in: News | April 7, 2011 | by: Oik Yusuf Araya

Intel Rilis Seri Prosesor Xeon Terbaru

Dua seri prosesor Intel Xeon, yaitu E3 dan E7, telah resmi diluncurkan. Kedua seri tersebut merupakan jajaran baru prosesor Xeon dari Intel yang ditujukan untuk dua kebutuhan berbeda. Seri E3 diperuntukkan bagi computer kelas entry-level server dan workstation, sementara seri E7 akan mengisi kebutuhan pasar Enterprise Data Center. Intel mengimplementasikan beberapa feature tambahan pada Xeon E3 dan E7, seperti kemampuan manajemen daya yang lebih efisien serta instruksi AES-NI untuk akselerasi enkripsi.

Dalam sesi interview telewicara dengan Jagat Review, Rabu (6/4) kemarin, di kantor Indopacific Edelman, Nick Knupffer, Marketing Program Manager Intel Data Centre Group APAC, mengatakan bahwa Xeon seri E3 dan E7 memiliki kelebihan dibanding pendahulunya berupa kinerja yang lebih tinggi dan konsumsi daya yang rendah. Knupffer juga menegaskan bahwa kedua seri prosesor Xeon terbaru ini akan didukung oleh pemain-pemain besar di industri komputer dan komunikasi. Beberapa nama yang baru bergabung termasuk Cray supercomputer dan Huawei.

Sebanyak 6 hingga 10 core tertanam di tiap prosesor Intel Xeon seri E7 yang dibuat dengan proses fabrikasi 32 nm, ditambah dengan teknologi Hyperthreading yang memperbanyak jumlah logical thread sebanyak dua kali jumlah core fisik. Seri prosesor dengan codename “Westmere-EX” ini memiliki rating TDP sebesar 95, 105, dan 130 watt, serta dilengkapi dengan chip buffering memori Millbrook 2 di motherboard. Kapasitas memori yang didukung mencapai 2 TB. Daftar model yang tersedia dapat dilihat pada table di bawah.

*sumber: www.intel.com
Seri E3 yang dibangun berdasarkan arsitektur yang serupa dengan seri prosesor Sandy Bidge di pasar desktop memiliki graphics on-CPU terintegrasi. Menurut Knupffer, seri prosesor Xeon E3 akan didampingi oleh motherboard baru dengan chipset Intel C200. Untuk membedakan dengan seri desktop, grafis terintegrasi pada prosesor Xeon E3 dioptimalisasi untuk penggunan workstation. Dukungan memori ECC DDR3 juga ditambahkan. Model-model Xeon seri E3 yang tersedia dapat diketahui dari table di bawah.


*sumber: www.intel.com

Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES