in: News | April 20, 2011 | by: Pramanaya Tjokronegoro

Jadikan iPad Sebagai eBook Reader

Salah satu kegunaan utama tablet atau PDA (Personal Digital Assistant) adalah sebagai e-book reader. Fungsi ini sudah tersedia bahkan pada PDA generasi pertama belasan tahun lalu. Namun, ternyata mendayagunakan iPad, sebuah perangkat tablet buatan Apple, menjadi e-book reader tidak mudah.

Kesulitan pertama adalah banyaknya format buku dan majalah yang tersedia saat ini. Tidak semua aplikasi dapat membuka semua format file buku. Beberapa format buku seperti CHM bahkan memerlukan aplikasi khusus.

Kesulitan kedua adalah minimnya panduan dari Apple sendiri. Dalam pake penjualan iPad, tidak tersedia buku panduan baik hardcopy maupun softcopy. Lebih menyulitkan lagi, semua pertukaran data dengan iPad diharuskan melalui aplikasi Apple iTunes, yang juga tak kalah rumit.

Melalui artikle ini, kami akan memaparkan beberapa langkah singkat untuk dengan cepat mengembangkan pustaka digital Anda.

Tipe File dan Aplikasi

PDF dan EPUB

EPUB adalah tipe file e-book yang paling populer saat ini. Format ini termasuk baru, diluncurkan di akhir 2007, dan ditujukan sebagai format tunggal distribusi e-book. Sebelum adanya EPUB, biasanya penjual e-book menawarkan tiga sampai lima format file yang harus disesuaikan dengan aplikasi pembacanya.

EPUB dalam iBooks.

PDF tentu tak kalah populer. Format ini telah menjadi format standar dokumen digital untuk puluhan tahun. Untuk membuka kedua tipe file ini, Anda dapat menggunakan aplikasi iBooks. Aplikasi ini merupakan aplikasi milik Apple, tetapi anehnya tidak secara default terinstall pada iPad sehingga Anda perlu mengunduhnya dari App Store.

File PDF dalam iBooks.

iBooks adalah aplikasi yang sangat baik dengan banyak feature menarik. Ada animasi membalik halaman, thumbnail halaman, pengaturan collections, dan banyak lagi. Satu-satunya kelemahan iBooks adalah book storenya. Store iBooks tak dapat dipakai oleh user dari Indonesia, sehingga iBooks hanya berguna untuk membaca majalah atau buku yang sudah Anda miliki. Jika Anda ingin membeli buku atau majalah, lebih baik menggunakan aplikasi Kobo.

e-Book store dalam Kobo.

Kobo adalah aplikasi ebook reader yang mungkin lebih baik lagi dari iBooks. E-book store Kobo memiliki koleksi jutaan buku dan majalah, 1,8 juta di antaranya cuma-cuma. Melalui Kobo, Anda bahkan dapat berlangganan koran.

Badge achievement dalam Kobo.
Statistik visual aktivitas membaca dalam Kobo.
Koran New York Times dalam Kobo.
Jejaring sosial dalam Kobo.

Lanjutkan ke halaman berikutnya untuk membaca tentang komik, majalah interaktif, dan majalah lokal.

Daftar Isi
Pages: 1 2 3
Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES