in: News | March 8, 2011 | by: Yufianto Gunawan

Oracle Nyatakan Kesiapan Menghadapi Persaingan Cloud Computing

Pertumbuhan bisnis cloud computing yang cukup pesat membuat banyak perusahaan mulai merilik pasar tersebut. Oracle, sebagai salah satu pemain besar di bidang solusi IT korporat, juga turut ambil bagian dalam cloud computing tersebut. Hari ini, bertempat di Hotel Mulia – Jakarta, Oracle yang diwakili oleh Williw Hardie, VP Database Product Marketing, menyatakan kesiapan mereka untuk terjun di dunia cloud computing dengan memperkenalkan solusi terbaru mereka, Exadata dan Exalogic.

Exadata dan Exalogic adalah mesin yang khusus didesain untuk mengakomodasi kebutuhan cloud, baik privat maupun publik. Exadata, yang menangani database dan storage, merupakan mesin andal yang dilengkapi storage sampai dengan 336 TB dan flash memory 5 T. Mesin tersebut juga dilengkapi dengan perangkat lunak database Oracle 11g Release 2.

Sementara itu, Exalogic adalah solusi yang disebut “cloud in a box”. Mesin Exalogic dilengkapi dengan 360 core dan RAM sebesar 2.8 TB. Mesin ini dapat merupakan satu-satunya solusi terintegrasi, hardware dan software, yang dirancang dan dioptimasi untuk kebutuhan cloud computing sehingga mampu menghadirkan kemampuan proses tinggi.

Tentu saja, pernyataan kesiapan Oracle tersebut bukan dilakukan secara sembarangan. Oracle, yang diwakili Independent Oracle User Group, telah melakukan survey sebelumny kepada para pengguna produk-produk Oracle. Survey tersebut menunjukkan bahwa saat ini, semakin banyak perusahaan yang mengadopsi sistem clud computing untuk kelangsungan bisnisnya. Hasil survey tersebutlah yang menjadi motivasi tambahan untuk Oracle untuk menciptakan produk pendukung cloud computing modern yang pada akhirnya menjadi senjata andalan Oracle dalam bersaing di pasar cloud.

Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES