in: News | April 5, 2011 | by: Ernest Dimitria

Nikon D5100: DSLR Dengan Teknologi HDR dan Layar Putar

Nikon mengumumkan peluncuran kamera DSLR D5100 yang dilengkapi dengan lensa beresolusi 16.2 megapixel dan sensor CMOS DX-format yang diklaim mampu mengambil foto dengan ketajaman serta kejernihan yang luar biasa. Ditambah dengan image processing engine EXPEED2 milik Nikon dan teknologi HDR (High Dynamic Range), ketajaman warna, kontras, dan akurasi exposure akan tampak pada hasil foto. Prosesor gambar ini juga membantu menghasilkan kecepatan autofocus yang tinggi untuk memastikan kejernihan setiap hasil foto, bahkan pada saat diambil dalam keadaan bergerak.

Nikon menyediakan model Special Effects pada kamera D5100. Model ini membantu para fotografer untuk memaksimalkan kreativitasnya tanpa perlu memproses ulang gambar dengan menggunakan software tambahan pada komputer. Salah satu efek yang cukup menarik adalah Selective Color. Melalui efek ini, pengguna dapat memilih hingga tiga warna yang ingin dimunculkan dalam satu gambar, sedangkan warna lainnya diubah menjadi monokrom. Untuk menghasilkan foto dan stop motion movie yang menyerupai gambar sketsa penuh warna, pengguna hanya perlu memilih efek Color Sketch. Kemudian ada efek Miniature yang dapat menghasilkan foto dan video dengan nuansa pemandangan mini-scale. Pengambilan foto dan video dalam kondisi pencahayaan yang kurang tidak menjadi masalah dengan hadirnya model Night Vision pada D5100. Model ini menunjukkan performa yang setara dengan Nikon pro DSLR yang memampukan pengguna untuk mengambil foto dengan tingkat ISO 102,400.

Pengguna Nikon D5100 dapat mengeksplor kreativitasnya dengan menggunakan model full manual yang memberikan fleksibilitas pemilihan tingkat aperture dan kecepatan shutter. Walaupun menggunakan model full manual, setiap foto yang dihasilkan dapat diedit ulang oleh pengguna langsung dari kamera. Penambahan efek warna dan filter, serta mengurangi efek red eye tidak perlu dilakukan di komputer. Feature Active D-lighting pada kamera ini membantu menghasilkan foto dengan tingkat exposure yang seimbang pada saat subjek berdiri membelakangi sumber cahaya.

Nikon D5100 dapat merekam video beresolusi 1080p full HD dengan full-time autofocus, kontrol manual exposure, dan pilihan kecepatan pada 24fps atau 30fps. Pengguna dapat mengubah fokus pengambilan video dengan pilihan autofocus yang bervariasi, seperti face priority yang dapat memusatkan fokus lensa hingga 35 wajah subjek, subject-tracking, dan normal atau wide-area autofocus. Selain, format 1080p full HD, kamera ini dapat merekam video beresolusi 720p. Sama seperti hasil foto, hasil video pun dapat diedit langsung pada kamera.

Pengambilan gambar dan video dari sudut pandang yang menantang dapat terbantu dengan layar 3” LCD beresolusi 921k dot pada kamera D5100. Posisi dan kemiringan layar ini dapat diatur sesuai dengan keinginan pengguna, sehingga menambah fleksibilitas dari alternatif sudut pengambilan gambar. Ditambah dengan microphone ME-1 sebagai aksesoris untuk membantu merekam suara pada saat pengambilan video, kamera ini cocok digunakan oleh para pembuat video maupun wartawan. Nikon D5100 dibanderol dengan harga US$799.95 untuk kameranya saja dan US$899.95 untuk kamera dan lensa AF-S DX Zoom-NIKKOR 18-55mm. Microphone Nikon ME-1 dijual dengan harga US$179.95.

Source: Nikon

Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES