in: Games | April 25, 2011 | by: David Novan

Nostalgame: Wild ARMs

Metal Demon Strikes Back!

Musuh yang Anda hadapi dalam game ini juga memiliki kenangan yang cukup mendalam. Beberapa musuh utama yang Anda temui di sepanjang permainan ternyata berhubungan erat dengan karakter utama. Apakah Anda masih ingat hubungan antara Jack dengan Lady Harken? Musuh misterius yang dapat menggunakan teknik bertarung mirip Jack, yaitu dengan menggunakan Fast Draw ini ternyata adalah cinta lama Jack yang direbut darinya! Tragisnya, Jack harus membebaskan penderitaan satu-satunya wanita yang dicintainya tersebut dengan cara membunuhnya. Bila Anda membiarkan layar permainan setelah film anime yang menghiasi game ini selesai, Anda akan menemukan cerita tersembunyi mengenai Jack. Dari sini pula Anda mengetahui kegagalan Jack untuk mempertahankan Artica Castle dari serangan Metal Demon dan pengorbanan Elmina (Lady Harken) demi hidup Jack. Sungguh cerita yang mengharukan!

Lalu, apakah Anda juga ingat dengan musuh lain dalam game ini, seperti Boomerang, Alhazad, Zeikfried, dan Zed? Kehadiran Boomerang dalam pertarungan merupakan hal yang keren. Karakter musuh ini ditemani Luceid yang ternyata merupakan seorang Guardian, yaitu Guardian of Desire. Lain lagi ceritanya dengan Zed. Metal Demon ini merupakan parodi yang menyegarkan dan sering kali membuat pemain Wild ARMs tertawa. Gayanya yang mirip super hero di komik Jepang ini ternyata membuatnya tidak dianggap serius rekan Metal Demon lainnya dan ia hadir untuk membuktikan dirinya dengan melawan Anda.

Apakah Anda mengetahui monster bernama Ragu O Ragula (Ragu Ragla)? Wild ARMs menyembunyikan monster ini melalui beragam cerita yang dapat dilihat di buku. Semua buku yang berhubungan dengan monster ini tersebar di seluruh dunia Filgaia. Apa yang membuat monster ini begitu istimewa sehingga Anda tidak dapat menemuinya dengan cara biasa? Ternyata Ragu Ragla adalah monster terkuat di semua seri Wild ARMs! Legenda Filgaia menyebutnya sebagai raja dari semua monster dan orang yang berhasil mengalahkannya akan mendapatkan sebuah benda dengan efek luar biasa. Berhasilkah Anda melawannya? Monster ini akan memberikan benda bernama Sheriff Star yang memiliki statistik luar biasa kuat. Bahkan, Anda dapat menyelesaikan game ini dengan mudah berkat bantuan benda tersebut!

Game dengan pamor sebesar Wild ARMs tentunya tidak akan luput dari remake. Apakah Anda ingat sebuah game di PlayStation 2 berjudul Wild Arms Alter Code: F? Game ini merupakan remake Wild ARMs dengan tambahan yang cukup banyak. Bukan hanya tampilannya saja yang dibuat lebih baik, banyak teka-teki baru dan feature permainan baru yang diselipkan di dalamnya. Sayangnya, Rudy tetap mempertahankan gelar Silent Protagonist dalam Alter Code. Dia adalah satu-satunya karakter yang tidak mengeluarkan dialog di sepanjang permainan! Semua yang dikatakannya selalu diceritakan dari sisi orang ketiga dan narasi.

Selain remake, karakter utama dalam Wild ARMs juga muncul kembali di beberapa Wild Arms setelahnya. Contohnya, Anda dapat menggunakan serangan grup di Wild Arms 4 bernama “Kindred Souls”. Serangan ini memperlihatkan Rudy, Jack, dan Cecil bersatu menyerang musuh! Begitu juga di Wild Arms 5. Anda dapat menemukan Non Playable Character (NPC) di Cavam Valley Train Station yang mirip Rudy.

Wild ARMs berhasil menanamkan begitu banyak kenangan dalam hati setiap gamer yang memainkannya. Bukan saja dari ceritanya yang dalam dan teka-tekinya yang sangat menantang, musuhnya pun memiliki kesan tersendiri yang sulit dilupakan. Apakah Anda juga memiliki kesan yang mendalam akan game ini?

Daftar Isi
Pages: 1 2
Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES