in: Display | March 21, 2011 | by: Oik Yusuf Araya

Imation Link Wireless A/V Extender: Salurkan Gambar dan Suara dari Komputer Melalui Jaringan Nirkabel

Perkembangan teknologi wireless transmission saat ini telah membuka banyak kemungkinan bagi pengguna komputer. Transmisi nirkabel tidak lagi hanya bisa digunakan untuk menghubungkan komputer-komputer dan memindahkan data di antara mereka, namun juga dapat dimanfaatkan untuk keperluan lain, seperti yang dilakukan oleh Imation Link Wireless A/V Extender. Perangkat ini menyalurkan keluaran gambar dan suara high-definition dari komputer seperti yang dilakukan oleh kabel HDMI. Bedanya, Anda tidak memerlukan kabel untuk menghubungkan komputer dengan monitor, TV, atau proyektor yang akan digunakan sebagai output display secara langsung.

Kemampuan transmisi gambar dan suara tanpa kabel ini sebenarnya bukan hal baru. Imation Link menggunakan transmisi Wireless USB (dengan frekuensi radio ultra-wide band) berkecepatan tinggi untuk mentransmisikan gambar, video, dan suara. Teknologi ini sudah dikembangkan sejak tahun 2004. Beberapa teknologi lain dengan tujuan sejenis pun sudah bermunculan, seperti Intel Wireless Display (WiDi) yang diperkenalkan pada CES 2010 tahun lalu. Akan tetapi, perangkat Imation Link Wireless A/V Extender memiliki beberapa kelebihan yang kami rasa akan menarik bagi Anda selaku calon pengguna. Apa saja? Baca terus artikel ini!

Imation Link Wireless A/V Extender datang dalam kemasan atraktif dengan penutup bermagnet yang dapat dibuka sehingga Anda dapat melihat perangkat di dalamnya

Perlengkapan

Imation Link Wireless A/V Extender terdiri dari dua perangkat utama: unit receiver yang dapat terhubung dengan monitor, TV, proyektor, atau perangkat display lainnya dan unit transmitter berupa USB stick dengan interface USB 2.0 yang dapat ditancapkan ke komputer. Kedua perangkat ini memiliki antena terintegrasi.

Unit receiver Imation Link Wireless A/V Extender berbentuk seperti sirip ikan hiu
Unit transmitter USB Imation Link Wireless A/V Extender ditancapkan ke port USB di komputer

Di bagian belakang unit receiver yang memiliki antenna berbentuk mirip sirip ikan hiu, Anda akan menemukan output display HDMI, D-SUB (VGA), dan jack output audio 3,5mm. Output dari unit receiver inilah yang dihubungkan melalui kabel ke perangkat display dan speaker Anda atau monitor/TV saja, jika menggunakan konektor HDMI. Koneksi dari komputer ke unit receiver ini berlangsung secara nirkabel melalui Ultra-wide Band Wireless USB yang diklaim memiliki jarak operasional hingga 9 meter dan berkecepatan hingga 220 Mbps.

Anda dapat menancapkan output display yang memiliki konektor HDMI atau D-SUB (VGA). Jika menggunakan D-SUB, Anda memerlukan speaker/ headphone terpisah agar dapat mendengar suara yang juga disalurkan melalui transmitter

Transmisi nirkabel Imation Link Wireless A/V Extender memiliki bandwidth yang mencukupi untuk menyalurkan gambar dan suara sekaligus. Suara dari komputer Anda, termasuk yang berasal dari desktop windows ataupun film yang sedang diputar, akan turut disalurkan ke perangkat receiver. Untuk still picture, perangkat ini mendukung resolusi hingga 1920×1080 (full-HD), sementara gambar bergerak (video) dapat ditampilkan hingga resolusi HD (1280×720).

Selain unit transmitter USB dan receiver, Anda akan menemukan beberapa item pendukung lain dalam kemasan Imation Link Wireless A/V Extender, yaitu booklet quick start guide, CD berisi driver untuk Macintosh dan User’s Manual dalam format PDF, unit adaptor dengan colokan listrik berkaki tiga (Anda memerlukan konverter tambahan agar adapor dapat digunakan di Indonesia yang menggunakan standar kaki-dua), dan sebuah kabel HDMI.

Perlengkapan tambahan yang tersedia di dalam kemasan Imation Link Wireless A/V Extender
Daftar Isi
Pages: 1 2
Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES