Total War: Shogun 2 – Perang Total Yang Menghilangkan Waktu Tidur!

Author
David Novan
Reading time:
March 30, 2011

Daerah yang Kuat Menghasilkan Tentara yang Kuat

Setiap Daimyo memiliki daerah kekuasaan yang disebut provinsi. Provinsi tersebut pastinya akan bertetangga dengan provinsi lain yang berusaha untuk melahap kekayaan dan tanah kekuasaan Anda! Oleh karena itu, sudah menjadi tugas utama seorang Daimyo untuk mempertahankan daerah kekuasaannya dari serangan musuh, mengembangkan potensi alamnya, mengatur rakyat, membangun fasilitas yang memperkuat ekonominya, mengatur perdagangan, dan politiknya. Tugasnya banyak sekali! Yah, itulah resikonya menjadi seorang pemimpin di zaman paling berdarah dalam sejarah Jepang!

review shogun 2 total war 004
Pengaturan daerah yang kompleks menanti Anda!

Permainan di mode pengaturan provinsi memiliki kemiripan yang tinggi dengan game Civilization. Anda dapat mengatur dengan bebas (tanpa batas waktu) segala hal yang berhubungan dengan provinsi. Hal itu bisa terjadi karena pada saat ini permainan menggunakan bentuk Turn Based Strategy. Jadi, semua pemain yang ikut serta berjalan bergiliran. Setiap giliran (Turn) sama dengan sebuah musim di Jepang. Hal ini berpengaruh kepada posisi tentara Anda ketika turn berakhir. Bila pasukan Anda berada di daerah musuh ketika musim dingin berakhir, mereka akan terkena Attrition Damage. Damage ini akan melukai pasukan, padahal mereka tidak berperang! Hal ini bisa disamakan dengan serangan penyakit dan penurunan moral karena kedinginan di daerah yang jauh dari rumah. Perhatikan musim sebelum Anda memulai pertempuran!

Kota yang mewakili tampuk pemerintahan sebuah provinsi memiliki beberapa pengaturan yang cukup kompleks. Pertama, Anda dapat mengatur bangunan yang ada di kota tersebut. Banyaknya bangunan yang ada dibatasi dengan slot bangunan. Jadi, sebaiknya Anda tidak sembarangan membangun sesuatu yang tidak sesuai dengan kemampuan unik Daimyo yang dimainkan! Pengaturan ini membutuhkan strategi yang mendalam mengenai ekonomi dan perkembangan kota. Bangunan yang sudah ada juga dapat di-upgrade supaya menghasilkan lebih banyak lagi sumber daya. Namun, Anda harus ingat satu hal. Bangunan tersebut tidak berada di dalam benteng Anda! Mereka tersebar di daerah provinsi yang ukurannya besar! Jadi, musuh dapat menyerang bangunan tersebut untuk melemahkan ekonomi Anda jika tidak dijaga dengan baik!

review shogun 2 total war 005
Apa yang terjadi ketika dua pasukan bertemu? Perang!

Selain meningkatkan ekonomi, bangunan yang Anda miliki juga dapat digunakan untuk membangun unit tempur yang lebih baik. Biasanya, bangunan dengan fungsi lebih tinggi membutuhkan uang yang banyak dan teknologi yang mendukungnya. Pohon teknologi yang disebut Mastery of The Arts terbagi menjadi dua jenis. Pertama, Anda dapat menemukan Bushido; teknologi yang mengembangkan kekuatan tempur pasukan dengan memperkuat berbagai aspek statistik unit dan membuka jenis unit baru. Kedua, Anda dapat memilih teknologi yang berguna untuk kebutuhan pertumbuhan daerah dan penyerangan di belakang layar bernama Way of Chi. Teknologi ini memungkinkan Anda membuat sawah yang lebih baik, membuka desa rahasia untuk melatih ninja, dan polisi rahasia untuk menjaga ketertiban daerah. Teknologi dan upgrade bangunan membutuhkan waktu (turn) untuk membuatnya. Jadi, penggunaan waktu yang baik juga mempengaruhi dominasi Anda terhadap musuh.

Ekonomi dan status semua orang penting yang ada di provinsi Anda juga diatur di fase permainan ini. Pengaturan pajak dan pembuatan pasukan tempur harus Anda perhatikan dengan baik supaya tidak membuat daerah Anda miskin. Bila Anda mengatur pajak terlalu tinggi, jangan salahkan siapa pun jika rakyat Anda memberontak! Namun, bila pajak terlalu rendah, bersiaplah untuk kekurangan uang untuk pembangunan dan perekrutan pasukan. Untungnya, pengaturan pajak ini ditentukan melalui slider yang mudah dioperasikan. Bahkan, Anda dapat menggunakan pengaturan otomatis untuk pajak!

review shogun 2 total war 006
Setiap turn mewakili pergantian musim dengan perubahan tampilan yang indah!

Kemudian, Anda harus berhati-hati ketika merekrut pasukan. Total War berbeda dengan game strategi lain yang hanya perlu memikirkan jenis unit yang Anda bangun dan uang untuk membuatnya. Pada game ini, Anda juga harus memikirkan biaya untuk merawat semua unit yang dibangun! Tentara juga manusia yang butuh uang gaji, makan, perawatan alat tempur! Sebelum membangun pasukan, pastikan Anda menghitung terlebih dahulu biaya perawatannya dan bandingkan dengan penghasilan yang Anda dapatkan di setiap turn. Jangan sampai Anda menang di pertempuran tetapi tidak dapat membangun provinsi karena uangnya habis untuk membayar gaji pasukan.

Status keluarga dan jenderal yang terlibat dalam pemerintahan Anda juga harus mendapat perhatian yang lebih. Daimyo terhebat sekali pun memiliki keluarga yang harus dapat meneruskan kekuasannya suatu saat kelak. Oleh karena itu, Anda harus memiliki anak lelaki yang kuat sebagai pewaris kekuasaan Anda. Selain itu, Anda juga dapat menikahkan anak perempuan dengan jenderal yang dianggap pantas untuk menjaga kerajaan yang Anda bangun. Pada bagian ini, Anda juga dapat memberikan posisi pemerintahan kepada jenderal yang dianggap pantas. Setiap posisi tersebut akan memberikan efek yang signifikan dalam pertempuran yang dijalaninya. Selain itu, aksi ini juga dapat meningkatkan kesetiaannya kepada Anda.

review shogun 2 total war 007
Menurut Anda Jepang itu negara kecil? Kami yakin pendapat Anda akan berubah setelah memainkan game ini!
Load Comments

Gadget

March 5, 2024 - 0

Review vivo V30: Lebih Murah, Lebih Kencang dan Irit dengan Snapdragon + 3 Kamera 50 MP

vivo V30 , smartphone ini juga dibawa vivo hadir resmi…
March 5, 2024 - 0

Review realme 12 Pro+ 5G: Smartphone Berkamera Tele Periscope Paling Murah!

Kalau kalian mencari smartphone mid range dengan kamera telephoto terbaik…
January 26, 2024 - 0

Review vivo Y100 5G: Desain Premium, AMOLED 120 Hz, 5G, Snapdragon BARU!

vivo Y100 5G, ini adalah smartphone terbaru dari jajaran vivo…
December 30, 2023 - 0

Review CMF Watch Pro: Smartwatch dengan Layar 1,96 Inci AMOLED dan Desain Unik

CMF Watch Pro dibanderol dengan harga Rp1.149.000. Dengan harga tersebut…

Laptop

March 7, 2024 - 0

Review MSI Prestige 13 AI EVO A1M: Laptop AI PC Super Tipis, Ringan, Kencang & Irit!

Bodi MSI Prestige 13 AI EVO A1M Form Factor Clamshell…
March 6, 2024 - 0

Review Axioo Hype 5 AMD: Laptop 5 Jutaan Sekencang & Selengkap Ini?

Bodi Form Factor Clamshell Material Polycarbonate Warna Blue Terlihat kalau…
March 5, 2024 - 0

Review ASUS Vivobook Pro 16X OLED K6604: Laptopnya Kreator Profesional!

Bodi dan Desain Form Factor Clamshell Material Aluminium untuk punggung…
February 6, 2024 - 0

Rekomendasi Laptop Premium dari HP – Mulai 10 Jutaan

Di Video rekomendasi kali ini, kami coba pilihkan untuk kalian…

Gaming

March 8, 2024 - 0

Game Fighting Hunter x Hunter Dipastikan 2D!

Gamer mana yang tidak bergembira mendengar bahwa akhirnya, anime /…
March 8, 2024 - 0

Command & Conquer: Generals Kini Tersedia di Steam!

Sepertinya sulit untuk membicarakan game RTS dengan elemen militer kental…
March 8, 2024 - 0

Overwatch 2 Kolaborasi dengan Cowboy Bebop, Hadirkan Trailer Keren!

Kolaborasi antara dua buah franchise yang hadir di media yang…
March 8, 2024 - 0

Kreator Dragon Ball – Akira Toriyama Meninggal Dunia

Hampir semua anak-anak Indonesia yang sempat tumbuh besar di era…