Nostalgame: Star Ocean The Second Story

Author
David Novan
Reading time:
April 18, 2011

Nama Star Ocean seahrusnya mendapatkan tempat yang spesial di ingatan para gamer Role Playing Game Jepang (JRPG). Seri game ini memulai debutnya dengan dirilisnya Star Ocean: Fantastic Space Odyssey tahun 1996 di console Super Famicom. Kemudian, seri game ini berkembang lebih lanjut dengan dirilisnya Star Ocean: The Second Story (PlayStation, 1999), Star Ocean: Till The End of Time (PlayStation 2, 2003), dan Star Ocean: The Last Hope (Xbox 360 dan PlayStation 3, 2009). Hampir semua seri Star Ocean dibuat versi bahasa Inggrisnya, kecuali satu, yaitu Star Ocean: Fantastic Space Odyssey. Game ini tidak dirilis versi bahasa Inggrisnya karena pihak publisher Enix menutup cabangnya di Amerika. Untungnya, Anda dapat menikmati game Star Ocean pertama ini di remake-nya di PlayStation Portable berjudul Star Ocean: First Departure.

nostalgame star ocean the second story 001

Lalu, apa lagi yang membuat game ini wajib diingat? Tentu saja tema dan bentuk permainannya yang menyenangkan untuk dimainkan dalam waktu sangat lama. Bayangkan Anda memainkan petualangan angkasa luar ala Star Trek dalam bentuk JRPG! Saat itu, Star Trek merupakan film sains fiksi petualangan luar angkasa yang sangat terkenal. Siapa sih yang tidak mau bertualang di tapal batas terakhir umat manusia yang masih penuh misteri hingga saat ini walaupun hal itu hanya terbatas di dalam game saja?

nostalgame star ocean the second story 002

Space, The Final Frontier

Game ini tergolong unik di masanya dan hal itu bukan hanya disebabkan tema ceritanya saja. Di game ini, Anda dapat memilih dan memainkan salah satu dari dua karakter, yaitu Claude C. Kenny (pria) dan Rena Lanford (wanita). Pilihan Anda akan memengaruhi jalannya cerita dan event yang akan ditemui sepanjang permainan. Bahkan, hal ini juga yang menjadi salah satu penilaian varian ending yang akan Anda temui nantinya. Nah, varian ending ini juga menjadi daya tarik utama game ini. Anda mungkin pernah memainkan game ini, tetapi apakah Anda telah berhasil mendapatkan semua ending tersebut? Bisakah Anda menebak berapa banyak varian ending di game ini?

nostalgame star ocean the second story 003

Berapa tebakan Anda? Apakah dua, lima, sepuluh, atau bahkan dua puluh? Ternyata, game ini memiliki kejutan yang sangat luar biasa untuk jumlah ending yang bisa Anda temukan. Angka pastinya adalah 86 variasi ending! Selain ending yang bisa Anda dapatkan dari setiap karakter, persilangan dua karakter yang berhasil Anda rekrut akan menghasilkan ending baru. Begitu juga dengan ending yang hanya bisa didapatkan setelah Anda memiliki dua karakter spesifik dalam party. Untuk mendapatkan ending tersebut, Anda harus menjalankan event khusus yang bernama Private Action ketika ingin memasuki kota. Karakter yang Anda bawa dan yang ditinggal juga memengaruhi event apa yang akan ditemui. Sangat kompleks untuk game Playstation!

nostalgame star ocean the second story 004

Ceritanya juga tergolong menarik untuk diikuti. Claude dan Rena merupakan dua karakter yang berasal dari planet yang berbeda. Pertemuan mereka disebabkan kecerobohan (atau takdir?) Claude yang merupakan Ensign dari penjelajah luar angkasa ras manusia. Kecerobohan itu dibayar dengan terlemparnya Claude melalui teleportasi ke planet Expel, salah satu planet dengan teknologi rendah yang juga merupakan tempat tinggal Rena. Ternyata, Claude kembali membuat kesalahan dengan menggunakan senjata lasernya untuk menyelamatkan Rena yang diserang monster. Padahal, Claude terikat peraturan UP3 (Underdeveloped Planet Preservation Pact) yang menyatakan dia tidak boleh menggunakan teknologi canggih di hadapan penduduk asli planet tersebut.

nostalgame star ocean the second story 005

Ternyata, aksi Claude tersebut mirip dengan sebuah ramalan kuno planet Expel. Ramalan tersebut menyatakan seorang pahlawan dengan baju yang aneh dan bersenjatakan “pedang sinar” akan menyelamatkan Expel di saat krisis. Sialnya lagi bagi Claude, saat itu Expel sedang ditimpa bencana besar akibat jatuhnya meteor yang diberi nama “Sorcery Globe”. Meteor tersebut mengakibatkan monster bermunculan dan bencana alam sering terjadi. Akhirnya, Claude memutuskan untuk menyelidiki meteor tersebut demi mencari cara untuk kembali bertemu tim ekspedisinya. Sepanjang perjalanan, Rena dan Claude bertemu dengan banyak teman baru dan di antaranya berasal dari planet selain Expel, yaitu Ashton Anchors, Celine Jules, Dias Flac, Opera Vectra, Ernest Raviede, Leon D.S. Gehste, Bowman Jeane, Precis F. Neumann, Noel Chandler, dan Chisato Madison.

nostalgame star ocean the second story 006

Karakter yang dapat direkrut tidak selalu akan mengikuti petualangan Anda. Bila Anda telah memiliki karakter tertentu dalam party, ada karakter lain yang tidak dapat direkrut. Contohnya, bila Anda merekrut Ashton, Opera tidak dapat direkrut. Bila Anda tidak dapat merekrut Opera, Ernest juga secara otomatis tidak dapat direkrut karena Anda membutuhkan Opera untuk merekrutnya. Oleh karena itu, Anda tidak akan mendapatkan semua ending dengan hanya dengan sekali main saja. Apalagi, game ini tergolong memiliki cerita yang panjang. Setidaknya Anda membutuhkan sembilan hingga sepuluh kali mengulang cerita untuk mendapatkan semua ending tersebut!

nostalgame star ocean the second story 007
Load Comments

Gadget

March 5, 2024 - 0

Review vivo V30: Lebih Murah, Lebih Kencang dan Irit dengan Snapdragon + 3 Kamera 50 MP

vivo V30 , smartphone ini juga dibawa vivo hadir resmi…
March 5, 2024 - 0

Review realme 12 Pro+ 5G: Smartphone Berkamera Tele Periscope Paling Murah!

Kalau kalian mencari smartphone mid range dengan kamera telephoto terbaik…
January 26, 2024 - 0

Review vivo Y100 5G: Desain Premium, AMOLED 120 Hz, 5G, Snapdragon BARU!

vivo Y100 5G, ini adalah smartphone terbaru dari jajaran vivo…
December 30, 2023 - 0

Review CMF Watch Pro: Smartwatch dengan Layar 1,96 Inci AMOLED dan Desain Unik

CMF Watch Pro dibanderol dengan harga Rp1.149.000. Dengan harga tersebut…

Laptop

March 27, 2024 - 0

Review Acer Predator Helios Neo 16 2024: Helios Neo Naik Kelas?

Laptop yang satu ini bukan cuma kenceng buat gaming, tapi…
March 19, 2024 - 0

Review ASUS Zenbook 14 OLED (UX3405): Laptop Ringan Idaman!

Laptop Intel Core Ultra akhirnya mulai dijual di Indonesia. Salah…
March 18, 2024 - 0

Review Huawei MateBook D 14 (2024): Bodi Metal, Kencang dan Terjangkau!

Laptop yang satu ini harusnya sudah tidak terlalu asing lagi…
March 15, 2024 - 0

Review Lenovo Yoga Slim 7i (14IMH9): Daya Tahan Baterai Laptop 2024 Harusnya Begini!

Laptop layar OLED yang satu ini ternyata baterainya irit banget…

Gaming

March 28, 2024 - 0

Ryu Ga Gotoku Punya Pengumuman Besar di Hari April Mop

Berbeda dengan sebagian besar belahan dunia yang lain, April Mop…
March 28, 2024 - 0

Relic Entertainment Pisah dari SEGA, Kembali Indie

Sebagian besar dari kita mungkin seringkali salah menyimpulkan bahwa SEGA…
March 28, 2024 - 0

Spesifikasi PC untuk Marvel Rivals

Di atas kertas, ini adalah konsep yang seharusnya bisa menuai…
March 28, 2024 - 0

Embracer Jual Dev. Borderlands ke Take-Two Interactive

Anda yang cukup mengikuti berita game dengan intens sepertinya tidak…