in: News | March 10, 2011 | by: Deliusno

Prediksi Gartner Mengenai Dunia Data Center

Dell Indonesia hari ini mengundang JagatReview untuk mendengarkan hasil penelitian Gartner mengenai data center. Acara ini dipandu oleh Pieter Lydian, Director & Country Manager Dell Indonesia dan Errol Rasit, perwakilan dari Gartner.

Errol Rasit, perwakilan dari Gartner, saat sedang memaparkan materi

Menurut Errol, komputasi awan merupakan prioritas utama bagi para CIO di tahun 2011. Sedangkan virtualisasi ada di peringkat kedua prioritas para CIO. Di tahun 2010, virtualisasi ada di peringkat pertama. Untuk posisi ketiga, para CIO fokus kepada teknologi mobile.

Errol juga menceritakan perkiraan peningkatan data enterprise untuk lima tahun ke depan di Indonesia. Menurut Gartner, perusahaan akan mengalami peningkatan data dengan jumlah yang luar biasa, sekitar 716% untuk lima tahun ke depan!

Data center ternyata memiliki konsumsi energi yang sangat besar. Menurut penelitian yang dilakukan oleh Gartner, sebuah data center dapat mengonsumsi 40 hingga 100 kali energi kantor yang didukung.

Pieter Lydian juga banyak menjelaskan mengenai perkembangan dunia teknologi saat ini, terutama untuk para CIO. Menurut Pieter, saat ini para CIO sudah mulai beralih fungsi. Apabila beberapa waktu lalu mereka hanya dipusingkan dengan masalah TI perusahaan, maka kali ini mereka dipaksa berpikir untuk mengembangkan TI untuk kemajuan bisnis perusahaan. CIO dipaksa menjadi seorang bisnis man.

Pieter juga membeberkan jumlah rata-rata pengeluaran TI perusahaan secara global, yaitu sebesar USD1.5 triliun. Rata-rata 80% dana TI digunakan untuk maintenance, sedangkan 20% untuk inovasi. Pieter sendiri mengharapkan untuk beberapa tahun ke depan, persentase pengeluaran dan TI antara untuk inovasi dan maintenance akan seimbang.

Pieter juga menjelaskan kesiapan Dell Indonesia untuk menghadapi semua prediksi di atas. Lengkapnya lini produk merek dan banyaknya kota yang mendukung Dell (220 kota), membuat Pieter optimis kalau Dell Indonesia akan menjadi pilihan yang tepat bagi para perusahaan.

Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES