in: Games | March 4, 2011 | by: Pladidus Santoso

Karakter Orang Indonesia di Dunia Game

Indonesia memang negara besar dengan potensi yang luar biasa. Walaupun belum mencapai ketenaran sekelas negara adidaya, namun keindahan alam dan sumber daya yang kaya menjadi daya tarik sendiri bagi berbagai industri yang ada di muka bumi. Namun, yang menjadi masalah adalah tidak sedikit yang masih melihat negara tercinta ini tidak lebih dari negara penuh kekerasan dan pergolakan. Beberapa tercermin dari film, tidak sedikit yang hadir dari novel fiksi dan nonfiksi. Yang lainnya? Hadir melalui industri game yang selama kita ini kenal. Percaya atau tidak, beberapa game menghadirkan karakter yang berasal dari Indonesia dan memainkan peranan yang penting dalam cerita. Siapa saja?

1. Linny Barilar (Front Mission 3)


Linny Barilar sendiri berasal dari Sulawesi dan merupakan salah satu karakter yang cukup penting sebagai sidekick karakter utama di Front Mission 3. Barilar diceritakan sebagai pewaris perusahaan Barilar Cooperation yang berfokus pada industri agrikultur. Pada awalnya, misi Barlilar sebenarnya sederhana, yaitu mengenalkan kepada dunia, produk perusahaan mereka, Methane Wanzer, yang mampu menggunakan kotoran binatang sebagai bahan bakar. Ia bergabung dengan karakter utama Front Mission 3 untuk membuktikan kemampuan Wanzer walaupun belum pernah digunakan sama sekali.

2. Suhadi Sadono (Splinter Cell: Pandora Tommorrow)


Suhadi Sadono merupakan tokoh antagonis utama yang menghalangi sepak terjang Sam Fisher di Splinter Cell: Pandora Tommorrow. Ia adalah pemimpin gerakan gerilya bernama Darah dan Doa yang pada awalnya merupakan organisasi “bayangan” yang dibentuk CIA selama konflik Timor Timur. Namun, ketika Amerika mengendurkan dukungan terhadap Indonesia, Sadono melihatnya sebagai sebuah pengkhianatan. Akibatnya? Ia bersumpah untuk menghancurkan Amerika menggunakan varian senjata biologis yang mematikan.

3. Raging Raven (Metal Gear Solid 4: Guns of The Patriots)


Raging Raven merupakan salah satu bos yang fenomenal di MGS 4. Ia termasuk dalam salah satu anggota Beauty and Beast. Karakter yang diperankan oleh Yumi Kikuchi ini memang mengandung pesona kecantikan yang luar biasa. Raven diceritakan sebagai korban tidak langsung perperangan di Aceh. Waktu kecil, ia sempat ditawan oleh tentara pemerintahan yang sudah lelah dengan perang yang tak pernah usai di Aceh. Untuk menyalurkan rasa frustasi tersebut, anak-anak tawanan perang ini sering kali mendapatkan siksaan, termasuk si Raven. Hingga pada suatu saat, tentara-tentara itu pergi begitu saja, meninggalkan anak-anak ini tetap dalam kurungan. Burung-burung gagak mulai datang dan memakan satu persatu anak-anak yang masih kecil ini hidup-hidup. Ketika tiba giliran Raven, burung gagak tersebut justru mematuk hingga putus tali yang mengikat Raven dan membiarkan anak tersebut lari ke desa terdekat dan selamat. Sejak saat itu Raven dipenuhi dengan rasa marah yang tidak tersalurkan.

4. Eddy Raja (Uncharted : Drake’s Fortune)


Eddy Raja merupakan satu dari tiga musuh besar yang harus dikalahkan oleh Nathan Drake di Uncharted seri pertama. Diceritakan sebagai pemimpin bajak laut Indonesia, Eddy bekerja sama dengan teroris Internasional untuk memburu harta karun El Dorado yang dicari oleh Drake. Bahkan beberapa adegan di dalam game ini memperihatkan Drake harus berbicara bahasa Indonesia ketika memburu Eddy di Kalimantan.  (Tribute to nirleka – via comment – for the information!)

Satu karakter protagonis, dan dua karakter antagonis. Apakah ini menggambarkan persepsi dunia terhadap Indonesia sendiri? Bahkan dari kacamata manusia jenius seperti Clancy dan Hideo Kojima? Saya sendiri hanya ingat dengan tiga karakter Indonesia ini karena latar belakang dan visualisasi dalam game yang cukup unik. Apakah ada di antara kalian yang mengetahui karakter Indonesia dari game lain? Jangan ragu berbagi di sini.

Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES