in: News | March 15, 2011 | by: Ernest Dimitria

Solar Table: Charger Wireless Bertenaga Surya

Satu lagi charger gadget bertenaga surya diumumkan. Kali ini, giliran Panasonic memperkenalkan produk Solar table di Security Show di Tokyo. Solar table ini memiliki bentuk seperti meja bundar biasa, tetapi di bagian tengahnya terdapat panel surya. Panel ini dapat mengumpulkan tenaga dari sinar matahari yang kemudian digunakan untuk mengisi ulang daya baterai gadget pengguna. Karena menyandang teknologi QI, pengisian daya baterai dapat dilakukan tanpa kabel, alias wireless. Pengguna hanya perlu menaruh perangkat—seperti ponsel, smartphone, dan PDA—di atas meja dan secara otomatis daya baterai akan terisi.

Pengisian daya baterai pada solar table hanya dapat dilakukan pada perangkat yang menggunakan baterai QI. Hingga saat ini, baterai tersebut hanya ditemukan pada perangkat Panasonic sendiri, namun diharapkan ke depannya teknologi ini dapat diaplikasikan untuk perangkat lain. Teknologi yang disajikan solar table ini dapat membantu banyak orang dan juga ramah lingkungan. Bayangkan saja ketika Anda sedang di kantor atau di rumah teman dan tiba-tiba baterai ponsel Anda habis. Anda hanya perlu menaruh ponsel tersebut di atas meja dan secara otomatis baterai akan terisi. Ketinggalan kabel charger sudah tidak menjadi masalah lagi.

Melihat desain solar table yang menyerupai meja biasa, tidak menutup kemungkinan penggunanya akan secara sengaja maupun tidak menaruh barang di atasnya hingga menutupi sebagian panel. Pihak Panasonic belum memberi tahu pengaruh hal tersebut terhadap efektivitas pengisian daya baterai pada meja ini. Solar table masih dalam tahap pengembangan dan disinyalir akan diluncurkan para akhir 2011 atau awal 2012.

Source: Inhabitat

Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES