in: Movies | April 8, 2011 | by: Lucky Natalia

I am Number Four: Perjuangan Hidup si Nomor Empat

Beberapa tahun belakangan, film-film Hollywood yang ada merupakan hasil adaptasi dari novel, karakter komik, kisah klasik, dan lain sebagainya. Salah satu film yang sukses di pasaran adalah Twilight Saga, kisah percintaan vampire dengan manusia, yang membuat nama Robbert Pattinson dan Kristen Stewart melambung dan menjadi pujaan remaja dunia.

Kesuksesan Twilight inilah mungkin yang ingin diraih juga oleh D.J. Caruso dan Michael Bay dengan mengadaptasi sebuah novel sci-fi karya Pittacus Lore (sebuah pseudonym yang digunakan oleh James Frey dan Jobie Hughes) berjudul I am Number Four. Novel ini bercerita mengenai kehidupan alien dari Planet Lorien yang mengalami kehancuran akibat perang saudara. Delapan anak dari planet tersebut “dilarikan” ke bumi bersama masing-masing satu Guardian/Warrior.

John Smith (Alex Pettyfer) adalah salah satu dari delapan anak yang berhasil selamat dan bersembunyi di bumi. Bersama penjaganya, Henri (Timothy Olyphant), John hidup berpindah dari satu kota ke kota lainnya untuk menghindari kejaran ras penyerang, Mogadorians. Tiga dari delapan remaja tersebut telah terbunuh, giliran selanjutnya adalah si nomor empat, yaitu John.

Kondisi tersebut membuat Henry terpaksa membawa John ke tempat baru dan melarangnya bersosialisasi. Walau begitu, John memaksa pergi ke sekolah. Di sana, ia berkenalan dengan fotografer cantik, Sarah Hart (Dianna Agron) dan Sam Goode (Callan McAuliffe). Di sinilah John mulai mendapatkan kekuatannya sebagai seorang Lorien. Siapkah John menghadapi para Mogadorians yang semakin dekat dengan tempat persembunyiannya?

Sci-fi dan Michael Bay, apa yang bisa Anda simpulkan? Efek yang canggih dan memukau? Tentu saja! Film ini memiliki daya tarik dari segi visual efeknya yang cukup menarik. Anda akan disuguhi adegan-adegan action yang penuh dengan efek yang memanjakan mata. Para pencinta sci-fi mungkin akan terhibur dengan film ini.

Sayangnya, sama seperti kebanyakan film adaptasi novel, film ini memiliki kedalaman cerita yang minim. Ada beberapa adegan yang “berlubang” yang membuat penontonnya bertanya-tanya; beberapa hal dibiarkan berlalu tanpa penjelasan. Dari segi akting, tidak banyak hal yang bisa kami katakan karena hampir keseluruhan pemainnya memiliki kualitas akting yang  pas-pasan—bahkan kisah asmara yang ditunjukkan antara John dan Sarah, yang juga terjadi di kehidupan nyata, juga tidak memberikan greget yang berarti.

Tanggal rilis:
18 Februari 2011 (USA)
Genre:
Sci-fi
Durasi:
109 menit
Sutradara:
D. J. Caruso
Pemain:
Alex Pettyfer, Timothy Olyphant, Dianna Agron, Kevin Durand, Teresa Palmer, Callan McAuliffe, Jake Abel
Studio:
DreamWorks SKG, Bay Films

Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES