in: Notebook / Laptop | April 28, 2011 | by: Bimanto

Efek Upgrade Memory Terhadap Intel HD 3000 untuk Bermain Game

Awal tahun ini, Intel akhirnya meluncurkan prosesor Sandy Bridge bagi perangkat mobile yang dilengkapi dengan graphics on prosesor, baik untuk Intel core i3, i5, maupun i7. Bagi perangkat mobile, tentunya ini sangatlah menarik karena Intel menjanjikan kinerja yang lebih tinggi serta daya tahan hidup yang lebih lama. Selain itu, graphics yang tertanam di dalam die prosesor memungkinkan perangkat mobile untuk memiliki kinerja yang tinggi sehingga mampu menjalankan game 3D dengan graphics Intel.

Satu hal yang mengelitik kami yang akhirnya membuat kami menulis artikel ini adalah mampukah kami melakukan upgrade sampai 8 GB? Dari rasa penasaran itu, kami coba untuk meng-upgrade memori di satu sistem mobile MSI GR620 yang menggunakan prosesor Intel i7 Sandy bridge dengan graphics Intel HD3000.

Kami membongkar lima baut bagian bawah dari notebook MSI GR620 dan menemukan dua slot memori DDR3 SODIMM sehingga kami hanya akan dapat meng-upgrade memori hingga 8 GB dengan konfigurasi 4GB x 2 keping. Memori DDR2 SODIMM yang terpasang sebelumnya adalah 2GB PC10600 dan kami akan menggantinya dengan 4GB PC10600 x 2 unit. Dari gambar di atas, Anda dapat melihat slot memori yang tersedia. Di bagian atas memori adalah prosesor Intel core i7 yang didinginkan dengan dua buah heatpipe berukuran besar yang disalurkan ke sebuah heatsink yang dilengkapi sebuah fan.

Kami akan melakukan tes penambahan memori ini mulai dari 2 GB, 4 GB dan 8 GB untuk melihat peningkatan kinerja yang dihasilkan baik oleh CPU maupun GPU. Seluruh tes akan melewati berbagai benchmark yang bertujuan untuk memperlihatkan peningkatan kinerja yang dapat dihasilkan ketika melakukan praktek upgrade memori. Untuk melihat spesifikasi platform nnotebook yang kami gunakan, Anda dapat melihat spesifikasi di bawah ini.

3DMark 2006

Ternyata, penambahan memori dapat meningkatkan kinerja graphics dengan cukup tinggi. Anda dapat melihat score 3DMark 2006 meningkat jauh ketika kami melakukan upgrade dari 4 GB ke 8 GB. Nilai tersebut hampir menyamai kinerja graphics kelas menengah dari NVIDIA atau Radeon.

3DMark Vantage

Hal tersebut terulang kembali. Nilai yang didapat dari upgrade memori DDR3 4 GB ke 8 GB memperlihatkan lonjakan kinerja yang tergolong tinggi sama seperti yang terjadi 3DMark 2006.

Daftar Isi
Pages: 1 2
Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES