in: Notebook / Laptop | March 6, 2011 | by: David Novan

Gaming dengan ASUS NX90

Anda tertarik dengan desktop replacement terbaru ASUS NX90? Bila Anda sempat mengintip artikel kami tentang review ASUS NX90, tentu Anda bisa memperkirakan kemampuannya. Namun, kami memiliki peraturan tidak tertulis yang menyebutkan bahwa sebuah perangkat komputer dengan hasil benchmark yang tinggi belum tentu dapat memainkan game dengan nyaman! Pengalaman Anda ketika bermain lebih penting dari skor yang tinggi, bukan? Pada artikel ini, kami mencoba memainkan beberapa game terbaru dari berbagai genre untuk membuktikan kemampuan ASUS NX90. Jadi, Anda dapat mengambil keputusan yang lebih baik ketika akan membeli perangkat ini untuk bermain game. Sebagai tambahan, semua gambar screenshot yang kami tampilkan di artikel ini diambil ketika kami merasa setting telah maksimal dan nyaman dimainkan. Anda dapat memperkirakan seperti apa tampilan ketika Anda bermain dengan baik di perangkat ini.

Baiklah, sebelum kami membahas lebih dalam mengenai kinerja NX90 dalam memainkan game populer, ada baiknya Anda sedikit mengetahui spesifikasi dari NX90. Apalagi bila Anda belum berkesempatan untuk membaca lebih dalam review kami mengenai perangkat komputer ini. ASUS NX90 memiliki jantung yang kuat untuk membantunya berlari kencang, yaitu prosesor Intel core i7 720 QM dengan memory DDR3 sebesar 4GB yang bisa di-upgrade sampai 12GB. Sedangkan untuk mendukungnya dalam bidang graphics, NX90 menggunakan NVIDIA GT335M 1GB. Menurut review kami, graphics card ini cukup untuk menjalankan game 3D pada resolusi dan settingan tertentu. Nah, pada artikel ini Anda dapat melihat sendiri kemampuannya ketika digunakan dalam kondisi real life. Untuk lebih memantapkan pengalaman bermain game Anda, NX90 juga memiliki layar LCD berukuran 18.4″ dengan resolusi full HD.

Baiklah, tanpa membuang waktu lebih banyak, berikut pengalaman bermain kami ketika menggunakan NX90!

Simulasi

The Sims 3 Late Night

Kami memulai sesi bermain game dengan menggunakan NX90 dari The Sims 3 Late Night Expansion. Game yang dicintai banyak wanita di dunia dan dibenci para lelaki ini tentunya akan menjadi pilihan pertama untuk para pembeli (wanita) NX90. Game simulasi ini menggunakan resource komputer dengan cara yang cukup bervariasi. Bila Anda berada di dalam rumah, game ini akan menggunakan kemampuan CPU dengan maksimal. Sedangkan bila Anda berada di luar, maka giliran kemampuan graphics card yang digunakan. Oleh karena itu, tingkat frame rate bisa berubah sangat jauh ketika Anda berada di kondisi yang berbeda.

Walaupun kemampuan CPU dan graphics card NX90 bisa dibilang tinggi, tetapi tidak ada salahnya membuka sesi ini dengan tingkat setting yang paling rendah. Kami menggunakan resolusi 1024×768, graphics quality low, dan semua efek tampilan dimatikan (object hiding, animation smoothing, dan advance rendering). Seperti yang mungkin bisa Anda tebak, game ini meluncur dengan sangat kencang bagaikan mobil Ferarri di jalan tol yang kosong. Frame rate bahkan mencapai angka 150 fps. Melihat hal ini, kami langsung mengubahnya ke setting tertinggi, yaitu resolusi 1920×1080, graphics quality high, dan semua efek tampilan dinyalakan. Hasilnya masih kami rasa cukup baik, yaitu frame rate maksimum mencapai 35 fps (ketika berada di dalam ruangan dan di-zoom dekat) dan minimum berada pada 20 fps (ketika berada di luar ruangan dan di-zoom menengah).

Kesimpulan: Anda masih dapat memainkan game ini dengan cukup nyaman pada setting yang tinggi. Jadi, Anda dapat memainkan game ini dengan tampilan yang indah dan masih dapat menikmati baju serta perabotan rumah yang baru saja dibeli dengan susah payah. Sayangnya, Anda tidak dapat membawa dengan bebas NX90 di luar ruangan karena ukurannya yang besar. Jadi, Anda masih akan diganggu pasangan, anak, pembantu, tetangga, dan pekerjaan rumah ketika memainkan game ini.

Daftar Isi
Pages: 1 2 3 4
Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES