in: News | April 4, 2011 | by: Ernest Dimitria

Gmail Motion: Lelucon Atau Feature Nyata di Masa Depan?

Untuk meramaikan perayaan April Mop tanggal 1 April lalu, Google mem-posting beberapa video lelucon. Dalam video-video tersebut, Google seakan-akan mengiklankan berbagai feature baru mereka yang sebenarnya tidak ada. Salah satunya adalah Gmail Motion, sebuah feature penulisan dan pengiriman e-mail dengan menggunakan gerakan tubuh. Feature ini menggunakan kamera komputer untuk menangkap setiap gerakan tubuh pengguna dan sebuah software akan mengubahnya ke dalam kata-kata atau perintah. Pada saat saya menonton video tersebut, saya langsung teringat akan Kinect.

Memang sudah cukup lama pihak Microsoft mengundang para peneliti untuk membajak perangkat Kinect. Hal ini mereka lakukan untuk menunjukkan potensi maksimal perangkat kontrol gerak yang fenomenal tersebut. Tim peneliti dari USC Institute for Creative Technologies sebelumnya pernah menjadikan Kinect sebagai kontroler World of Warcraft. Sekarang mereka mengubah lelucon Gmail Motion menjadi kenyataan. Untuk melakukan ini, para peneliti membuat sebuah software yang dinamakan Flexible Action and Articulated Toolkit (FAAST).

Berbeda dengan video dari Google yang menunjukkan penggunaan kamera komputer untuk membaca gerakan pengguna, para tim peneliti menggunakan kemampuan perangkat Kinect. Mereka pun mem-post sebuah video demonstrasi penggunaannya. Karena video demonstrasi tersebut kurang jelas, saya sendiri meragukan kebenarannya. Namun, bayangkan jika feature ini benar-benar dapat diaplikasikan. Semua pegawai di kantor akan berdiri di depan komputernya dan mulai menari-nari hanya untuk mengirimkan sebuah email. Situasi membosankan dan kurang olahraga tidak akan ditemui lagi di tempat pekerjaan.

Source: Engadget

Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES