LOGO

Review MSI E350IA-E45: HTPC Dalam Satu Kemasan

Part: 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10

Integrasi menjadi hal yang penting jika ingin merajai pasaran prosesor saat ini. Ini dilakukan Intel yang mengintegrasikan GPU ke dalam prosesornya. Tentunya, AMD tidak ingin ketinggalan. Karena itulah AMD mengintegrasikan chipset, prosesor, dan graphic card ke dalam sebuah kemasan yang disebut APU (Acclerated Processing Unit).

APU AMD tersedia dalam dua jenis. Seri E atau lebih dikenal dengan nama  “Zacate” dan Seri C atau lebih kenal dengan nama “Ontario”. Zacate diperuntukan sebagai sistem desktop, sedangkan Ontario lebih diperuntukan sebagai sistem untuk mobile. Jika kita perhatikan tabel di bawah, terlihat perbedaan jelas di antara beberapa seri yang disediakan AMD Fusion APU.

Bagaimana dengan arsitektur dari sistem ini secara keseluruhan ? Mari kita perhatikan grafik di bawah ini.

Diagram Architecture

Dengan mengintegrasikan chipset dan GPU ke dalam prosesor, secara tidak langsung akan mengurangi latency antarkomponen. Ditambah dengan kemampuan GPU yang diintegrasikan, kinerja kombinasi APU ini cukup menjanjikan (tentunya dengan daya yang cukup rendah).

Kali ini, kami akan mengetes AMD Fusion APU dengan menggunakan wakil dari MSI yaitu MSI E350IA-E45. Motherboard ini menggunakan prosesor E350 yang merupakan seri tertinggi dari AMD Fusion APU pada saat ini. Apakah performa motherboard ini cukup bersaing untuk dijadikan alternatif sebagai HTPC? Mari kita lihat bersama.

Part: 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10

Comments

  1. Andy Salh Jr. says:

    performa sama dengan notebooknya ga ya? ato bahkan lebih…?

Random Articles
Back to Top