in: Display - Games | April 20, 2011 | by: David Novan

Gaming Dengan TV Toshiba Regza 46WL700E 46 inch

Menentukan televisi untuk digunakan sebagai pasangan bermain game memang cukup sulit. Faktor yang paling berat tentunya masalah harga. Apakah televisi yang Anda beli nantinya akan sebanding dengan harganya? Lalu, bagaimana bila nantinya ternyata ia memiliki kekurangan ketika memainkan game terbaru? Sebagai seorang gamer, kepuasan bermain dan kenyamanan tampilan merupakan prioritas pertama. Televisi berkaliber berat seperti ini tidak bisa ditukar dengan mudah! Oleh karena itu, artikel ini mencoba membantu Anda untuk memilih televisi baru demi bermain game. Anda dapat menemukan beberapa penilaian mengenai Toshiba Regza 46WL700E 46 inch ketika memainkan game terbaru dari berbagai platform.

Mulanya, Anda akan menemukan beberapa penilaian ketika televisi ini memainkan game dari console populer, seperti PlayStation 3, Xbox 360, dan Nintendo Wii. Kemudian, artikel ini akan menilai performa televisi ketika memainkan game terbaru di PC. Anda juga dapat menemukan bagian yang membahas mengenai kemampuan memainkan game menggunakan feature 3D. Feature ini merupakan keunggulan yang besar dari Toshiba Regza 46WL700E. Apakah tampilan 3D pada televisi ini dapat meningkatkan pengalaman bermain atau malahan membuat Anda tidak nyaman? Temukan semuanya di dalam artikel ini.

Bigger is Better?

Ukuran menentukan segalanya. Setidaknya itulah yang diyakini beberapa kalangan pengguna televisi. Semakin besar ukuran televisi, pengalaman menonton tentunya akan semakin dahsyat pula. Apakah pendapat ini masih dapat diterapkan untuk gamer? Harus diakui, bermain di layar berukuran besar memang mengasyikkan! Musuh yang harus ditembak menjadi lebih jelas dan rintangan yang biasanya terlalu kecil untuk ditampilkan ketika bermain balapan juga terlihat dengan mudah. Jadi, apakah besar itu lebih baik? Pastinya!

Namun, televisi yang digunakan untuk gaming tidak hanya terbatas pada ukurannya saja. Anda juga harus melihat kualitas gambarnya. Nah, apakah kualitas Toshiba Regza 46WL700E memadai untuk memainkan game terbaru? Pertama, televisi ini dicoba untuk memainkan game console next-gen, seperti PlayStation 3, Xbox 360, dan Nintendo Wii. Pada PlayStation 3 dan Xbox 360, resolusi tampilan dapat dimaksimalkan hingga 1080p. Sedangkan pada Nintendo Wii yang tidak mendukung resolusi berukuran besar, ia hanya bisa menjalankan kurang dari setengahnya resolusi maksimal televisi saja. Padahal, Wii tersebut telah menggunakan kabel component khusus Wii.

Kacamata 3D untuk pengalaman baru bermain game.

Kualitas tampilan ketika memainkan PlayStation 3 dan Xbox 360 terlihat bagus dan pinggiran yang kasar tidak terlalu banyak terlihat. Bila dilihat dari sisi warna, televisi ini menggunakan warna yang cukup natural. Ketika profil warna dipilih ke Game, televisi ini meredupkan kontrasnya dan harus diakui cukup menganggu di beberapa tempat. Ketika berada di tempat yang sedikit gelap saja, mata Anda akan sangat sulit membedakan garis luar karakter yang dimainkan. Seakan karakter Anda hilang di dalam kegelapan. Padahal, seharusnya Anda masih dapat melihatnya.

Apakah masalah ini juga terjadi di console lain, seperti Wii? Ternyata, masalah ini malah semakin parah. Setelah pengaturan kontras dan cahaya pada televisi diatur sedemikian rupa, tingkat kegelapannya baru dapat ditoleransi mata. Lalu, bagaimana dengan kualitas tampilan pada Wii? Seperti yang mungkin telah Anda kira, kualitasnya tidak begitu baik. Keterbatasan kemampuan Wii dalam proses resolusi gambar terlihat jelas di televisi dengan ukuran yang besar. Bagaimana dengan warnanya? Untungnya, warna pada Wii menjadi lebih jelas terlihat dan kejernihan gambar juga meningkat.

Nah, sekarang beralih ke kemampuan televisi ini untuk menjalankan gambar dengan kecepatan tinggi. Kebanyakan game masa kini menggunakan efek blur untuk menyembunyikan tearing ketika layar permainan bergerak dengan cepat. Oleh karena itu, televisi ini banyak tertolong ketika diminta untuk menghasilkan gambar dengan kecepatan tinggi. Apakah hal ini juga terjadi pada game PC? Ternyata, Anda harus menggunakan bantuan VSync untuk memuluskan tampilan tersebut. Mengapa bisa berbeda dengan console?

Perlu sedikit pengaturan untuk membuat game tidak terlalu gelap.

Pada dasarnya, kualitas tampilan game pada PC zaman sekarang dapat lebih tinggi dibandingkan console. Teknologi tampilan yang meningkat jauh dan selalu di-update pada PC membuat televisi ini harus bekerja lebih keras untuk membuktikan kemampuannya. Ketika televisi ini menjalankan game terbaru, seperti Crysis 2, NFS Shift 2, Shogun 2 Total War, Dragon Age II, dan The Sims Medieval, beberapa kekurangan masih dapat ditemukan. Ketika VSync dan beberapa efek tampilan dinyalakan, screen tearing memang menjadi lebih baik. Namun, masalah bagian gelap yang berlebihan masih timbul di banyak kesempatan.

Pengalaman Gaming Dengan 3D

Efek tampilan 3D bukan hanya dominasi film layar lebar saja. Teknologi tersebut kini menjadi daerah jajahan baru untuk televisi layar lebar. Begitu juga dengan televisi ini. Anda dapat menemukan kacamata khusus yang sensornya terintegrasi langsung dengan televisi. Jadi, Anda tidak perlu memasang sensor tambahan di dekat televisi untuk mengaktifkan kacamata. Untuk mencoba efek ini, beberapa game yang mendukung 3D dimainkan, seperti Crysis 2, Gran Turismo 5, dan Killzone 3.

Tampilan 3D pada Gran Turismo 5 dan Killzone 3 bisa digolongkan cukup baik. Namun, Killzone 3 memiliki tampilan 3D yang jauh lebih baik dan kedalaman ruang yang lebih nyaman di mata. Anda juga disarankan untuk bermain di ruangan yang agak gelap, karena permukaan layar televisi ini sangat reflektif (memantul) sekali. Pantulan cahaya dan benda di belakang Anda akan membuat mata menjadi cepat lelah. Apalagi ketika Anda sedang menggunakan tampilan 3D.

Bagaimana dengan Crysis 2? Efek 3D pada game ini dapat dibilang spesial. Pasalnya, Anda dapat menggunakan feature 3D baru yang bernama Flip Eyes. Pada mode ini, ruang 3D yang biasanya masuk ke dalam televisi diubah menjadi keluar televisi! Efek yang keren ini untungnya dapat dijalankan dengan baik pada televisi ini. Namun, pengguna yang memiliki toleransi rendah terhadap efek 3D sebaiknya menghindari feature ini. Mata Anda akan dipaksa lebih keras pada Flip Eyes dan untuk beberapa orang dapat membuat mual.

Butuh jarak yang cukup besar untuk menggunakan televisi ini di PC.

Kesimpulan

Toshiba Regza 46WL700E merupakan televisi berukuran 46 inch yang enak digunakan untuk bermain game. Selain warna dan kualitas gambarnya yang baik, Anda juga dapat menikmati aksi yang cepat tanpa mengalami screen tearing yang parah. Kualitas kontras cahaya pada televisi ini sebaiknya Anda atur sedikit karena preset Game-nya membuat layar menjadi gelap. Saking gelapnya hingga membuat daerah dalam game dengan sedikit cahaya menjadi gelap total. Secara keseluruhan, televisi ini adalah media bermain game yang menyenangkan. Tentu saja bila Anda dapat merogoh kantong cukup dalam untuk membeli televisi ini.

Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES