in: News | March 11, 2011 | by: Ernest Dimitria

Sony Kembali Mendapatkan Hak Distribusi PS3 di Eropa

Tahun ini, Sony harus meluangkan banyak waktunya di ruang pengadilan, dari mengurus kasus jailbreak oleh GeoHot hingga mengurusi masalah hak paten Blu-ray dengan LG. Sony yang mengimpor sekitar 100 ribu konsol PS3 di Eropa sempat terguncang dengan keputusan pengadilan untuk menyita semua konsol tersebut, baik yang ada di gudang maupun di toko-toko retail. Keputusan ini diambil berkaitan dengan tuduhan LG terhadap pelanggaran hak paten Blu-ray oleh Sony. Untungnya penyitaan ini tidak berlaku di benua lain dan pihak International Trade Commission meminta dilakukannya penyelidikan lebih lanjut.

Hari ini produsen perangkat elektronik raksasa asal Jepang ini dapat tersenyum sejenak karena penyitaan konsol PS3 tersebut kini dihentikan. Keputusan pengadilan ini mengakhiri penahanan sekitar 300 ribu perangkat PS3 di daratan Eropa. Pendistribusian dan impor konsol tersebut di daratan Eropa pun dapat dilanjutkan kembali.

Keputusan pengadilan juga mengharuskan pihak LG untuk membayar biaya pengadilan sebesar €130 ribu dan €200 ribu per hari hingga seluruh konsol PS3 dikembalikan kepada pihak Sony. Walaupun Sony telah mendapatkan hak atas pendistribusian konsolnya kembali, keputusan pengadilan ini belum mengakhiri kasus pelanggaran hak paten teknologi Blu-ray dalam perangkat PS3 mereka. Apabila terbukti bersalah, Sony harus membayar kompensasi kepada pihak LG untuk semua konsol PS3 yang telah terjual dan jumlahnya bisa melebihi biaya yang harus dikeluarkan LG saat ini.

Source: Neowin

Tags:

Share This: