in: Storage Devices | April 27, 2011 | by: Dimas Galih Windujati

Review NAS Buffalo LinkStation Quad 2TB: Banteng dengan Empat Hard Disk

Buffalo sudah lama terkenal dengan solusi mereka dalam menjawab permasalahan media penyimpanan eksternal. Nah, kali ini, kami mendapatkan kehormatan untuk me-review Network Attached Storage dari Buffalo. Terus terang, saat menerima paket ini kami cukup “keberatan” menerimanya.

Keberatan? Bukan karena kami menolak menerima NAS yang satu ini, lho! Malah kami sangat senang kedatangan barang baru dari Buffalo. Akan tetapi, bobot yang dimiliki NAS ini memang cukup berat. Setelah meneliti lebih dalam (membaca kemasannya), barulah kami tahu bahwa NAS ini sudah dilengkapi empat buah hard disk berukuran 500 GB per hard disk.

Buffalo menamakan NAS yang berisikan empat buah hard disk ini dengan nama Buffalo LinkStation Quad. Setiap hard disk ditempatkan di sebuah dock yang mudah untuk ditarik dan diganti saat terjadi sesuatu. Satu hal yang unik adalah cover bagian depan casing NAS ini dapat dibuka dengan mudah karena hanya dilekatkan dengan menggunakan magnet. Namun sayangnya, Buffalo sendiri meminta para penggunanya untuk selalu membuka cover depan tersebut agar alur pembuangan udara dari dalam casing NAS dapat keluar dengan baik.

Untuk mengganti hard disk-nya, Anda tinggal membuka kuncinya dan menarik dock-nya saat sudah terbuka. Saat pengguna NAS ini ingin menambahkan kapasitas, ada sebuah slot USB yang dapat digunakan untuk menancapkan sebuah hard disk eksternal atau USB flash disk.  Saat dioperasikan, ada lima buah LED yang menyala di sana sehingga pengguna tahu bahwa NAS dan keempat hard disk-nya bekerja dengan baik.

Satu hal yang harus diingat, saat Anda ingin NAS ini selalu dalam keadaan hidup, jangan taruh NAS dalam posisi Auto. Lihat gambar di atas. Selain itu, saat pertama kali Anda menggunakan NAS ini, langsung reset sistemnya ke factory default agar dapat berjalan dengan baik.

Daftar Isi
Pages: 1 2 3
Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES