in: News | March 8, 2011 | by: Ernest Dimitria

Sony Berhak Atas Alamat IP Para Pengunjung Situs GeoHot

Pertempuran antara Sony dan George “GeoHot” Hotz semakin memanas. Pihak pengadilan telah memberikan hak kepada Sony untuk mendapatkan alamat IP setiap pengunjung situs GeoHot dari bulan Januari 2009 hingga saat ini. Jika Anda pernah mengunjungi situs tersebut, saya ucapkan “Selamat!” karena Anda telah menjadi bagian dari investigasi ini.

GeoHot adalah seorang hacker yang dikenal dengan keberhasilannya membajak software iPhone dan PlayStation3 (PS3). Selama ini, keberhasilannya tersebut telah ia bagikan kepada khalayak umum melalui situsnya. Bulan lalu, Sony menyeret GeoHot ke pengadilan dengan tuduhan pelanggaran hak cipta dan beberapa hukum lainnya.

Selain alamat IP pengunjung situs GeoHot, Sony mendapatkan hak atas video instruksi jailbreak PS3 yang pernah dipublikasikan oleh hacker tersebut di YouTube. Pihak Sony juga mendapatkan hak atas data pada akun Twitter GeoHot yang juga ia jadikan sebagai sarana berbagi informasi seputar jailbreaking konsol kesayangan perusahaan elektronik raksasa asal Jepang itu.

Pihak Sony mengatakan bahwa semua informasi ini mereka perlukan karena dua alasan. Pertama, untuk membuktikan aktivitas distribusi informasi jailbreaking PS3 yang dilakukan oleh GeoHot. Kedua, untuk menentukan kota tempat sidang akan berlangsung. Apakah di negara bagian New Jersey (kampung halaman GeoHot) atau San Francisco? Pihak Sony berargumen bahwa sebagian besar orang yang mengunduh hasil jailbreak GeoHot berasal dari California Utara. Maka, San Fransisco dijadikan bahan pertimbangan untuk pelaksanaan sidang.

Keputusan mengenai lokasi berlangsungnya persidangan akan ditentukan bulan depan. Masih banyak waktu yang tersisa untuk melihat perkembangan investigasi Sony terhadap data-data yang telah mereka dapatkan. Saya tertarik untuk mengikuti perkembangan kasus ini: apakah Sony akan mengambil langkah hukum juga bagi para pengunjung situs GeoHot atau hanya sekedar memblokir akun PSN mereka? Hanya waktu yang bisa menjawab.

Source: Wired

Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES