in: News | March 1, 2011 | by: Ernest Dimitria

Sony Dituduh Melanggar Hak Paten Blu-ray Milik LG

Daratan Eropa menjadi saksi peperangan antara dua raksasa elektronik dari Asia. LG baru-baru ini menggugat Sony ke pengadilan dengan tuduhan pelanggaran penggunaan hak paten teknologi Blu-ray pada perangkat gaming console mereka, Playstation 3. Keputusan awal yang diberikan oleh pengadilan dapat membuat LG tertawa dan Sony menangis sejenak, karena setidaknya dalam waktu 10 hari ke depan pendistribusian PS3 ditahan. Puluhan ribu perangkat PS3 yang baru dikirim telah disita oleh para petugas bea cukai di seluruh daratan Eropa.

LG mengatakan bahwa Sony telah melanggar beberapa hak paten mereka sehubungan dengan pemutaran Blu-ray disc. Perusahaan asal Korea Selatan tersebut mengajukan pemeriksaan secara detail terhadap kasus ini kepada komisi perdagangan internasional. Apabila terbukti bersalah, pihak Sony harus membayar kompensasi kepada LG untuk seluruh penjualan PS3 yang dapat mencapai ratusan juta dollar. Penjualan console tersebut di Inggris saja hingga saat ini telah mencapai sekitar 3 juta unit dan jumlah ini belum dihitung dengan penjualannya di negara lain.

Sepuluh hari adalah waktu yang terlalu lama bagi perusahaan retail. Pengaruhnya akan terasa pada tingkat penjualan mereka, apalagi bagi Sony yang biasanya mengimpor sekitar 100 ribu unit PS3 ke Eropa setiap minggunya. Perusahaan elektronik asal Jepang ini harus mengajukan banding untuk menghentikan larangan impor PS3 dalam waktu dekat sebelum dampak jumlah kerugiannya semakin terasa, baik bagi perusahaannya sendiri maupun para peminat konsol tersebut.

Source: Various

Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES