LOGO

SSD Crucial RealSSD C300 64GB: Era SATA III Telah Dimulai

Part: 1 2 3

Beberapa SSD yang sudah kami tes selama ini memang masih menggunakan SATA 3 Gbps atau SATA II sebagai interface-nya. Berbeda dari produk test tersebut, kali ini kami kedatangan sebuah SSD dengan interface yang beda dari biasanya. SSD ini memiliki nama Crucial RealSSD C300. Apa yang membuat SSD ini berbeda dari produk test kami sebelumnya? Bagaimana dengan performa dari produk ini? Mari kita simak bersama!

Kapasitas yang dimiliki Crucial RealSSD C300 yang mampir ke JagatReview adalah 64 GB. SSD ini terasa spesial karena sudah menggunakan interface SATA 6 Gbps atau SATA III. Jika sebuah hard disk menggunakan interface SATA III, kinerjanya tidak akan memenuhi bandwidth dari SATA II, bahkan SATA I. Bagaimana jika perangkat SSD menggunakan SATA III? Tentu saja Anda akan menemukan cerita yang berbeda. Anda akan menemukan kinerja SSD yang sudah melebihi bandwidth dari ¬†SATA II, yaitu “hanya” 300 MB/s. SSD ini tentu saja dapat bekerja di interface SATA II. Walaupun begitu, bandwidth SATA II akan menahan kinerjanya.

Crucial menggunakan chipset kontroler buatan Marvell. Sedangkan untuk memori NAND-nya, Crucial menggunakan tipe MLC. Untuk koleksi sampah data, SSD ini sudah mendukung TRIM.

Paket Penjualan

Inilah paket penjualan SSD Crucial RealSSD C300 64 GB.

Satu hal yang kami sukai adalah adanya bonus berupa konverter SATA to USB. Sayangnya, interface USB yang digunakan masih memakai USB 2.0. Hal tersebut membuat kinerjanya tertahan di kecepatan sekitar 33 MB/s saja saat digunakan sebagai drive eksternal.

Selain itu, pada kotak penjualannya, akan ditemukan beberapa dokumen dan sebuah CD Software.

Part: 1 2 3
Random Articles
Back to Top