LOGO

Total War: Shogun 2 – Perang Total Yang Menghilangkan Waktu Tidur!

Part: 1 2 3 4

Bila kuping Anda merasa asing dengan game bernama Total War, berarti Anda bukan penggemar game perang sejati. Seri game yang mendefinisikan perang total dan habis-habisan ini merupakan “mata pelajaran” wajib bagi gamer hardcore penggemar strategi. Segala hal mengenai game ini dibuat secara serius, mulai dari pengaturan daerah, pemerintahan, pemberontakan, politik, teknologi, hingga pertempuran di lapangan yang jumlah pasukannya bisa mendekati ribuan orang! Shogun 2 kembali meneruskan tradisi yang dipegang teguh seri game ini dengan beberapa perbaikan yang menurut kami menyempurnakan seri Total War.

Shogun dan Bushido

Shogun 2 menyempitkan sudut pandangnya menjadi pertempuran antara tuan tanah yang disebut Daimyo di Jepang pada abad pertengahan. Padahal, di Total War sebelumnya (Empire dan Napoleon), jumlah negara dan kebudayaan yang terlibat cukup banyak sehingga unit tempur yang ada di lapangan juga beragam bentuk dan fungsinya. Di game ini, unit yang bertempur kebanyakan sama. Bedanya, setiap Daimyo memiliki unit khusus yang sesuai dengan keahlian daerahnya. Biasanya, unit tersebut adalah versi yang lebih baik daripada unit biasa dengan fungsi yang sama. Karena setiap unit tempur dalam game ini memiliki statistik yang mempengaruhi daya tempurnya, unit khusus dengan kemampuan yang lebih baik pastinya akan sangat berguna di medan pertempuran. Tentunya dengan catatan Anda dapat menggunakannya dengan strategi yang tepat.

Tradisi Total War adalah pertempuran massal!

Tujuan utama dalam game ini adalah menjadikan Daimyo yang Anda kendalikan menjadi Shogun. Posisi Shogun sebagai pemimpin semua kekuatan tempur kekaisaran Jepang merupakan hal yang diimpikan semua Daimyo. Bila dibandingkan, mungkin hampir sama seperti menjadi presiden atau ketua MPR. Karena posisi lebih tinggi dari Shogun adalah kaisar Jepang dan tempat itu bisa disamakan dengan dewa. Oleh karena itu, Shogun adalah posisi yang tertinggi untuk manusia di Jepang saat itu. Hal itu juga yang menjadikan posisi Shogun selalu terancam pertempuran dan pembunuhan.

Seperti yang telah kami jelaskan sebelumnya, seorang Daimyo memiliki kemampuan khusus yang membedakannya dengan Daimyo lain. Contohnya, Anda dapat menemukan Daimyo yang memiliki pemanah kawakan dan mampu mengelola persawahan dengan baik. Ada juga yang lebih ahli mengatur Ninja untuk menyerang musuh melalui pertempuran di balik layar. Semua kemampuan tersebut akan membentuk gaya permainan Anda selama memainkan game ini. Baik dalam pertempuran, politik, ekonomi, dan bangunan yang ada di provinsi Anda.

Total War bukan hanya bertempur, tetapi juga membangun!

Ciri khas Jepang lain yang dibawa dalam game ini adalah Bushido dan kehormatan (Honor). Penggunaan kebudayaan yang sangat menjunjung tinggi semangat perang dan kehormatan membuat Shogun 2 memiliki sistem Honor yang harus diperhatikan dengan baik. Seorang Daimyo dapat kehilangan muka bila pasukan yang dia pimpin langsung kalah dalam peperangan, tidak membantu daerah lain yang menjadi kawannya ketika membutuhkan, menjarah istana musuh yang dikalahkannya, berpindah agama ke Kristen, dan membiarkan jenderal yang kehormatannya telah tercoreng (misalnya sering kalah perang) tidak melakukan bunuh diri (Seppuku). Daimyo yang Honor-nya telah jatuh akan menghadapi pemberontakan rakyat dan jenderal yang berusaha membunuhnya demi mengambil posisi Daimyo. Dampak yang berbahaya ini membuat sistem Honor tidak dapat dipandang enteng!

Part: 1 2 3 4
Random Articles
Back to Top