in: Notebook / Laptop | March 12, 2011 | by: Bimanto

Acer Aspire One 522: Netbook AMD C-50 dengan Harga Murah

Awal tahun ini, AMD mengumumkan AMD Fusion. Platform Brazos mulai diperkenalkan dan diperuntukkan bagi perangkat mobile. AMD juga mengeluarkan dua seri prosesor yang dapat disandingkan dengan Brazos, yaitu Zacate E350 dan Ontario C50. Kedua prosesor ini telah terintegrasi GPU Radeon seri 6 yang lebih dikenal dengan AMD APU. Kami pun merasa beruntung karena berhasil¬†mendapatkan pinjaman dari Acer Indonesia untuk mencicipi notebook mereka yang menggunakan prosesor Zacate E350. Anda dapat membacanya lebih lanjut di artikel “Acer Aspire 4253: Platform Baru AMD pada Notebook untuk Pelajar”.

Keberuntungan kami ternyata berlanjut. AMD dengan prosesor Ontario akhirnya mendarat di meja pengujian kami. Prosesor Ontario C50 ini terpasang pada sebuah perangkat mobile Acer Seri Aspire One 522. Sebelum melangkah lebih jauh, kita bahas sedikit mengenai pengategorikan perangkat ini.

Seperti kita ketahui bersama, sebuah perangkat disebut netbook jika ia menggunakan Intel Atom dengan layar 10″. Anda juga pasti tahu bahwa Acer Aspire One masuk ke kategori netbook. Prosesor AMD Ontario yang digunakan ini adalah seri C-50. Prosesor ini adalah APU AMD yang memang dirancang untuk netbook atau bahkan tablet. Dengan 2 core yang masing-masing berkecepatan 1,0 GHz saja, di atas kertas prosesor ini terkesan lamban. Akan tetapi, mengingat prosesor ini menggunakan eksekusi out-of-order seperti prosesor modern lainnya, C-50 tidak bisa dibandingkan dengan Intel Atom yang menggunakan eksekusi in-order. Teoritis, performa untuk tiap MHz-nya lebih baik dibandingkan Atom. Benarkah?

Acer Aspire One 522 mempunyai bentuk yang ramping dan tipis dengan penggunaan layar sebesar 10.1″. Tentunya, dimensi ini akan sangat memudahkan Anda membawanya ke mana-mana tanpa membebani tas Anda. Netbook ini dirilis dengan dua warna, hitam dan hijau. Satu hal yang paling menarik dari perangkat ini adalah harganya yang tergolong murah. Pada saat tulisan ini diturunkan, netbook ini dibanderol dengan harga Rp2.600.000,-.

Acer Aspire One 522 menggunakan prosesor AMD Ontario C50 dengan kecepatan 1,0 GHz dan memory DDR3 sebesar 1GB sebagai sumber tenaganya. Urusan graphics, prosesor Ontario telah terintegrasi GPU Radeon 6250HD di dalam satu die dengan prosesor yang men-support DX11. Dengan penggunaan graphics Radeon ini, Aspire 522 dengan mudah menjalankan film HD1080P tanpa halangan dengan menggunakan player yang dapat menggunakan kekuatan GPU. Untuk urusan kapasitas penyimpanan data, netbook ini dilengkapi hard disk berkapasitas 320 GB. Untuk baterai, netbook ini menggunakan baterai 6 cell. Baterai tersebut cukup istimewa ketimbang baterai pada umumnya. Penasaran? Silahkan lanjutkan membaca artikel ini hingga selesai!

Daftar Isi
Pages: 1 2 3 4
Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES