di 10 menit berikutnya saya mendapatkan tayangan yang menyentuh hati dan penyelesaian yang “manis”.

Penasaran dengan performa Hailee Steinfeld dan touchy ending dari film yang diproduseri Steven Spielberg ini? Silahkan tunggu beberapa hari lagi dan setelah itu pilih bioskop favorit Anda untuk menyaksikan film ini.

Tanggal rilis:
22 Desember 2010 (USA)
Genre:
Action, drama
Durasi:
110 menit
Sutradara:
Ethan Coen, Joel Coen
Pemain:
Jeff Bridges, Matt Damon, Hailee Steinfeld
Studio:
Paramount Pictures

Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES