in: Games | April 1, 2011 | by: Pladidus Santoso

10 Judul Game Tersulit Sepanjang Masa

Game adalah media hiburan yang paling efektif untuk menghilangkan stress, setidaknya itu yang dipikirkan oleh orang awam terhadap industri kreatif ini. Pandangan bahwa game hanya fokus pada hal-hal yang menyenangkan dan tidak memerlukan kemampuan otak untuk memainkannya benar-benar harus diubah. Kenapa? Karena orang awam juga harus mengerti bahwa bagi gamer seperti kita, game adalah sebuah tantangan yang harus ditaklukkan. Apalah artinya sebuah tantangan tanpa hadirnya hal-hal yang membuat kita frustrasi terlebih dahulu. Game menyediakan itu semua.

Pernahkah Anda memainkan sebuah game yang justru menyerap semua energi kehidupan Anda begitu saja? Yang bukannya menghadirkan hiburan, tetapi emosi negatif seperti marah, kecewa, dan frustrasi? Setidaknya ada beberapa game yang berdampak begitu buruk bagi saya. Terkadang rasanya ingin memecahkan setiap keping CD atau melempar monitor keluar rumah ketika saya sama sekali tidak menemukan cara untuk menyelesaikan game-game ini. Tetapi rasa frustrasi seperti inilah yang mampu menghadirkan pengalaman bermain yang sesungguhnya.

Dari cukup banyak game yang sudah pernah saya mainkan, saya cukup bersyukur tidak menemukan lebih dari 50 game yang menimbulkan rasa frustrasi yang hebat. Karena kalau iya, tidak tertutup kemungkinan Anda akan menemukan saya di rumah sakit jiwa terdekat dengan diagnosa yang berat. Cukup dengan hiperbola yang ada, saya akan memberikan kepada Anda 10 game tersulit yang pernah saya mainkan. Apa saja 10 game tersebut?

10. Catherine


Jangan memberikan prejudice terhadap saya terlebih dahulu karena begitu sering memasukkan Catherine ke beberapa daftar yang pernah saya buat. Kita tidak sedang melihat keseksian karakter yang menjadi nilai jual game ini, namun keunikan permainan yang dihadirkan oleh Atlus. Pada dasarnya Catherine merupakan game puzzle yang dikemas dalam bentuk yang sangat menarik. Dating, misteri, pilihan moral, dan perselingkuhan dipadukan dalam game menyusun balok yang sulit.

Memainkan game ini di mode NORMAL saja sudah cukup membuat Anda pusing. Semua balok disusun secara acak dengan tujuan yang sederhana, Anda menggunakannya untuk mencapai pintu keluar di puncak. Percayalah, game ini memang terdengar gampang, tetapi ketika Anda mencobanya, Anda akan seringkali mengulang level yang sama terus-menerus hingga berjam-jam sebelum menemukan komposisi balok yang pas. Jika Anda tidak tahan dengan tekanan, Catherine akan membawa mimpi buruk.

9. Super Meat Boy


Anda mungkin jatuh cinta dengan karakter bertubuh merah yang menggemaskan ini, namun jika harus memainkannya di Super Meat Boy? Bersiaplah untuk mencapai frustrasi tingkat tinggi. Dalam game yang dirilis untuk XBOX Live Arcade ini, Anda berperan sebagai Meat Boy yang harus menyelamatkan pacarnya, Bandage girl, di setiap misi yang ada. Jangan berharap mudah, karena game ini menawarkan jebakan-jebakan yang tampak mustahil untuk diselesaikan. Tumpukan gergaji besi dan senjata berat akan berusaha menghancurkan tubuh Anda tanpa sisa. Jika Anda termasuk orang yang pantang menyerah, silakan coba game ini.

8.  Touhou


Saya jatuh cinta dengan game ini! Ini mungkin reaksi pertama yang Anda rasakan ketika pertama kali memainkan salah satu seri dari Touhou Project. Karakter dan Boss dengan desain khas anime dipadukan dengan soundtrack lagu yang keren memang membuat kita terbuai akan keindahannya. Namun ketika Anda berusaha menamatkan game shooter ini? Tunggu dulu, Touhou menyimpan tantangan yang akan menguras air mata Anda dengan cepat.

Untuk memainkan sebuah game shooter dua dimensi, gamer pasti dituntut untuk memiliki tingkat konsentrasi yang tinggi untuk menghindari setiap peluru yang datang ke karakter Anda. Untuk Touhou? Anda harus meningkatkan konsentrasi tersebut ke level yang jauh lebih tinggi lagi. Walaupun tembakan yang hadir tampak begitu berwarna, namun yakinlah bahwa setiap darinya cukup untuk membuat Anda hancur berkeping-keping. Bayangkan saja bagaimana caranya menghindari peluru tembakan yang tampak tidak menyisakan ruang kosong di layar. Ini masih mode normal. Ketika Anda menginjak tingkat kesulitan yang lebih tinggi? Bye-bye.

7. Microsoft Flight Simulator


Game harus menyenangkan. Tentu saja, saya sangat setuju dengan itu. Bagaimana jika ada game yang hadir tanpa menawarkan apapun yang berkaitan dengan kesenangan, dan hanya rasa frustrasi, apakah masih layak disebut sebagai sebuah game? Jika itu yang Anda cari, maka Anda harus mencoba memainkan Microsoft Flight Simulator.

Menyandang nama simulator, tentu saja Anda jangan berharap menerbangkan pesawat ala Ace Combat atau HAWX. Di simulator ini, Anda benar-benar berperan sebagai seorang pilot yang mengawaki pesawat komersil. Anda tentunya pasti pernah melihat panel-panel bertebaran di kokpit pesawat? Ya, itu yang harus Anda otak-atik dan atur untuk dapat menerbangkan pesawat yang Anda pimpin. Kesalahan sedikit dapat berakibat sangat fatal.

6.  Minesweeper


Solitaire mungkin menjadi game yang seringkali Anda mainkan ketika membutuhkan hiburan ringan di sela-sela kesibukan. Game wajib pengguna sistem operasi Windows tersebut memang membutuhkan sedikit strategi untuk menundukkannya, dan seringkali berhasil. Perasaan bahagia tersebut yang membuat Solitaire digemari. Tapi tahukah Anda bahwa Anda memiliki opsi untuk membuat hari jauh lebih buruk dengan hanya sebuah game “sederhana” dari Windows? Saran saya, mainkanlah Minesweeper.

Dalam minesweeper, Anda harus membuka area tanpa menyentuh sama sekali ranjau yang ada. Lokasi ranjau dapat dipantau dari setiap angka area yang terbuka. Angka tersebut menunjukkan jumlah ranjau yang terdapat di area 8 kotak di sekitarnya. Bagi saya? Angka ini sama sekali tidak berarti, karena seperti Rambo, saya seringkali tidak mengerti clue yang ada dan akhirnya memilih ranjau. Bedanya dengan Rambo? Saya tidak pernah menang di minesweeper.

Daftar Isi
Pages: 1 2
Tags: