in: Games | April 26, 2011 | by: Pladidus Santoso

NostalGame: Crash Team Racing

Sebutkan salah satu game fun racing yang paling membekas di ingatan kita, yang benar-benar membuat mata tidak berpaling dari televisi dalam waktu yang cukup lama. Hingga saat ini, memang jarang kita menemukan game racing yang mampu menawarkan hal itu, bahkan dapat dihitung dengan jari mereka yang dapat dikategorikan berhasil dan sukses karenanya. Anda mungkin akan menyebut beberapa nama familiar seperti Mario Kart atau mungkin Chocobo Racing. Akan tetapi, jika kita mengingat kembali, bukankah ada sebuah game bernama Crash Team Racing? Oh yeah, kita akan membicarakan salah satu game paling menyenangkan yang pernah ada.

Crash Team Racing memang merupakan game populer di masa kejayaan Playstation dulu. Hampir semua gamer Playstation di masa itu pernah memainkan game yang diadaptasikan dari game platformer – Crash Bandicoot ini. Bagaimana tidak, dengan mengusung sistem permainan yang berfokus pada balap, CTR juga memberikan kesempatan bagi para gamer untuk “menghalalkan semua cara” demi sebuah kemenangan. Senjata-senjata keren dan destruktif sudah dihadirkan untuk sekedar membuat Anda merasa seperti penguasa jalanan , atau teman Anda merasa frustrasi.

Saya masih ingat betul bagaimana CTR menjadi game kompetisi yang menyenangkan selain Winning Eleven dan Bishi Bashi di kala itu. Setiap kali pulang sekolah, dan teman-teman memutuskan untuk menjadikan rumah saya sebagai markas berkumpul – CTR adalah awal yang baik untuk membangun suasana yang santai. Sudah dipastikan tertawa akan menjadi akibat utama jika memainkan game ini. Apalagi jika jebakan Nitro yang dipasang dengan “cerdas” mulai memakan korban.

Lahir dari tangan dingin Naughty Dogs, tidak ada yang meragukan bagaiamana game ini selalu mampu menghadirkan suasana permainan yang menyenangkan ke dalam ruangan. Tidak jauh berbeda dengan Bishi Bashi Special yang fenomenal, CTR adalah salah satu game yang wajib dimainkan bersama teman. Tidak hanya mode balapannya saja yang selalu memompa adrenalin dengan kecepatan tinggi, namun hampir semua mode multiplayernya hadir dengan kesempurnaan. Luar biasa. Mari kita naik ke kapsul waktu dan sedikit bernostalgia tentang game ini!

Plot

Plot yang dihadirkan memang tidak jauh berbeda dibandingkan dengan game Crash Bandicoot versi platformer. Masih berfokus pada cerita klasik, pertarungan antara baik dan jahat, upaya Crash Bandicoot mencegah setiap niat jahat dari Dr. Neo Cortex. Semua Boss yang biasa Anda temui di dunia Crash dimunculkan kembali di game ini, berusaha mencegah kita untuk mencapai tujuan tersebut. Tentu saja, kini mereka semua duduk di atas kendaraan dan dibekali dengan senjata-senjata dahsyat.

Apa yang Saya Sukai Dari Crash Team Racing?

CTR memang game yang sangat menyenangkan. Namun selalu ada bagian-bagian yang membuat Anda jatuh cinta dengannya. Bagian-bagian yang membuat Anda tidak dapat melepas game ini begitu saja, dan membuat setiap pengalamannya terbakar jelas di otak.

Nitro

Orang mungkin memilih begitu banyak senjata yang mereka senangi di game ini, dari rudal pencari panas hingga sang bola listrik yang menghancurkan siapa saja yang berada di barisan paling depan. Bagi saya hanya satu senjata yang paling menarik untuk diperhatikan, yakni Nitro. Bagi yang pernah memainkan game ini pasti mengerti, bagaimana kepuasan yang dihasilkan jika perangkap “busuk” kita ini berhasil membuat lawan hancur.

Salah satu strategi favorit saya untuk memastikan Nitro bekerja dengan sempurna adalah dengan meletakkannya tepat di belakang kotak senjata. Jika beruntung, Anda bahkan dapat menghilangkan sang kotak senjata untuk “re-spawn” dan tetap berbentuk Nitro. Alasan mengapa saya mencintai Nitro? Bukan karena kekuatannya yang destruktif, tetapi lebih kepada sensasi yang dihasilkannya. Nitro membutuhkan strategi, pengetahuan tentang track, dan yang pastinya ketepatan. Lebih sulit untuk dilakukan, lebih menyenangkan hasilnya.

Multiplayer yang Fun


Tidak ada yang lebih menyenangkan daripada memainkan CTR bersama dengan teman yang lain. Inti dari fun racing seperti ini tentu saja adalah pengalaman multiplayer yang maksimal, seperti yang ditawarkan oleh CTR ini. Ada dua mode permainan yang seringkali saya mainkan, yakni race dan battle. Di Race, Anda tetap berfokus pada tujuan untuk memenangi balapan dengan segala cara. Sedangkan Battle, kita dituntut mengumpulkan poin sebanyak mungkin dengan cara menyerang lawan. Favorit saya? Of course Battle!

Yang menariknya lagi, di Battle Mode, kita bisa melakukan setting senjata apa saja yang diperbolehkan untuk masuk dalam pertarungan dan yang mana yang tidak. Saya sendiri paling menyenangi pertarungan all-bomb atau all-nitro. Dengan memainkan battle mode dengan hanya bomb atau nitro, pertarungan akan benar-benar memacu adrenalin. Kita tidak lagi berharap menang dari sekedar keberuntungan senjata yang didapatkan, tapi berfokus pada skill menghindari tembakan, memasang jebakan dengan efektif, dan tentu saja sudut melempar bomb.

Jalan Pintas


Pernahkah Anda bertanya-tanya, bagaimana caranya teman Anda memenangkan sebuah pertarungan race dengan mudahnya? Itulah yang sempat saya rasakan ketika memainkan CTR. Keterbatasan keinginan untuk melakukan eksplorasi lebih jauh di setiap level membuat saya mudah dibodohi oleh teman yang lain. Menggunakan segala macam trik kecepatan pun tidak akan membuat saya lebih dekat, sedikitpun. Apa rahasianya? Tentu saja sebuah jalan pintas.

Pada awalnya saya begitu heran mengapa saya seringkali kalah melawan teman yang lain. Sepertinya mereka dapat tiba di garis finish dengan mudahnya. Ketika mobil saya berada tepat di belakang, dan rudal aktif yang siap mengejar sudah disiapkan, saya memutuskan untuk melakukan tembakan. Muncul senyum iblis membayangkan mobilnya akan berhenti untuk sementara, but suddenly, ia berbelok ke jalan yang selama ini tidak pernah saya ketahui. “What the..#@!!”. Melihat wajahnya yang saat itu hanya senyum-senyum mesum, ingin sekali menghajarnya di muka. Back to topic, itulah awal dimana saya berusaha mencari jalan pintas yang paling efektif. Sayangnya setelah lama tidak memainkannya, ingatan untuk itu sepertinya sudah hilang begitu saja.

Karakter yang Bervariasi


Salah satu kekuatan CTR adalah kemampuannya untuk menghadirkan variasi karakter yang lengkap di dalam game ini. Hampir semua karakter yang pernah Anda temui di versi platformnya, termasuk bos-bos menyebalkan juga dihadirkan di sini. Karakteristik ini juga diperkuat dengan kemampuan mobil yang berbeda satu dengan yang lainnya. Ada yang lebih mengandalkan kecepatan, ada yang seimbang, dan ada yang jauh lebih mudah untuk melakukan belokan. CTR tidak akan menjadi sebuah CTR tanpa kehadiran karakter-karakter ini.

Daftar Isi
Pages: 1 2
Tags:

Share This: