LOGO
,

Apple iPad 2 vs Dell Streak vs HP Slate vs LG Optimus vs Motorolla XOOM vs RIM Playbook vs Samsung Galaxy Tab

Dengan hingar-bingar dan diiringi jumlah tweet mungkin paling banyak dalam satu jam, Apple meluncurkan iPad 2 beberapa jam lalu. Meskipun tidak ada feature yang mengejutkan berkat banyaknya spekulasi yang beredar sebelum peluncuran, namun tetap saja tablet ini diterima dengan baik oleh kalangan jurnalis.

Respon ini sebagian besar adalah karena Steve Jobs, CEO Apple, memulai perkenalan dengan banyak humor dan sarkasme ke pesaingnya. Steve Jobs mengatakan bahwa iPad 2 masih tak tersaingi dari sisi harga, dimensi, dan pilihan aplikasi. Selain itu, meskipun iPad 2 memiliki CPU yang setara dengan tablet lain, Steve Jobs mengatakan dengan optimisasi OS dan aplikasi iPad, maka tablet baru ini dapat melebihi performa pesaingnya.

Dengan berbagai alasan tersebut, Steve Jobs mengatakan bahwa 2011 adalah “The Year of iPad 2“, bukan “The Year of Copycats”. Tapi apa iya? Mari kita tilik lagi spesifikasi iPad 2 dibandingkan pesaingnya yang sudah dan akan diluncurkan.

Sekilas Spesifikasi

Perbandingan Spesifikasi

Harga – iPad 2 tersedia dalam banyak pilihan spesifikasi dan warna. Harga berkisar dari US$499, setara dengan tablet 7″, sampai US$829, setara dengan tablet termahal dalam tabel di atas. Dalam hal ini, iPad 2 cukup bersaing.

Dimensi – Paling tipis, bahkan lebih tipis dari kebanyakan ponsel, bahkan setelah disertakan dengan baterai yang dapat membuat iPad 2 hidup sampai 10 jam (klaim). Sulit mengalahkan spesifikasi ini. Bobotnya sendiri sekarang setara dengan tablet 10″ paling ringan, Samsung Galaxy Tab 10.1.

CPU & GPU – iPad 2 menggunakan Apple A5 System on a Chip, semacam platform khusus yang dikembangkan Apple bersama manufacturer processor. Dalam platform ini, Apple menggunakan CPU ARM dual core 1,08GHz, kemungkinan besar setara dengan Cortex A9 seperti yang digunakan dalam platform Nvidia Tegra 2. GPU adalah PowerVR SGX543MP, kemungkinan dengan dua core. Kinerja CPU dan GPU ini masih perlu dibuktikan nanti, tetapi di atas kertas, cukup sebanding dengan pesaingnya.

OS dan Aplikasi – Sebagai tablet yang paling mature, iPad unggul dalam hal ini. Pada hitungan terakhir, iTunes App Store memiliki 350.000+ pilihan aplikasi, di mana 65.000 di antaranya adalah aplikasi khusus tablet/iPad.

Storage – Tetap tidak ada slot SD/microSD dalam iPad 2. Memang tersedia storage yang besar, sampai 64GB, tetapi hal tersebut berarti tidak ada kemungkinan expansi setelah Anda menentukan pilihan kapasitas. Kami sebenarnya berharap iPad 2 akan memiliki kapasitas sampai 128GB karena ukuran film Full HD dapat memakan storage dengan cepat.

Konektivitas – Wifi, HSDPA, EVDO Rev-A, tinggal pilih apa yang dibutuhkan. Dalam hal ini, semua tablet di atas sama kecuali satu perbedaan kunci: iPad 2 tak dapat digunakan untuk menelepon /  voice call.

Output – HDMI output dimungkinkan pada iPad 2 dengan aksesoris seharga US$39. HDMI output ini dapat menampilkan video sampai 1080p. Cukup menarik, tetapi tablet seperti Motorolla Xoom memiliki port HDMI built-in, sehingga mengurangi aksesoris dan biaya.

Kamera – iPad 2 memiliki 2 kamera, tetapi spesifikasinya tidak terlalu sensasional dibandingkan pesaingnya. Kamera video chat hanya cukup untuk Facetime, dan kamera belakang sepertinya sama dengan pada iPod Touch. Apple tidak secara spesifik mendeskripsikan kedua kamera ini, yang berarti spesifikasinya tidak “wah”.

Dengan perbandingan spesifikasi di atas, Apple iPad 2 memang sudah mengejar ketinggalan. Banyak feature yang sebelumnya tak ada di iPad, kini diadakan untuk menyamai pesaingnya. Namun, iPad 2 belum bisa dibilang melampaui tablet lain. Dengan penjualan iPad 1 yang telah mencapai 15 juta unit, iPad 2 perlu bekerja keras untuk dapat menyamai angka penjualan tersebut.  Bagaimana menurut Anda, apakah klaim Steve Jobs dapat dipercaya?

Sumber: http://events.apple.com.edgesuite.net/1103pijanbdvaaj/event/index.html

Comments

  1. botrex says:

    banyak amat vs nya

  2. Fharez says:

    Google Product Lover

  3. Tyo says:

    hp touchpad mungkn lebih tepad kalo di bandingkan denga ipad2 dkk.

Random Articles
Back to Top